Sabtu, 10 April 2021

Rumus Excel VALUE dan Contohnya

Rumus Excel VALUE merupakan rumus yang digunakan untuk mengonversi data string (teks) menjadi numerik atau angka, yakni seperti tanggal, waktu atau data angka. Secara umum, Anda tidak memerlukan rumus VALU. Hal tersebut dikarenakan Microsoft Excel secara otomatis mengetahui bahwa suatu tipe data merupakan numerik.

Namun pada beberapa kondisi, rumus ini tetap dibutuhkan. Sebelum menggunakan rumus tersebut, alangkah baiknya jika Anda memahami terlebih dahulu apa itu data string dan data numerik serta perbedaan diantara keduanya. Untuk mengetahuinya yuk pelajari ulasan di bawah ini:

Perbedaan Data String dan Data Numerik

Data string merupakan istilah dari data teks yang biasa digunakan dalam bahasa pemrograman. Data string adalah jenis tipe data yang berupa teks, huruf, angka serta semua karakter yang terdapat pada keyboard. 

Karakteristik khusus yang dimiliki oleh data teks adalah tidak bisa digunakan untuk operasi aritmatika. Secara default, tipe data teks pada Microsoft Excel akan diformat dalam rata kiri.

Sementara data numerik atau angka adalah data yang dapat digunakan dalam operasi aritmatika. Secara default, tipe data numerik atau angka dalam Excel akan diformat rata kanan. Sehingga dalam hal ini, rumus Excel VALUE akan mengubah data teks dari rata kiri menjadi data numerik yakni menjadi rata kanan.

Sistematika Penulisan Rumus VALUE pada Excel

Di bawah ini adalah sistematika rumus VALUE pada Excel.

=VALUE(text)

Keterangan:

  • Text merupakan data string atau teks yang nantinya akan diubah ke dalam tipe data numerik. Text tersebut ditulis menggunakan tanda petik (“).

Cara Menggunakan Rumus VALUE pada Excel

Menggunakan fungsi VALUE sangatlah mudah dan sederhana, Anda hanya perlu memperhatikan sistematika yang sebelumnya telah dijelaskan. Sebagai contoh, Anda ingin mengubah data teks 1500 ke dalam data angka. Sehingga dapat digunakan rumus VALUE sebagai berikut:

=VALUE(“1500”)

Maka akan menghasilkan output VALUE 1500 pada sel dengan rata kanan. Semetara contoh lainnya dapat Anda perhatikan dalam tabel di bawah ini:

 

A

B

1

5

=VALUE(“5”)

2

6

=VALUE(“6”)

3

7

=VALUE(“7”)

4

8

=VALUE(“8”)


Jika Anda menginput rumus VALUE seperti di atas, maka akan menghasilkan:

 

A

B

1

5

5

2

6

6

3

7

7

4

8

8

 Seperti yang Anda lihat pada tabel di atas, bahwa pada dasarnya data teks akan diformat secara rata kiri (kolom A), selanjutnya Anda menggunakan rumus VALUE dan mengubah data teks menjadi data numerik, sehinga datanya diformat secara rata kanan (kolom B).

Contoh Penggunaan Rumus VALUE Kombinasi 

Rumus Excel VALUE atau fungsi VALUE, biasanya jarang berdiri sendiri dengan kata lain selalu dikombinasikan dengan rumus atau fungsi lainnya. Seperti fungsi IF, fungsi string atau teks, serta fungsi lookup, baik itu hlookup maupun vlookup. Akan tetapi, Anda juga perlu mengetahui rumus dasar VALUE untuk memudahkan Anda ketika menggunakan rumus-rumus lainnya. 

Untuk lebih memahani cara menggunakan rumus VALUE Kombinasi, perhatikan contoh di bawah ini:

 

A

B

C

1

AB01

=IF(VALUE(RIGHT(A1,1))=”1”,”Pertama”,”Kedua”)

 

2

AC01

=IF(VALUE(RIGHT(A2,1))=”1”,”Pertama”,”Kedua”)

 

3

AD02

=IF(VALUE(RIGHT(A3,1))=”1”,”Pertama”,”Kedua”)

 

4

AE01

=IF(VALUE(RIGHT(A4,1))=”1”,”Pertama”,”Kedua”)

 

5

AF02

=IF(VALUE(RIGHT(A5,1))=”1”,”Pertama”,”Kedua”)

 

6

AG02

=IF(VALUE(RIGHT(A6,1))=”1”,”Pertama”,”Kedua”)

 

7

AH01

=IF(VALUE(RIGHT(A7,1))=”1”,”Pertama”,”Kedua”)

 


Setelah Anda memasukkan rumus VALUE kombinasi IF  

=IF(VALUE(RIGHT(A1,1))=”1”,”Pertama”,”Kedua”) pada sel B1, 

maka selanjutnya lakukanlah autofill hingga ke sel B7. Sehingga akan diperoleh hasil seperti di bawah ini:

 

A

B

1

AB01

Pertama

2

AC01

Pertama

3

AD02

Kedua

4

AE01

Pertama

5

AF02

Kedua

6

AG02

Kedua

7

AH01

Pertama

Dari pernyataan di atas, maka rumus Excel VALUE digunakan untuk mengubah suatu format data string menjadi data numerik. Hal tersebut untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan rumus atau fungsi lainnya. 

Previous Post
Next Post

0 komentar: