Sabtu, 10 April 2021

Rumus Excel TRIM

Penggunaan Microsoft Excel kadangkala juga melibatkan data pada aplikasi lain. Misalnya data didapatkan dari hasil copy paste dari sebuah situs website atau pun hasil dari aplikasi lainnya. 

Hasil copy paste ini terkadang mengubah format, apalagi jika penyalinan langsung dalam jumlah banyak. Format data biasanya menjadi tidak rapi. Seperti data yang mengandung banyak spasi antar kata. 

Terkadang spasi berada pada awal kata atau pada akhir teks. Keberadaan spasi yang berlebihan ini dapat menjadi kendala dalam proses pengolahan data. 

Kendala tersebut menjadi dasar Microsoft Excel kemudian menyediakan Fungsi TRIM untuk menghilangkan atau menghapus spasi berlebihan, spasi ganda atau spasi pada awal dan akhir kalimat dalam sebuah sel Excel. 

Sehingga Rumus Fungsi TRIM dalam Excel ini dapat dimanfaatkan untuk membenahi teks-teks menjadi lebih konsisten dan rapi, dengan tujuan akhir untuk mempermudah penggunanya dalam proses pengolahan data.

Cara Menggunakan Fungsi TRIM Excel

Fungsi TRIM seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, difungsikan sebagai rumus untuk memperbaiki data string dengan cara menghilangkan spasi yang berlebihan. Cara menggunakan Rumus Fungsi TRIM pada Microsoft Excel adalah sebagai berikut:

=TRIM(text)

Keterangan:

Argument Text dalam Rumus Fungsi TRIM biasanya berbentuk referensi sel yang berisikan sebuah kata, teks atau kalimat. Meskipun bisa juga diisikan dengan teks yang akan dihilangkan spasi berlebih secara manual atau langsung. 

  • text merupakan teks yang memiliki spasi berlebih dan akan diperbaiki dengan penggunaan Rumus Fungsi TRIM.
  • text ini juga bisa didefinisikan secara langsung dengan menuliskan teks dengan diapit menggunakan tanda petik.
  • text juga dapat merupakan referensi sel dengan data string.

Contoh Penggunaan Rumus Fungsi TRIM

" Belajar Rumus Fungsi Excel"

"Belajar Rumus Fungsi Excel "

"Belajar Rumus Fungsi Excel"

Menghitung jumlah karakter teks menggunakan Fungsi LEN pada teks di atas (dengan kalimat yang sama), ternyata mendapatkan hasil atau jumlah yang berbeda-beda. 

Hal ini disebabkan terdapat spasi berlebihan baik di awal kata, akhir kata atau spasi ganda pada pemisah kata dalam sebuah teks. Untuk memperbaiki kalimat dengan spasi berlebih, maka digunakanlah Fungsi TRIM. 

Perlu diperhatikan bahwa penggunaan Fungsi TRIM ini tidak bisa diisikan dengan referensi range (beberapa sel) secara langsung, misalnya dari sel A1 sampai A5 dengan menuliskan =TRIM(A1:A5). Jika dituliskan seperti rumus tersebut, maka hasilnya adalah error value atau nilai error #VALUE.

Selain dengan cara merujuk pada referensi argumen sel pada Fungsi TRIM, bisa juga dituliskan secara manual atau langsung. Meskipun cara ini tidak lazim digunakan, namun dapat diaplikasikan dan dicoba, contohnya seperti berikut:

=TRIM(" Belajar   Rumus Fungsi    Excel ")

Dalam contoh di atas terdapat kalimat dengan spasi di awal kata, spasi pada pemisah kata yang terlalu banyak serta spasi di akhir kalimat. Spasi berlebih ini akan dihapuskan dengan rumus seperti di atas. 

Hasil dari Rumus Fungsi TRIM di atas adalah "Belajar Rumus Fungsi Excel" (tanpa menggunakan tanda petik ganda). 

Saat bekerja menggunakan data yang cukup banyak dengan Microsoft Excel, cukup besar kemungkinan akan banyak teks dalam data dengan berbagai kesalahan penulisan. Termasuk penggunaan spasi berlebih.

Hal tersebut bisa menyebabkan kesalahan dalam proses analisis data, utamanya pada saat mencari kata, menggunakan pivot table atau hasil copy pdf. 

Demikianlah Fungsi TRIM bekerja dalam Microsoft Excel, yang bertujuan untuk memudahkan penggunanya dalam merapikan data-data yang memiliki spasi berlebihan baik di awal kalimat, antar kata hingga di akhir kalimat. 

Previous Post
Next Post

0 komentar: