Jumat, 09 April 2021

Pengertian Dan Cara Mengatur Split Pada Excel

Setiap pengguna Ms. Office pastinya sudah mengenal program pengolah angka, Excel. Ada banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh Excel, salah satunya adalah mengatur split. Yuk cari tahu pengertian dan cara mengatur split pada Excel agar lebih mudah.

Pengertian Perintah Split

Perintah split merupakan sebuah perintah yang terdapat pada Microsoft Excel. Adapun fungsi dari perintah ini ialah digunakan untuk membagi halaman kerja menjadi 4 panel. Nah, setiap panel ini adalah duplikasi dari sheet yang sedang aktif digunakan. 

Adanya perintah ini memudahkan Anda untuk melihat sebuah data dari empat area yang berbeda serta berjauhan. Tentu dengan adanya fungsi ini akan sangat membantu, terlebih dalam hal melakukan analisis dengan menggunakan data yang banyak. 

Sayangnya, perintah ini tidak bisa digunakan apabila Anda sudah menggunakan perintah Freeze sebelumnya. Dimana letak tombol perintah split ini berada di ribbon View yang berada di commad group Window.

Cara Mengatur Split pada Excel

Setelah mengetahui perintahnya, Anda juga perlu tahu cara mengatur split pada Excel. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya. 

1. Mengatur Split dengan Area Proposional 

Perlu diketahui, jika dilihat secara default pada saat menyorot ke sel misalnya pada sel A1, maka perintah split ini akan membagi lembar kerja menjadi 4 panel. Artinya, perintah split yang tepat nantinya akan membagi lembar kerja menjadi 4 buah panel yang sama dengan ukuran yang sama pula. 

2. Mengatur Split dengan Area Kustom 

Untuk Anda yang ingin menggunakan perintah split pada area kustom juga bisa. Sebagai contoh, Anda akan mengatur split pada sel I7. Maka, hal yang harus Anda lakukan adalah sorot sel I7 kemudian klik perintah split pada ribbon view. Maka, secara otomatis data akan terbagi menjadi 4 panel yang sama persis. 

Cara Menggunakan Split di pada Excel 

Pada dasarnya, cara menggunakan split pada Excel sendiri hampir sama dengan cara menggunakan Freeze. Anda hanya perlu melakukan scrolling tanpa harus menghilangkan penglihatan di area lainnya. 

Hal yang membuat keduanya berbeda adalah, dimana pada Freeze tidak dapat melihat area yang sama. Namun, dengan menggunakan split Anda bisa melihat arah yang sama ada 4 panel yang tersedia. 

Langkah-langkahnya sangat mudah, Anda cukup sorot sel yang diinginkan. Kemudian masuklah ke menu ribbon View dan pilih command group window lalu pilih split. Jika sudah, secara otomatis data akan terbagi menjadi 4 panel yang sama. 

Cara mengembalikan Lembar Kerja yang Sudah di Split

Setelah Anda tahu pengertian dan cara mengatur split pada Excel, Anda juga perlu tahu bagaimana cara menonaktifkan split tersebut kembali. Lantas, bagaimana cara mengembalikan data yang sudah di split kembali ke sheet semula? 

Nah, bagi Anda yang sudah tidak membutuhkan fitur ini lagi dan ingin mengembalikan data ke bentuk semula, caranya mudah. Anda hanya perlu klik perintah split pada lembar kerja yang sedang aktif. Secara otomatis, data akan kembali seperti semula. 

Dengan informasi seputar pengertian dan cara mengatur split pada Excel di atas, semoga Anda bisa terbantu untuk menggunakan perintah. Tentunya pekerjaan Anda akan akan lebih mudah, terutama dalam hal analisis data dalam jumlah data yang banyak. Dengan demikian, waktu Anda untuk bekerja akan lebih singkat dan efisien, serta pekerjaan pun bisa terselesaikan dengan mudah. 

Previous Post
Next Post

0 komentar: