Rabu, 07 April 2021

Rumus Excel AVERAGEIF AVERAGEIFS dan AVERAGEA

Rumus Excel untuk menghitung rata-rata adalah AVERAGE. Fungsi AVERAGE digunakan untuk menghitung rata-rata dari seluruh nilai yang diberikan dalam sebuah range. Akan tetapi pada beberapa kasus tertentu, Anda mungkin akan membutuhkan penghitungan rata-rata (mean) dengan syarat atau kriteria tertentu. 

Misalnya, jika yang akan dihitung adalah nilai rata-rata hanya dari kelompok nilai perempuan saja atau laki-laki saja. Contoh lainnya adalah jika yang akan dihitung nilai rata-rata dalam sebuah rentang data namun tidak dengan melibatkan sel bernilai nol atau sel yang kosong. 

Untuk memenuhi kebutuhan perhitungan rata-rata dengan berbagai kasus dalam perhitungan Statistika, maka Excel memberikan beberapa rumus lain seperti AVERAGEIF, AVERAGEIFS dan AVERAGEA. 

Untuk mengetahui perbedaan dari rumus AVERAGE, AVERAGEIF, AVERAGEIFS dan AVERAGEA, berikut penjelasannya:

  • AVERAGE digunakan untuk menghitung mean atau nilai rata-rata dari seluruh data angka atau nilai pada sebuah range.
  • AVERAGEIF digunakan untuk menghitung nilai mean dari sebuah data dengan kriteria tertentu.
  • AVERAGEIFS digunakan untuk menghitung nilai mean dari sebuah data dengan lebih dari satu kriteria.
  • AVERAGEA digunakan untuk menghitung nilai rata-rata berupa data numerik serta non-numerik, sel dengan data teks bernilai nol dan data Boolean FALSE (0) TRUE (1).

Untuk lebih jelasnya bagaimana penggunaan masing-masing rumus di atas, berikut kita simak penjelasan lebih lanjutnya:

Rumus Excel AVERAGEIF

Rumus Excel AVERAGEIF berfungsi untuk menghitung nilai rata-rata terhadap data sel dengan melakukan pengujian kriteria data sebelum dilakukan perhitungan. 

Berikut sintaks Fungsi AVERAGEIF

=AVERAGEIF(range, criteria, [average_range])

  • range adalah range data yang akan diujikan atau dicocokkan dengan syarat atau kriteria. Bisa berupa sel, rentang (range), named range, sekumpulan angka, array atau referensi sel. 
  • criteria adalah syarat/kondisi yang menentukan nilai atau sel mana saja yang nantinya akan menjadi dasar dalam penghitungan nilai rata-rata. Dapat berupa teks, angka (numerik), operasi logika maupun referensi sel. 
  • average_range bersifat opsional (dapat diisi/tidak). 

Saat menggunakan rumus fungsi AVERAGEIF Excel dalam sebuah formula, terdapat beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan, diantaranya adalah:

Kriteria dalam bentuk teks dan operasi logika harus diapit atau memasukkan double quote (") diantara teks atau operasi logika. Contohnya "<50' atau "Kelas 1". 

Dalam kriteria, Anda juga bisa menggunakan karakter wildcard, tanda bintang (*) dan tanda tanya (?). Tanda bintang berarti banyak karakter dan tanda tanya berarti karakter tunggal apa pun.

Kriteria, kondisi atau syarat dalam Fungsi AVERGEIF hanya satu jenis. Jika ingin menghitung rata-rata dengan menggunakan banyak kriteria maka bisa menggunakan fungsi AVERAGEIFS.

Rumus Excel AVERAGEIFS

Rumus Excel AVERAGEIFS merupakan fungsi yang juga digunakan untuk menghitung nilai rata-rata, bedanya jika AVERAGEIF hanya boleh menggunakan satu kriteria, maka AVERAGEIFS dapat dengan lebih dari satu/banyak pengujian kriteria. 

Karena keduanya memiliki fungsi yang hampir sama, sehingga rumus AVERAGEIFS kadang disebut sebagai AVERAGEIF bertingkat. Fungsi AVERAGEIFS bisa memuat hingga 127 kriteria.

Berikut sintaks Fungsi AVERAGEIFS

=AVERAGEIFS(average_range, range1, criteria1), [range2, criteria2,...])

  • average_range merupakan rentang utama yang nanti akan dihitung nilai rata-ratanya. 
  • range1 merupakan rentang pertama yang diuji menggunakan criteria1. 
  • criteria1 merupakan kriteria atau syarat pertama yang akan diujikan dengan range1.
  • [range2, criteria2] merupakan pasangan rentang kedua dan kriteria kedua dan begitu juga seterusnya.

Rumus Excel AVERAGEA

AVERAGEA digunakan untuk menghitung nilai rata-rata berupa data numerik serta non-numerik, sel dengan data teks bernilai nol dan data Boolean FALSE (0) TRUE (1). 

Dalam hal ini, perlu diketahui bahwa fungsi AVERAGE dan AVERAGEA hampir mirip. Perbedaan yang paling mendasar dari keduanya adalah, pada fungsi AVERAGE akan mengabaikan perhitungan sel yang bukan data numerik atau angka, sedangkan pada Fungsi AVERAGEA tetap dapat menghitung sel yang bukan angka atau non-numerik. 

Sintaks dari fungsi AVERAGEA adalah sebagai berikut

=AVERAGEA(range1,range2,sel1,...)

Nah, demikian beberapa ulasan tentang rumus Excel AVERAGEIF AVERAGEIFS dan AVERAGEA yang perlu diketahui. Sebagai tambahan, cobalah cari beberapa bentuk penerapan rumus tersebut dalam berbagai kasus untuk tambahan referensi. Dengan referensi tersebut nantinya Anda akan bisa memahami perbedaan beberapa rumus tersebut dengan lebih detail.

Previous Post
Next Post

0 komentar: