Sabtu, 10 April 2021

Rumus Excel LEN

Fungsi LEN merupakan salah satu Fungsi dari Microsoft Excel yang masuk dalam kategori Fungsi TEXT yang berguna untuk menghitung jumlah teks atau karakter huruf pada Excel.

Karakter yang dapat dihitung dengan Rumus Fungsi LEN bukan hanya huruf, namun juga termasuk angka dan tanda baca seperti koma, titik dan spasi. 

Meskipun fungsi awalnya memang untuk menghitung banyak jumlah huruf atau karakter teks, namun ternyata Fungsi LEN juga dapat digunakan untuk menghitung jumlah dari karakter angka. 

Bagaimana cara penggunaan Fungsi LEN ini untuk menghitung huruf, angka atau tanda baca? Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai cara penggunaannya dalam Excel.

Cara Menggunakan Fungsi LEN Excel

Fungsi LEN seperti halnya Fungsi lain dalam Microsoft Excel, digunakan untuk mempermudah penggunanya. Fungsi-fungsi ini digunakan dengan rumus yang telah dibuat oleh Excel, termasuk dengan Fungsi LEN, berikut rumusnya:

=LEN(teks)

Keterangan:

Argumen Teks pada Rumus Fungsi LEN dapat berupa teks, angka atau berupa sel tunggal. Pada fungsi ini spasi juga dihitung sebagai karakter.

  • text bisa berupa teks (string) yang diketik secara langsung diantara dua tanda petik seperti ini "contoh".
  • text juga bisa berupa referensi sel yang ingin dihitung jumlah total karakternya.

Contoh Penggunaan Rumus Fungsi LEN Excel

Untuk mempermudah dalam memahami Rumus Fungsi LEN, berikut beberapa contoh dalam penggunaan fungsi Excel tersebut:

=LEN("Belajar Fungsi Microsoft Excel")

Rumus LEN di atas akan memperoleh hasil 30. Argumen teks langsung diketik diantara dua tanda petik. Contoh lain, menggunakan angka:

=LEN(7654321)

Rumus Fungsi LEN Excel di atas akan menghasilkan nilai 7, yakni jumlah karakter angka yang ditentukan. Contoh lain adalah dengan menggunakan referensi sel, yakni sebagai berikut:

=LEN(A1)

Pada contoh, dalam sel A1 berisikan teks atau kalimat "BELAJAR RUMUS EXCEL". Hasil yang akan ditampilkan adalah jumlah dari karakter yang ada di dalam sel A1 (tidak termasuk tanda kutip) yakni 19.

Menghitung Jumlah Karakter pada Beberapa Cell Excel

Rumus Fungsi LEN Excel tidak dapat digunakan menghitung jumlah teks kalimat atau huruf dalam banyak sel sekaligus. Maksudnya adalah dengan mengisikan beberapa Argumen Teks dalam Fungsi LEN. Karena Argumen Teks hanya bisa diisikan dengan 1 argumen saja.

Untuk menghitung jumlah teks/huruf dalam banyak sel, maka dapat menggunakan fungsi penjumlahan seperti penggunaan Fungsi SUM.

  • Sel A1 berisikan "Belajar Microsoft Excel"
  • Sel A2 berisikan "Belajar Fungsi Rumus Microsoft Excel"
  • Sel A3 berisikan "Sudah bisakah?"

Maka untuk mengetahui jumlah dari ketiga sel di atas (A1, A2 dan A3), dapat menggunakan rumus seperti berikut:

=LEN(A1)+LEN(A2)+LEN(A3)

atau dengan rumus berikut:

=SUM(LEN(A1);LEN(A2);LEN(A3))

Dari rumus di atas, hasil yang dimunculkan adalah jumlah dari karakter teks dari ketiga sel yakni 73.

Akan tetapi, jika rumus yang dimasukkan seperti range A1:A3, sebagai argumen teks, maka hasil yang keluar adalah pesan error value #VALUE.

Agar tidak muncul nilai error, bisa menggunakan rumus di atas. Bisa juga menggunakan rumus berikut: 

=SUMPRODUCT(LEN(A1:A3))

Hasil dari rumus SUMPRODUCT di atas adalah jumlah huruf atau karakter teks dari ketiga sel yakni 73.

Untuk mempermudah penghitungan menggunakan Rumus LEN. Bisa dengan cara memasukkan rumus pada baris pertama yang akan dihitung misalkan sel A1. Karena yang akan dihitung menggunakan rumus LEN ini hingga sel A7 maka bisa dilakukan dengan autofill hingga baris A7.

Demikian pembahasan mulai dari pengertian dan cara penggunaan Rumus Fungsi LEN dalam Microsoft Excel. Semoga bermanfaat. 

Previous Post
Next Post

0 komentar: