Sabtu, 10 April 2021

Rumus REPT Excel untuk Melakukan Pengulangan Kata

Fungsi REPT pada Microsoft Excel merupakan salah satu functional text yang memudahkan penggunanya untuk mengulang (repeat) karakter, kata, atau kalimat (string). 

Fungsi REPT atau fungsi repetition (pengulangan) membantu untuk mengulangi sebuah teks sebanyak yang dikehendaki atau dibutuhkan tanpa perlu mengetikkan teks yang sama secara manual dan berulang-ulang.

Rumus Excel REPT tidak hanya bisa digunakan untuk mengulang huruf, kata atau kalimat saja. Namun juga bisa digunakan untuk mengulang angka atau karakter tertentu yang diinginkan. 

Pengulangan juga tidak hanya berlaku untuk satu karakter atau satu huruf saja. Akan tetapi juga dapat berlaku untuk satu atau beberapa deret angka pengulangan yang dapat ditentukan sendiri.

Penggunaan dari Fungsi REPT ini juga cukup sederhana, rumus yang digunakan hanya memiliki 2 argumen. Berikut sistematika dari Rumus Fungsi REPT,

Rumus Fungsi REPT

Setelah mengetahui mengenai kegunaan Fungsi REPT, maka saatnya untuk mengetahui sistematika penulisan rumus REPT untuk menggunakannya dalam Microsoft Excel. Berikut sistematika penulisan dari Rumus Fungsi REPT:

=REPT(text, number_times)

Keterangan:

  • REPT adalah nama fungsi dari Microsoft Excel. 
  • text adalah teks (huruf, kata, angka atau kalimat) yang dimaksud untuk diulang menggunakan Fungsi REPT. text ini bisa berupa teks langsung yang dituliskan dalam tanda petik atau juga diisi menggunakan referensi sel.
  • number_times atau dapat disebut dengan nilai kelipatan adalah jumlah angka yang dikehendaki untuk pengulangan kata yang akan dilakukan, ini bisa berkisar antara 0, 1, 2, 3, 4 dan seterusnya. 
  • Keterangan tambahan penggunaan Rumus Fungi REPT:
  • number_times yang diisikan angka 0 akan menunjukkan hasil berupa teks kosong "".
  • number_times harus diisi dengan menggunakan angka positif dan tidak boleh negatif. Jika angka yang diisikan berupa angka negatif, maka hasil yang akan ditampilkan oleh Excel adalah pesan error berupa #VALUE!
  • Jumlah maksimal pengulangan dari sebuah kata, huruf, angka atau kalimat adalah sebanyak 32.767 kali. Jika hasil pengulangan yang diisikan lebih dari 32.767 kali, maka Excel akan menampilkan pesan error berupa #VALUE!

Contoh Penggunaan Rumus Fungsi REPT

Berikut ini beberapa contoh cara penggunaan dari Rumus Fungsi REPT. Hal yang perlu untuk diperhatikan dalam penggunaan rumus ini adalah untuk tidak lupa menggunakan tanda petik dua atau tanda quote di sekitar teks yang akan diulang.

  • =REPT(“_”, 13). Penggunaan rumus fungsi ini akan menghasilkan pengulangan karakter "_" atau garis bawah sebanyak 13 kali, yakni menjadi _____________.
  • =REPT(“*_”, 5). Penggunaan rumus fungsi ini akan menghasilkan pengulangan karakter "*_" (bintang dan garis bawah) sebanyak 5 kali, yakni menjadi *_*_*_*_*_.
  • =REPT(“Excel”, 3). Penggunaan rumus fungsi ini akan menghasilkan pengulangan kata “Excel” sebanyak 3 kali, yakni menjadi Excel Excel Excel.
  • =REPT("20", 4). Penggunaan rumus fungsi ini akan menghasilkan pengulangan angka "20" sebanyak 4 kali, yakni menjadi 20 20 20 20.
  • =REPT(A1, 6). Cara menggunakan rumus REPT dengan referensi sel. Dimana di dalam sel A1 terdapat kata "Rumus". Sehingga penggunaan fungsi ini akan menampilkan "Rumus" sebanyak 6 kali, yakni menjadi Rumus Rumus Rumus Rumus Rumus Rumus. 
  • =REPT(B1, 2). Cara menggunakan rumus REPT dengan referensi sel. Dimana di dalam sel B1 terdapat kalimat "Belajar Rumus Fungsi Excel". Sehingga penggunaan fungsi ini akan menampilkan "Belajar Rumus Fungsi Excel" sebanyak 2 kali, yakni menjadi Belajar Rumus Fungsi Excel Belajar Rumus Fungsi Excel . 

Demikian penjelasan dan contoh dari penggunaan rumus REPT pada Microsoft Excel. Rumus REPT sangat berguna untuk meringankan pekerjaan yang berkaitan dengan perhitungan terutama untuk pekerjaan yang berhubungan dengan fungsi teks. Sekian artikel "Rumus REPT Excel untuk Melakukan Pengulangan Kata". Semoga bermanfaat. 

Previous Post
Next Post

0 komentar: