Kamis, 08 April 2021

Rumus Excel MATCH untuk Mencari Data

Secara singkat, rumus Excel MATCH merupakan sebuah fungsi (function) yang diaplikasikan guna mencari detail posisi data sel yang terdapat dalam suatu range. Dalam hal ini, detail data yang dicari dapat berupa sebuah angka (numerik) ataupun sebuah teks (string).

Tidak hanya itu, sejalan dengan rumus VLOOKUP dan HLOOKUP yang juga cukup familiar digunakan, rumus Excel MATCH juga bisa melakukan approximate terkait nilai numerik dari data sel. Selain itu, nantinya hasil yang akan ditampilkan dari penggunaan formula rumus Excel MATCH adalah urutan posisi dari tang paling kecil dalam sebuah range.

Perlu diketahui, rumus Excel MATCH sering digunakan terutama di dalam detail formula lookup function. Lantas, bagaimana sistematika dari rumus ini?

Sistematika Rumus Excel MATCH

Untuk menggunakan rumus Excel MATCH, ada sistematika yang harus diterapkan sebagaimana rumus Excel lainnya. Detail sistematika untuk rumus ini beserta keterangannya adalah sebagai berikut:

=MATCH(lookup_value, lookup_range, [match_type])

Dengan keterangan:

  • Lookup_value merupakan detail dari nilai data yang hendak dicari di dalam lookup_range.
  • lookup_range merupakan daerah range dimana detail data yang diperlukan akan dicari. Range sendiri harus berbentuk vektor dengan detail hanya terdiri dari satu baris atau satu kolom saja.
  • [match_type] merupakan jenis dari tipe lookup_range yang akan digunakan dalam sebuah formula. Dalam hal ini, ada 3 jenis [match_type] yang harus diselesaikan terkait urutan data yang terdapat dalam lookup_range. Jenis [match_type] tersebut adalah sebagai berikut:
  • match_type = 0 artinya lookup range akan berisi nilai tegas atau nilai tanpa aproksimasi. Nantinya, pada match_type ini, nilai yang akan ditampilkan adalah #N/A ketika data yang menjadi objek pencarian ternyata tidak ada dalam sebuah lookup_range. Dalam penggunaannya, tipe 0 ini sering diaplikasikan untuk mencari sebuah teks. Pencarian teks dengan formula ini bisa dilakukan dengan lebih mudah menggunakan karakter ‘*’. Misalnya saja, untuk mencari kata “baik”, cukup mendefinisikan lookup_value sebagai “ba”. Hal ini dikarenakan pencarian teks atau string cenderung tidak bersifat case sensitive.
  • match_type = 1 artinya lookup range memiliki isian berupa data numerik yang sudah diurutkan dari nilai yang paling kecil ke yang paling besar atau ascending. Detail approximate untuk tipe ini adalah x < lookup value < x+1.
  • match_type = -1 artinya lookup range memiliki isian berupa data numerik yang sudah diurutkan mulai dari nilai yang paling besar ke nilai yang paling kecil atau descending. Detail approximate untuk tipe ini adalah x > lookup value > x+1

Sebagai tambahan, penggunaan tanda baca koma serta semicolon dalam penulisan formula harus disesuaikan. Hal ini dikarenakan kedua tanda tersebut akan cukup berpengaruh sesuai dengan versi Microsoft Excel yang digunakan.

Contoh Penggunaan Rumus Excel MATCH

Ada beberapa contoh penggunaan rumus Excel MATCH untuk memperjelas keterangan di atas. Beberapa contoh tersebut adalah sebagai berikut:

1) Rumus MATCH untuk mencari teks


Misalnya, ada siswa bernama Made ingin mencari informasi terkait peringkat juara yang diperoleh. Dalam kasus ini digunakan [match_type] = 0. Penggunaanya adalah:

Formula yang digunakan adalah =MATCH("made",A2:A6,0), sehingga didapatkan hasil Made mendapatkan juara 3.

2) Rumus MATCH untuk mencari data numerik ascending 

Untuk mencari data numerik ascending, maka berlaku [match_type] = 1. Dalam hal, misalnya akan dicari nilai 1234 berdasarkan detail tabel. Ilustrasi penggunaannya adalah sebagai berikut: 

Formula yang digunakan adalah =MATCH(A8,A2:A6,1). Dengan demikian, hasil yang didapatkan adalah posisi 1234 berada di (1000 sampai 9999) atau berada di urutan ke-empat.

3) Rumus MATCH untuk mencari data numerik descending

Sebenarnya, untuk mencari data numerik descending, cara yang dipakai mirip dengan rumus sebelumnya. Misalnya, dalam hal ini akan dicari posisi angka 4321. Nah, dasar rumus ini adalah penggunaan [match_type] = -1, dengan ilustrasi lengkap sebagai berikut: 

Formula yang digunakan untuk mencari nilai tersebut adalah =MATCH(A8,A2:A6,-1), sehingga didapatkan hasil bahwa nilai angka 4321 adalah (5000-4001) yang terdapat pada urutan ketiga.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang rumus Excel MATCH beserta beberapa contoh singkat untuk dipahami. Semoga bermanfaat.

Previous Post
Next Post

0 komentar: