Sabtu, 10 April 2021

Perbedaan Workbook dan Worksheet Pada Excel

Perbedaan workbook dan worksheet pada Excel termasuk salah satu hal yang perlu diketahui dan dipahami dengan lebih jelas. Terutama saat menggunakan Microsoft Excel secara berkala. Sebab pada dasarnya fungsi dari masing-masing bagian ini secara mendasar bisa jadi berbeda. Sehingga hal ini membuat penerapan fungsi dan penggunaannya pun juga sudah tentu akan berbeda. 

Oleh sebab itu pahami maksud dan pengertian dari masing-masing hal ini, baik workbook maupun worksheet. Perbedaan mengenai workbook dan worksheet yang sering dijumpai di Excel secara lengkap tersebut akan dipaparkan secara lebih jelas pada artikel berikut ini. Mulai dari perbedaan pada pemahaman arti dari masing-masing hal tersebut, hingga langkah-langkah yang dibutuhkan untuk dapat membuatnya pada Microsoft Excel.

Pengertian Workbook

Workbook sesuai dengan namanya bisa diartikan sebagai buku kerja. Umumnya bagian ini difungsikan sebagai tempat untuk melakukan proses manajemen data yang tentunya dapat melakukan penyimpanan data lebih dari satu worksheet. Workbook sebenarnya dapat difungsikan untuk melakukan segala hal yang berkaitan dengan seluruh perintah pada Microsoft Excel. 

Umumnya tampilan awal pada workbook ini hanyalah terdiri dari satu worksheet saja. Namun sebenarnya Anda bsia dapat menambah worksheet dengan mudah bila memang hal ini diperlukan. 

Workbook nantinya akan mengatur data sehingga data bisa dipindahkan dari satu worksheet ke worksheet lainnya. Nantinya setiap sel bisa memuat data baik data yang berupa string atau tulisan maupun data yang berupa angka. Atau bisa juga data yang dicantumkan berupa formula Excel.

Pengertian Worksheet

Worksheet juga bisa diartikan sesuai dengan namanya yaitu sebagai lembar kerja. Istilah worksheet ini lebih identik dengan suatu lembar kerja elektronik yang digunakan untuk menyimpan seluruh data penting. 

Umumnya worksheet sendiri terdiri dari baris atau row dan kolom atau coloumn. Worksheet terdiri dari sel yang diidentifikasikan dalam bentuk baris dan kolom yaitu pada Microsoft Excel. 

Lembar kerja spreadsheet ini juga dapat difungsikan sebagai tempat input data tepatnya melalui sel dan nantinya akan diproses serta ditampilkan melalui workbook.

Membuat Worksheet Baru

Selanjutnya jika ingin membuat worksheet baru pada Microsoft Excel, ada beberapa langkah penting yang harus dilakukan, yaitu sebagai berikut.

  1. Cara pertama untuk membuat worksheet baru adalah dengan menggunakan ribbon. Caranya dalah klik tab Home kemudian lihat grup Cells. Lalu klik tombol Insert dan kemudian klik tombol Insert Sheet. 
  2. Worksheet juga bisa dibuat baru dengan menggunakan tombol New Sheet. Untuk membuatnya maka Anda bisa melakukan langkah yang sangat mudah. Hal ini bisa dilakukan hanya dengan menekan tombol New Sheet atau klik tombol new Sheet. Atau bisa juga klik tanda + yang ada di sebelah kanan nama sheet yang telah digunakan. 
  3. Cara yang juga cepat untuk membuat worksheet baru adalah dengan menggunakan shortcut. Untuk membuatnya maka bisa dilakukan tekan kombinasi tombol Shift+F11 sekali saja. Namun tombol kombinasi ini bisa dilakukan secara berulang kali jika memang ingin dibuat beberapa sheet. 
  4. Pembuatan banyak worksheet secara sekaligus juga bisa dilakukan hanya dalam sekali klik. cara tepatnya adalah dengan menyeleksi seluruh worksheet secara terlebih dahulu. Setelah itu klik kanan pada nama sheet. Setelah itu klik Select All Sheets. 

Membuat Workbook Baru

Sementara untuk membuat Workbook baru sedikit berbeda, caranya adalah sebagai berikut.

  1. Langkah awal bila Anda ingin membuat workbook adalah dengan melakukan klik File. Menu File ini bisa ditemukan pada menu bar.
  2. Selanjutnya klik New maka nantinya akan muncul jendela dialog new workbook.
  3. Kemudian lakukan klik pada tombol Blank Workbook.
  4. Jika langkah di atas selesai maka berarti proses pembuatan workbook baru telah sukses dibuat. 

Perbedaan workbook dan worksheet pada Excel yang telah tercantum di atas akan membantu Anda dalam menggunakan fungsi dari masing-masing bagian. Maka nantinya pemanfaatan Microsoft Excel sendiri bisa dilakukan secara lebih maksimal dan juga tepat. Tentunya pemanfaatan Excel yang biasa dilakukan untuk pengolahan data bisa dilakukan secara lebih efektif dan sesuai keperluan. 

Previous Post
Next Post

0 komentar: