Sabtu, 10 April 2021

Rumus Transpose Excel

Adakalanya pada saat menggunakan Microsoft Excel, kita menjumpai kasus yang memerlukan pengubahan orientasi data tabel. Seperti yang tadinya data tabel horizontal harus diubah menjadi data tabel vertikal. 

Perubahan data tabel yang sebelumnya mendatar harus berubah menjadi data menurun, atau sebaliknya. Untuk keperluan perubahan orientasi data tabel ini, Excel memberikan rumus untuk mempermudah penggunanya. Microsoft Excel menyediakan fungsi Transpose untuk melakukan tugas tersebut. 

Rumus fungsi Transpose Excel digunakan untuk mengubah orientasi range/sel data yang semula horizontal menjadi range/sel data vertikal maupun sebaliknya, mengubah posisi range/sel data vertikal menjadi range/sel data horizontal.

Lalu bagaimana cara penggunaan rumus fungsi Transpose tersebut? Untuk lebih jelasnya mengenai cara penggunaannya pada Microsoft Excel, berikut penjelasan beserta contoh penggunaannya.

Cara Penggunaan Rumus Fungsi Transpose Excel

Setelah mengetahui penjelasan kegunaan dari fungsi Transpose, maka saatnya untuk mengetahui sistematika penulisan rumus Transpose untuk menggunakannya dalam Microsoft Excel. Berikut sintaksis atau sistematika penulisan dari rumus fungsi Transpose, yakni sebagai berikut:

=TRANSPOSE(Array)

Argument array adalah range (rentang) atau sel data yang akan diubah atau yang akan dibalik urutan datanya.

Berbeda dengan rumus fungsi lainnya dalam Excel yang hanya tinggal menekan tombol enter setelah rumus dimasukkan, rumus fungsi Transpose ini perlu menekan beberapa tombol lain. 

Setelah selesai menuliskan rumus Transpose, maka tahap akhirnya adalah dengan menekan tombol CSE (Ctrl + Shift + Enter). Tekan ketiganya secara bersamaan agar rumus Excel dapat bekerja sebagaimana mestinya. 

Contoh Penggunaan Rumus Fungsi Transpose Excel

1. Mengubah Range/Sel Data Baris Menjadi Kolom

Untuk mengubah susunan data yang tersusun pada range atau sel B1:F1 (tersusun secara mendatar/baris) menjadi tersusun menurun/kolom pada range atau sel A3:A7. Rumus fungsi Transpose dapat digunakan dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Seleksi atau blok pada range A3:A7
  • Kemudian tuliskan rumus fungsi Transpose seperti berikut: =TRANSPOSE(B1:F1)
  • Lalu tekan tombol CSE (Ctrl + Shift + Enter) secara bersamaan. 

Perlu diperhatikan, dengan penggunaan rumus ini pada Excel, maka jika ada perubahan nilai pada salah satu sel atau range B1:F1, maka secara otomatis sel pada range A3:A7 juga akan ikut berubah. 

2. Mengubah Range/Sel Data Kolom Menjadi Baris

Berkebalikan dari contoh sebelumnya. Contoh kali ini akan bekerja membalik data kolom/menurun menjadi data baris/mendatar. Langkah yang dilakukan sama dengan langkah pada contoh sebelumnya. 

Misalnya, mengubah urutan sel data pada range A3:A7 yang sudah disusun secara menurun, diubah menjadi susunan mendatar pada sel atau range B1:F1.

  • Seleksi atau blok pada range B1:F1
  • Kemudian tuliskan rumus fungsi Transpose seperti berikut: =TRANSPOSE(A3:A7)
  • Lalu tekan tombol CSE (Ctrl + Shift + Enter) secara bersamaan. 

Perlu diperhatikan, dengan penggunaan rumus ini pada Excel, maka jika ada perubahan nilai pada salah satu sel atau range A3:A7, maka secara otomatis sel pada range B1:F1 juga akan ikut berubah. 

3. Mengubah Orientasi Data Vertikal Menjadi Horizontal

Selain digunakan untuk mengubah orientasi range/sel data pada satu baris vertikal atau horizontal, fungsi Transpose juga dapat digunakan untuk mengubah orientasi tabel data lebih dari satu baris atau kolom. 

Terdapat data vertikal pada range A1:B6 (vertikal) yang akan diubah menjadi data dengan orientasi horizontal pada rang/sel D1:I2. Maka langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Seleksi atau blok pada range D1:I2 
  • Kemudian tuliskan rumus fungsi Transpose seperti berikut: =TRANSPOSE(A1:B6)
  • Lalu tekan tombol CSE (Ctrl + Shift + Enter) secara bersamaan. 

4. Mengubah Orientasi Data Tabel Horizontal Menjadi Vertikal

Jika pada contoh sebelumnya yang diubah adalah data vertikal menjadi horizontal. Maka contoh kali ini akan membahas mengenai langkah-langkah mengubah orientasi yang awalnya berbentuk data horizontal menjadi data vertikal.

Terdapat data tabel horizontal (mendatar) pada range A1:F2, yang akan diubah menjadi data dengan orientasi vertikal (menurun) pada range/sel G1:H6. Maka langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Seleksi atau blok pada range G1:H6
  • Kemudian tuliskan rumus fungsi Transpose seperti berikut: =TRANSPOSE(A1:F2)
  • Lalu tekan tombol CSE (Ctrl + Shift + Enter) secara bersamaan. 

Perlu diperhatikan bahwa tanda {...} yang terdapat pada rumus fungsi Transpose menandakan jika rumus ini adalah rumus array Excel. Dimana cara membuatnya dengan mengeksekusi atau mengakhiri rumus Excel dengan menekan tombol CSE (Ctrl + Shift + Enter). 

Kelebihan menggunakan rumus fungsi Transpose pada Excel ini terdapat pada sel array hasil dari fungsi Transpose. Dimana kota tidak bisa mengubah isi dari salah satu sel array hasil dari penggunaan rumus tersebut. 

Misalnya kita sudah berhasil menerapkan fungsi Transpose pada range G1:H6, kemudian tanpa disengaja kita menekan Delete pada bagian sel G5. Maka yang akan muncul adalah pesan sebagai berikut:

"You can't change part of an array"

Pertanyaannya adalah bagaimana jika ternyata kita melakukan kesalahan kemudian ingin mengubah rumus pada data di rentang tersebut?

Caranya adalah dengan melakukan seleksi pada semua sel di rentang array hasil rumus Transpose, lalu tekan tombol delete. Sehingga untuk melakukan revisi atau editing data pada fungsi ini, perlakuan akan diterapkan pada semua sel atau rentang data array tersebut.

Setelah mencoba cara tersebut, secara oromatis rumus pada data di tentang tersebut akan berubah.

Demikianlah penjelasan mengenai fungsi rumus Transpose yang berguna untuk mengubah orientasi data tabel. Semoga bermanfaat dalam mempermudah penggunaan Microsoft Excel. 

Previous Post
Next Post

0 komentar: