Selasa, 06 April 2021

Membuat List dan Menggunakan AutoFill pada Excel

AutoFill pada Excel merupakan suatu fitur yang berfungsi mengisi sel secara otomatis dan dapat menyesuaikan pola data lainnya. Fitur AutoFill akan membantu Anda dalam duplikasi data, membuat barisan kustom, serta barisan data yang telah didefinisikan terlebih dahulu.

Fitur tersebut pada umumnya digunakan untuk formulasi alamat sel guna menghitung dengan cepat pada workbook Excel. Lalu bagaimana cara membuat list dan menggunakan AutoFill pada Excel? Berikut penjelasan selengkapnya:

Cara Membuat List AutoFill pada Excel

Agar Microsoft Excel paham dan tahu barisan yang akan Anda buat pada sel sebelumnya, maka Anda perlu membuat kustom list. Hal tersebut tentu saja sangat membantu pekerjaan Anda supaya lebih cepat selesai. Begini cara membuat list AutoFill pada Excel: 

  1. Klik Tab Menu File pada Ribbon Excel lalu pilih Options.
  2. Setelah dialog Excel Options terbuka, klik Advanced.
  3. Kemudian scroll ke bawah pada bagian General dan klik Edit Custom Lists.
  4. Lalu biarkan keyword hover “NEW LIST” dan isikan list data setiap baris pada kolom List Entries. Contohnya Sarapan, Makan Siang. Coffee Break, Makan Malam.
  5. Kemudian klik OK pada dialog Custom List
  6. Dan klik OK lagi pada jendela Excel Options.

Selesai, custom list Anda kini berhasil dibuat. Sehingga ketika Anda mengetikkan kata Sarapan dan Makan Siang pada baris selanjutnya, maka jika range tersebut disorot lalu ditarik ke bawah akan menghasilkan data berurutan serupa dengan list yang telah Anda buat.

Cara Membuat Barisan Data Melalui AutoFill pada Excel

Cara ini merupakan cara termudah dan terpraktis yang bisa Anda coba. Tentu saja berkali-kali lebih cepat jika dibandingkan dengan Anda menulis manual barisan data pada Excel. Berikut Langkah-langkahnya:

  1. Buatlah pola minimal 2 data pada 2 sel agar Ms Excel memahami maksud dari pola yang ingin Anda buat. Contohnya 1 pada sel A1, kemudian 2 pada sel A2.
  2. Blok pola data yang telah Anda buat.
  3. Kemudian drag range data baik secara vertikal atau horizontal sesuai dengan pola data yang telah Anda buat sebelumnya. Pada contoh sebelumnya, maka drag secara vertikal untuk mendapatkan barisan data 1 hingga angka yang diinginkan secara berurutan (1,2,3 dan seterusnya).
  4. Lepaskan mouse ketika barisan data yang Anda inginkan telah ditampilkan. 

Cara Menggunakan AutoFill pada Excel

Cara menggunakan AutoFill pada Excel juga cukup mudah. Jika data yang diberlakukan AutoFill merupakan data tunggal, maka data tersebut akan dilakukan duplikasi. Misalnya pada A1 terdapat data “Pengumuman”, maka jika Anda klik dan drag ke bawah akan tersalin kata “Pengumuman” pada sel berikutnya. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan AutoFill untuk perintah khusus pada Excel, seperti:

Cara Menggunakan AutoFill pada Excel Untuk Data Angka

Langkah-langkahnya yaitu:

  1. Letakkan pointer mouse pada alamat sel tertentu, misalnya A1.
  2. Kemudian ketikkan angka yang diinginkan, misalnya 3.
  3. Setelah itu, pada pojok kanan bawah sel klik dan tahan mouse, kemudian drag ke sel berikutnya sesuai keinginan Anda. Misalnya A28.
  4. Lalu klik AutoFill Options dan pilih Fill Series untuk membuat data berurutan. Dalam contoh ini adalah 1 hingga 25. 

Penggunaam AutoFill data angka juga berlaku untuk satuan tanggal ya.

Cara Menggunakan AutoFill pada Excel Untuk Formula Sel

Langkah-langkahnya yaitu:

  1. Buatlah data range yang ingin Anda hitung. Misalnya daftar gaji dan tunjangan karyawan.
  2. Kemudian buatlah satu contoh formula. Misalnya penjumlahan =$A2+$B2
  3. Lakukan Teknik AutoFill pada contoh formula yang telah Anda buat (drag ke bawah).
  4. Terakhir lepaskan mouse ketika barisan data yang diinginkan telah tampil. Dengan begitu, maka formula akan otomatis tercantum secara berurutan untuk penjumlahan sel A3+B3, A4+B4 dan seterusnya.

Mudah bukan cara membuat list dan menggunakan AutoFill pada Excel? Dengan menggunakan fitur ini, pekerjaan Anda akan cepat selesai. Coba bayangkan jika Anda harus mengisi data yang sangat banyak secara manual. Tentu saja sangat menyita banyak waktu dan tenaga. 

Previous Post
Next Post

0 komentar: