Selasa, 06 April 2021

Pengertian Sel, Range dan Alamat Sel pada Excel

Seperti yang Anda ketahui, Microsoft Word maupun Microsoft Excel sudah bukan lagi hal yang tabu. Sejak duduk di bangku SMP Anda sudah diperkenalkan dengan keduanya, bukan? Ms Excel atau yang biasa disebut Excel merupakan salah satu bagian dari Ms Office yang berupa spreadsheet sehingga memudahkan Anda dalam pengolahan data khususnya dalam bentuk angka.

Software Excel ini memungkinan Anda mengolah data dengan otomatis berupa perhitungan dasar, pemakaian fungsi, pengolahan data juga table, penggunaan rumus-rumus, pembuatan grafik, serta manajemen data dan lain sebagainya.

Dalam lembar kerja atau spreadsheet tersebut terdapat begitu banyak bagian, seperti range, alamat sel dan juga sel. Lantas apa yang dimaksud dengan ketiganya? 

Untuk informasi yang lebih lanjut, di bawah ini adalah pengertian sel, range dan alamat sel pada Excel.

Pengertian Sel Pada Excel

Apakah yang dimaksud dengan sel pada Excel? Bukan seperti sel pada tumbuhan atau hewan maupun manusia ya. Sel pada Excel merupakan intersection atau irisan dari suatu kolom yang dinyatakan dalam bentuk huruf dan baris yang dinyatakan dalam bentuk angka, yang selanjutnya diidentifikasikan dengan nama atau alamat dari sel tersebut. 

Contohnya, irisan dari kolom C pada baris ke 4 maka akan membentuk sel dengan alamat C4. Alamat sel tersebut dapat Anda lihat pada Name Box di lembar kerja Microsoft Excel. Sel pada Excel itulah yang nantinya akan Anda isi dengan data atau angka. Lantas bagaimana caranya? Berikut informasi selengkapnya.

Cara Memasukkan Data Pada Sel di Microsoft Excel

Ketika Anda hendak membuat lembar kerja, tentu saja langkah pertama yaitu dengan mengisi data pada sel, adapun langkah-langkahnya yaitu:

  1. Pilih sel yang akan Anda isi menggunakan mouse atau keyboard, atau dengan menekan Tab untuk berpindah kolom, atau Enter dan tombol arah untuk berpindah baris.
  2. Selanjutnya masukkan data secara langsung pada Workbook atau melalui Formula Bar.
  3. Terakhir tekan Ctrl + Enter untuk menyimpan data atau tekan Tab, Enter maupun tombol arah untuk menyimpan data sekaligus berpindah sel.

Sangat mudah dan sederhana ya?

Pengertian Range Pada Excel

Setelah sebelumnya mengetahui apa itu sel pada Excel, selanjutnya yaitu pegertian range pada Excel. Apa yang dimaksud range? Range merupakan sekumpulan dari beberapa sel yang diidentifikasi dengan nama sel dari alamat sel bagian kiri atas, serta alamat sel dari kanan bawah. Untuk memilih atau membuat range pada lembar kerja Excel dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu:

Memilih Range dengan Drag Mouse

Cara pertama yaitu menggunakan drag mouse, adapun langkahnya sebagai berikut:

  1. Klik salah satu sel yang Anda inginkan tanpa melepas mouse
  2. Kemudian drag ke sel berikutnya hingga membentuk range.

Memilih Range dengan Keyboard

Selain menggunakan mouse, Anda juga dapat memilih range dengan menggunakan keyboard, berikut caranya:

  1. Pilih salah satu sel menggunakan touchpad atau tombol arah.
  2. Kemudian tekan Shift tanpa dilepas.
  3. Terakhir arahkan menggunakan tombol arah untuk memilih entri range.

Memilih Range dengan Shortcut Keyboard

Shortcut Keyboard

Fungsi Shortcut

Ctrl + Space

Memilih semua entri dari kolom yang aktif

Ctrl + A atau Ctrl + Shift + Space

Memilih semua sel pada lembar kerja aktif

Shift + Ctrl + Home

Memilih sel dari sel aktif ke sel awal yaitu A1

Shift + Ctrl + End

Memilih sel dari sel aktif ke sel terakhir yang berisi data

Shift + Space

Memilih seluruh entri dari baris aktif

Shift + Arah

Cara umum memilih sel range

Shift + Arah kemudian Ctrl + Space

Memilih seluruh entri dari multi kolom aktif

Shift + Arah kemudian Shift + Space

Memilih seluruh entri dari baris kolom aktif


Pengertian Alamat Sel pada Excel

Alamat sel pada Excel adalah nama yang mengidentifikasi sel pada baris dan kolom. Alamat sel sering digunakan untuk membuat pola suatu formula pada data-data dalam worksheet. Terdapat 3 jenis alamat sel, antara lain absolut, semi absolut dan relatif. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Alamat Sel Absolut pada Excel

Alamat sel absolut merupakan alamat sel yang bersifat absolut atau tetap pada kolom serta barisnya, sehingga alamat tidak akan berubah jika di salin ke tempat lain. Untuk membuat alamat sel absolut sangatlah mudah, Anda hanya perlu menambahkan karakter $ sebelm kolom serta baris alamat sel.

Contohnya: 

C2=$A$2+B2 maka baris dan kolom pada alamat $A$2 bersifat absolut.

2. Alamat Sel Semi Absolut pada Excel

Alamat sel semi absolut merupakan alamat sel yang bersifat absolut atau tetap hanya pada satu pembentuknya saja, baik itu kolom maupun baris. Untuk membuat sel semi absolut Anda hanya perlu menambahkan karakter $ pada awal kolom atau baris yang akan dibuat absolut.

Contohnya:

A$3 maka baris 3 bersifat absolut, baris 3 bersifat tetap.

$A3 maka kolom A dibuat absolut, kolom A bersifat tetap.

3. Alamat Sel Relatif pada Excel

Alamat sel relatif merupakan alamat sel yang berubah-ubah ketika disalin ke sel lainnya, sesuai dengan tata letaknya. Secara default, alamat sel pada Excel memanglah bersifat relatif, sehingga Anda hanya perlu melakukan entry data sebagaimana mestinya.

Cotohnya: 

=A3+B3 

=A4+B4

=A5+B5 dan seterusnya.

Pengertian sel, range dan alamat sel pada Excel lengkap dengan beberapa shortcut di atas, bisa jadi bekal Anda untuk input/mengedit data pada Ms. Excel secara lebih cepat.

Previous Post
Next Post

0 komentar: