Sabtu, 10 April 2021

Rumus Membulatkan Angka pada Kelipatan Tertentu

Microsoft Excel adalah program pengolah angka yang bisa Anda manfaatkan dalam banyak hal. Salah satunya adalah membulatkan angka pada kelipatan tertentu. Misalnya membulatkan bilangan menuju ke puluhan terdekat atau ratusan terdekat. Anda bisa menggunakan rumus membulatkan angka pada kelipatan tertentu di bawah ini. 

Rumus Membulatkan Angka

Ada tiga rumus yang bisa Anda gunakan untuk membulatkan angka. Rumus membulatkan angka pada kelipatan tertentu ini antara lain sebagai berikut: 

1. MROUND 

MROUND adalah sebuah rumus yang berfungsi untuk membulatkan angka ke nilai terdekat dari kelipatan angka tertentu. 

2. CEILING 

CEILING adalah sebuah rumus untuk membulatkan angka ke atas dari kelipatan angka tertentu. 

3. FLOOR

FLOOR adalah sebuah rumus untuk membulatkan angka ke bawah dari kelipatan angka tertentu. 

Lantas, bagaimana cara menggunakan ketiga rumus di atas untuk membulatkan angka? Yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Fungsi Rumus MROUND 

Rumus MROUND pada Excel memilki fungsi untuk membulatkan angka ke nilai terdekat. Adapun cara menggunakan rumus ini adalah dengan:

=MROUND(Angka; Kelipatan)

Angka di sini bisa diisi dengan angka yang akan dibulatkan. Angka ini bisa berupa nilai angka tertentu atau bahkan sebuah referensi sel pada lembar kerja milik Anda. Sedangkan kelipatan ini diisi dengan angka kelipatan dari angka tersebut yang akan dijadikan acuan pembulatan. 

Contohnya, ada angka 123 pada sel B2, dan kelipatan 10. Maka untuk membulatkan angka ini bisa menggunakan rumus =MROUND(B2;10) kemudian klik enter.  Ini berlaku untuk kelipatan angka 10 terdekat. 

Namun, jika Anda menginginkan kelipatan 100 terdekat ganti dengan 100 dan seterusnya. Perlu diketahui bahwa rumus MROUND ini dapat membulatkan untuk ke atas ataupun ke bawah tergantung dari sisa nilai dengan kelipatan yang diinginkan. 

Fungsi Rumus CEILING 

Pada rumus CEILING digunakan untuk membulatkan angka ke atas saja pada kelipatan angka tertentu. Adapun rumus ini sendiri adalah sebagai berikut:

=CEILING(angka;kelipatan) 

Angka di sini bermakna nilai angka yang akan dibulatkan. Sedangkan kelipatan adalah nilai angka dari kelipatan terdekat yang akan dibulatkan. Nah, jika angka yang dibulatkan ini sama dengan kelipatan, maka rumus ini tidak bisa digunakan atau akan menghasilkan angka yang tetap. 

Contohnya, misalnya Anda ingin membulatkan angka 33 pada sel B2 dengan kelipatan 10 angka terdekat. Maka rumus yang bisa Anda gunakan adalah =CEILING(B2;10) lalu tekan enter. Aka hasil yang akan muncul adalah 40 karena pembulatan ke atas.

Jika Anda ingin menggunakan kelipatan ratusan, maka gunakan 100, untuk ribuan maka gunakan kelipatan 1000 dan seterusnya. 

Fungsi Rumus FLOOR

Berbeda dengan kedua rumus di atas, rumus FLOOR digunakan untuk membulatkan angka ke bawah. Adapun rumusnya sendiri adalah sebagai berikut:

=FLOOR(Angka;Kelipatan) 

Angka di sini bisa diisi dengan angka yang ingin Anda bulatkan. Sedangkan kelipatan bisa diisi dengan kelipatan angka terdekat. Jika puluhan berarti 10. 

Contoh menggunakan rumus ini misalnya, Anda ingin membulatkan angka 23 yang ada pada sel B2 dengan kelipatan 10. Maka rumus yang bisa Anda gunakan adalah =FLOOR(B2;10) dan hasilnya 20. 

Sama halnya dengan rumus CEILING, pada rumus FLOOR juga sama di mana ketika agka yang dibulatkan sama dengan angka kelipatan, maka fungsi rumus tidak akan dapat melakukan pembulatan. 

Bagaimana? Bukankah mudah untuk melakukan pembulatan dengan menggunakan rumus membulatkan angka pada kelipatan tertentu di atas? Dengan menggunakan rumus ini, Anda bisa dengan mudah membulatkan angka. 

Previous Post
Next Post

0 komentar: