Sabtu, 10 April 2021

Rumus Terbilang Excel Untuk Merubah Angka ke Huruf

Apakah Anda sebelumnya sudah mengetahui tentang rumus terbilang Excel? Beberapa dari Anda mungkin belum pernah mendengarnya dan menganggap rumus ini tidak terlalu penting dibandingkan dengan rumus Excel lain yang cenderung lebih banyak digunakan, seperti MAX, MIN, SUM, AVERAGE, dan lainnya.

Padahal, bisa dikatakan rumus terbilang Excel juga termasuk rumus yang cukup penting dan banyak digunakan dalam kesempatan yang berbeda. 

Umumnya, rumus terbilang Excel digunakan ketika seseorang ingin mencetak kuitansi atau lembar pembayaran lainnya. Sebagaimana diketahui, dalam kuitansi tersebut terdapat kolom yang menyatakan angka terbilang dari suatu nominal yang akan dibayarkan.

Nah, jika seseorang mengetikkan angka terbilang tersebut secara manual, tentu saja ia akan membutuhkan banyak waktu dan hal ini tidak efektif terutama jika lembar yang dikerjakan banyak. Oleh karenanya, menggunakan rumus terbilang Excel ini bisa menjadi solusi. Dengan sintaksis tertentu, Anda bisa menuliskan jumlah terbilang dengan sangat mudah dan tentu saja lebih cepat.

Tahapan Menggunakan Rumus Terbilang Excel

Sebelum membahas tentang bagaimana cara untuk menggunakan rumus terbilang Excel ini, Anda harus mengetahui beberapa tahapan dalam menggunakannya. Tahapan ini begitu penting karena penggunaan rumus Excel yang satu ini tidak seperti rumus lainnya. Selain itu, bahasa default Excel adalah bahasa Inggris sedangkan bisa jadi Anda ingin menggunakan rumus terbilang untuk bahasa Indonesia.

Oleh karenanya, nantinya Anda akan membutuhkan add-ons untuk menggunakan rumus ini. Selain itu, ada beberapa tahapan awal yang harus dilakukan agar rumus terbilang Excel bisa digunakan dengan lebih mudah.

Adapun beberapa tahapan yang dimaksud tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Menonaktifkan security macro pada Excel
  2. Menginstal add-ons terbilang pada Microsoft Excel
  3. Menggunakan fungsi atau rumus terbilang Excel sesuai kebutuhan

Dengan tiga tahapan tersebut, rumus terbilang Excel bisa digunakan sesuai kebutuhan. Lantas, bagaimana cara menggunakan rumus ini?

Menggunakan Rumus Terbilang Excel

Untuk memudahkan Anda dalam menggunakan rumus terbilang Excel, akan dibahas secara rinci langkah yang harus Anda lakukan. Langkah ini akan membahas sesuai tahapan di atas agar Anda lebih mudah untuk menjalankannya.

Simak detail cara untuk menggunakan rumus terbilang Excel ini.

1) Tahap pertama menonaktifkan security macro

Untuk mematikan security macro di Microsoft Excel, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan, yaitu:

  • Buka aplikasi Microsoft Excel
  • Klik menu atau file dan kemudian pilih options
  • Jika jendela options telah muncul, klik trust center dan kemudian pilih opsi trust center settings
  • Akan muncul jendela trust center dan kemudian klik macro settings
  • Pilih enable all macros
  • Klik Ok sebanyak dua kali.

Secara singkat, Anda bisa menonaktifkan security macro dengan cara tersebut. Jika security macro telah non-aktif, maka Anda bisa lanjut ke tahapan kedua.

2) Tahap kedua menginstal add-ons terbilang Microsoft Excel

Tahap kedua yang harus dilakukan adalah menginstal add-ons terbilang Microsoft Excel. Untuk menginstal add-ons ini, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, yaitu:

  • Download file add-ons terbilang Microsoft Excel
  • Ekstrak file tersebut dan simpan di drive yang mudah ditemukan 
  • Buka kembali Microsoft Excel lalu klik menu dan pilih options
  • Setelah jendela options muncul, klik add ons dan manage add ons Excel lalu klik Go
  • Selanjutnya, akan muncul jendela add ons, klik browse
  • Buka lokasi tempat hasil download file add ons tadi, lalu pilih file tersebut
  • Klik OK sebanyak dua kali dan add ons terbilang sudah berhasil dimasukkan di Microsoft Excel

Jika tahapan kedua tersebut sudah selesai, maka Anda bisa melangkah ke tahapan ketiga. Pada tahapan ketiga ini, rumus terbilang sudah bisa diterapkan.

3) Tahap ketiga, menggunakan fungsi atau rumus terbilang Microsoft Excel untuk mengubah angka menjadi huruf

Untuk menggunakan rumus terbilang Microsoft Excel guna mengubah angka menjadi huruf, ada beberapa langkah yang cukup sederhana untuk dilakukan. Adapun langkah yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Ketik angka berapa saja yang Anda inginkan di dalam sebuah sel Microsoft Excel, misal angka 1673,99 di A1 dan Anda ingin menuliskan angka terbilang di B1
  2. Kemudian, ketik sintaksis rumus terbilang sesuai sel di atas, yaitu =terbilang(A1) pada sel B1, kemudian tekan enter. Dari rumus ini nantinya akan diperoleh detail angka terbilang yaitu seribu enam ratus tujuh puluh tiga koma sembilan puluh sembilan, tanpa harus mengetik secara manual
  3. Jika ingin menambahkan rupiah di belakang angka terbilang, maka sintaksis yang digunakan diubah menjadi =terbilang(A1)&”rupiah”

Sekilas, cara untuk menggunakan rumus terbilang Excel ini cukup mudah. Tentu, pekerjaan Anda nantinya pun bisa diselesaikan dengan lebih cepat.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang rumus terbilang Excel dan bagaimana cara menggunakannya. Amati cara untuk menggunakan rumus ini dan terapkan pada data yang Anda olah.  

Previous Post
Next Post

0 komentar: