Sabtu, 10 April 2021

Rumus Excel FIND & SEARCH untuk Mencari Kata

Fungsi Rumus FIND dan SEARCH dalam Excel berfungsi untuk mencari sebuah teks atau karakter. Keduanya mempunyai kegunaan yang hampir sama, yakni digunakan untuk melakukan pencarian teks serta menemukan posisi yang dicari pada sebuah sel yang berisi format teks.

Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan kedua fungsi pencarian pada Excel ini, berikut penjelasan lebih lanjut:

  • FIND merupakan Fungsi Rumus Excel yang berguna untuk menemukan karakter atau teks (Case Sensitif) pada sebuah sel Excel. 
  • SEARCH merupakan Fungsi Rumus Excel yang berguna untuk menemukan karakter atau teks pada sebuah sel Excel. 

Perbedaan Fungsi FIND dan Fungsi SEARCH

Perbedaan mendasar dari kedua fungsi tersebut adalah dari sifat pencariannya. Dimana Fungsi FIND digunakan hanya untuk mencari teks/karakter yang sama persis atau membedakan antara huruf kecil dan huruf besar. 

Sedangkan Fungsi SEARCH berkebalikan dengan Fungsi FIND, dimana SEARCH tidak membedakan huruf kecil dan huruf besar. Misalnya, untuk Fungsi FIND karakter teks "excel" dengan "Excel" akan dianggap dua teks yang berbeda, sedangkan pada Fungsi SEARCH kedua teks akan dianggap sama.

Jadi, Fungsi FIND lebih bersifat Case Sensitif (dapat membedakan huruf kecil dan huruf besar). Sedangkan Fungsi SEARCH tidak bersifat Case Sensitif (huruf kecil dan huruf besar dianggap sama).

Selain perbedaan dari sifat pencarian yang lebih sensitif, FIND juga tidak dapat digunakan bersama dengan karakter "wildcard". Sedangkan pada Fungsi SEARCH, dapat menggunakan karakter wildcard. 

Karakter wildcard merupakan beberapa tanda baca, seperti tanda tanya (?) serta tanda bintang (*), dimana tanda tanya (?) hanya dapat mewakili 1 huruf. Sedangkan tanda bintang (*) dapat mewakili beberapa/banyak huruf.

Selain beberapa perbedaan di atas terdapat beberapa hal yang juga perlu diperhatikan oleh pengguna Excel dalam penggunaan dua Fungsi Rumus ini. Fungsi FIND dan Fungsi SEARCH akan menghasilkan #VALUE atau nilai kesalahan, jika:

  • (Find_text) pencarian teks yang tidak ditemukan. 
  • Start_num atau pencarian yang dimulai dari karakter yang bernilai kurang dari satu (1) yaitu 0 atau angka minus.
  • Start_num yang bernilai lebih besar dari total / jumlah karakter yang terdapat pada Within_text

Jika ingin melakukan pencarian dengan ketentuan harus sama persis maka gunakan Fungsi FIND dan jika pencarian tidak harus sama persis atau menganggap huruf kecil dan huruf besar sama saja maka gunakanlah Fungsi SEARCH.

Fungsi FIND Excel

FIND merupakan Fungsi Rumus Excel yang berguna untuk menemukan karakter atau teks yang bersifat Case Sensitif pada sebuah sel Excel. Case Sensitif, artinya Fungsi FIND ini mampu membedakan huruf kecil dan huruf besar dalam pencariannya.

Sintaksis rumus Fungsi FIND pada Excel adalah sebagai berikut:

=FIND(find_text; within_text; [start_num])

Keterangan:

  • FIND adalah nama Fungsi dalam Excel. 
  • Find_text adalah karakter atau teks yang akan dicari posisinya. 
  • Within_text adalah teks pencarian atau teks yang berisikan teks pada Find_text.
  • Start_num adalah angka permulaan karakter, yang menunjukkan teks pencarian dimulai dari karakter keberapa pada teks di Within_text.

Fungsi SEARCH Excel

Fungsi SEARCH merupakan Fungsi Rumus Excel yang berguna untuk menemukan karakter atau teks pada sebuah sel Excel. 

Pencarian teks menggunakan Fungsi SEARCH berbeda dengan FIND, karena SEARCH tidak memiliki sifat Case Sensitif, artinya penggunaan huruf kecil dan huruf besar tidak dapat terdeteksi dalam pencariannya menggunakan fungsi SEARCH.

Sintaksis rumus Fungsi SEARCH pada Excel adalah sebagai berikut:

=SEARCH(find_text, within_text, [start_num])

Keterangan:

  • SEARCH adalah nama Fungsi dalam Excel. 
  • Find_text adalah karakter atau teks yang akan dicari posisinya. 
  • Within_text adalah teks pencarian atau teks yang berisikan teks pada Find_text.
  • Start_num adalah angka permulaan karakter, yang menunjukkan teks pencarian dimulai dari karakter ke-berapa pada teks di Within_text.

Dengan memanfaatkan fungsi-fungsi Excel di atas, Anda tentu akan sangat dimudahkan dalam mengolah data.

Previous Post
Next Post

0 komentar: