Jumat, 09 April 2021

Atur Tanggal Lebih Mudah, Begini Rumus Tanggal Otomatis di Excel dan Contohnya

Microsoft Excel menjadi salah satu bagian dari Microsoft Office yang sering dimanfaatkan dalam berbagai bidang. Sebagai program pengolah angka, Excel memiliki banyak fungsi yang bisa Anda manfaatkan, termasuk mengatur tanggal secara otomatis. 

Sejauh ini, terdapat 7 rumus yang bisa digunakan. Yuk kenali rumus tanggal otomatis di Excel dan contohnya di bawah ini. 

Rumus Tanggal Otomatis di Microsoft Excel

Terdapat 7 rumus yang bisa Ada gunakan untuk mengatur tanggal otomatis di Excel. Diantara rumus-rumus ini adalah rumus TODAY, NOW, DATE, DAY MONTH, YEAR dan DAYS. Berikut ini adalah penjelasan singkat dari rumus-rumus tersebut. 

1. TODAY

TODAY adalah rumus yang digunakan untuk mengambil data hari ini dari sistem tanggal internal yang saat ini digunakan pada perangkat komputer. Dalam rumus ini tidak terdapat argumen apapun di dalamnya. Bahkan, format tanggalnya juga standar yakni berupa bulan-tanggal-tahun atau mm-dd-yy. 

Selain digunakan untuk mengatur tanggal secara otomatis, rumus ini juga bisa Anda gunakan untuk melakukan perhitungan operasi matematika. Adapun operasi yang bisa digunakan adalah besaran waktu dan hari. 

Sebagai contoh, hari ini tanggal 1 januari, tiga hari kemudian tanggal berapa atau 3 hari sebelumnya tanggal berapa? Konsep ini menggunakan aturan penjumlahan dan pengurangan tanggal. Sebagai contoh di bawah ini. 

 

Rumus 3 hari yang lalu 

=TODAY() -3

Rumus 3 hari kemudian 

=TODAY() +3

2. NOW

Selain TODAY, ada juga rumus tanggal otomatis di Excel dan contohnya yang bisa Anda gunakan yakni NOW. NOW, merupakan rumus yang digunakan untuk mengatur tanggal secara otomatis pada hari ini beserta dengan jamnya sesuai sistem jam yang ada pada komputer. 

Adapun format yang digunakan pada rumus ini adalah bulan-tanggal-tahun-jam (mm-dd-yy-tt). Selain itu, rumus ini juga bisa digunakan untuk melakukan perhitungan pada operasi matematika. Berikut ini adalah contohnya.

Rumus Menghitung waktu saat ini

=NOW()

Rumus Menghitung waktu besok 

=NOW()+1

Rumus Menghitung waktu kemarin 

=NOW()-1

3. DATE

Rumus selanjutnya adalah DATE. Rumus ini digunakan untuk mengatur tanggal secara otomatis. Adapun sistematika penulisannya adalah sebagai berikut.

=DATE(year,month,day)

Keterangan:

  • Year adalah tahun dimana di sini didefinisikan dengan 2 digit angka.
  • Month adalah bulan yang juga ditulis dengan menggunakan format angka.
  • Day adalah tanggal.

Contoh, membuat tanggal 11 November 1997

Maka format rumus yang Anda tulis adalah =DATE(1997,11,11) kemudian klik Enter. 

4. MONTH, DAY dan YEAR 

Ini adalah sebuah rumus yang dapat digunakan untuk mengambil waktu khusus dari sebuah sel yang sudah berisikan tanggal. MONTH digunakan untuk mengambil bulan yang Anda butuhkan. DAY digunakan untuk mengambil tanggal, sedangkan YEAR digunakan untuk mengambil hari. 

Rumus ini sangat mudah untuk digunakan. Adapun caranya antara lain adalah sebagai  berikut:

  • =MONTH(sel)
  • =DAY(sel)
  • =YEAR(sel)

5. DAYS

DAYS merupakan sebuah rumus yang digunakan untuk menghitung tanggal secara otomatis dengan selisih dua tanggal. Output yang dihasilkan dari rumus ini adalah selisih dua hari dari sebuah tanggal. Misalnya, hari ini tanggal 2, maka selisih 2 tanggalnya adalah 4 dan seterusnya. 

Rumus DAYS juga memiliki fungsi untuk menghitung selisih hari berdasarkan jumlah hari yakni 365 per tahun. Berikut ini adalah rumusnya. 

=DAYS(end_date, start_date)

Keterangan:

  • end_date: hari terakhir yang akan dihitung 
  • start_date: hari awal yang akan dihitung

contoh:

Sebuah hotel akan menghitung biaya menginap dari 10 orang pelanggan dengan biaya sewa per hari Rp 125.000. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan rumus =DAYS(check-out, check-in) kemudian tekan enter.

Dengan menggunakan rumus tanggal otomatis di Excel dan contohnya di atas, maka pekerjaan Anda dalam mengatur tanggal akan menjadi lebih mudah. Tapi ingat, penggunaan koma (,) dan semicolon(;) pada formula di atas harus disesuaikan dengan versi Mr. Excel Anda ya.

So, manfaatkan rumus tersebut untuk mempercepat pekerjaan. Selamat mencoba. 

Previous Post
Next Post

0 komentar: