Sabtu, 10 April 2021

Fungsi Text to Columns, Cara Memisahkan Isi Sel Excel

Fungsi text to coloumns cara memisahkan isi sel excel sering kali belum sepenuhnya dimengerti dan dipahami oleh beberapa orang. Padahal fungsi ini bisa digunakan terutama untuk memisahkan isi sebuah sel pada Excel ke dalam beberapa kolom. Jadi saat Anda menemukan atau mendapatkan sebuah file yang memuat beberapa data menjadi satu, maka seharusnya Anda bisa dengan mudah memisahkannya. 

Salah satu langkah untuk mendukung proses pemisahan data yang menjadi satu ini bisa menggunakan fungsi text to coloumns. Rupanya cara ini bisa melalui beberapa alternatif. Secara garis besar ada dua cara yang dapat diterapkan dalam memanfaatkan fitur text to coloumns yang terdapat pada Excel. Berikut ini beberapa informasi lebih lanjut terkait dengan hal tersebut.

Memisahkan Isi Sel Berdasarkan Tanda Pemisah

Cara pertama yaitu memisahkan isi sel berdasarkan tanda pemisah. Untuk dapat melakukan hal ini, maka berikut beberapa langkah yang harus diperhatikan serta dilaksanakan.

1. Memastikan letak hasil pemisahan data

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan dimana hasil pemisahan data akan dilakukan. Jika memang ada data pada kolom lain yang tak boleh ditindih maka bisa disisipkan sejumlah kolom untuk menampung hasil pemisahan sel. Namun tahapan ini bisa dilewati jika memang tidak ada data lain yang akan tertimpa pada kolom di sebelah data yang akan dipisahkan.  

2. Memilih sel yang ingin dipisahkan

Selanjutnya pilihlah atau seleksilah beberapa sel yang sekiranya ingin dipisahkan lebih lanjut. Untuk melakukan pemisahan ini, maka tekan tombol dan klik pada fitur Text to Coloumns yang ada di bagian Tab Data dan Group Data Tools. 

3. Menentukan cara pemisahan sel

Setelah melakukan langkah di atas, nantinya akan muncul kotak dialog Convert Text to Coloumn Wizard. Pada kotak dialog ini nantinya Anda akan disuruh memilih cara untuk melakukan pemisahan isi sel. Apakah akan digunakan delimited ataukah akan dipilih berupa fixed width. 

4. Menentukan delimiter

Pemisahan sel berdasarkan delimiter pada dasarnya sama saja dengan melakukan pemisahan isi sel dengan menggunakan tanda pemisah tertentu. Misalnya dengan menggunakan tanda pemisah berupa koma (,). Jika memang Anda telah memutuskan untuk memilih pemisahan isi sel dengan menggunakan fitur delimiter, maka setelah klik delimiter selanjutnya bisa klik tombol next. 

Umumya opsi delimiter yang tersedia adalah Tab dan Semicolon atau tanda Comma dan Space. Pemilihan tanda pembatas bisa dilakukan dengan mencentang Treat Consecutive Delimiters as One. Lalu klik tombol Next untuk berlanjut ke tahap selanjutnya.

5. Menentukan format untuk masing-masing kolom

Di tahapan ini tentunya Anda haruslah dapat menentukan format untuk masing-masing kolom hasil pemisahan sel. Selain itu turut ditentukan pula di mana hasil pembagian sel akan diletakkan secara tepat.

Memisahkan Isi Sel Berdasarkan Jumlah Karakter

Cara berikutnya yaitu dengan memisahkan isi sel berdasarkan jumlah karakter. Untuk dapat mengerjakan hal tersebut, ikuti beberapa langkah yang tertulis di bawah ini dengan jalan berurutan.

1. Menyelesaikan range data

Melakukan pemisahan isi sel berdasarkan jumlah karakter bisa pula disebut dengan memilih opsi fixed width. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan seleksi range data atau kolom yang akan dipisahkan. Lalu setelah itu lanjutkan dengan mengaktifkan fitur Text to Coloumn.

2. Memilih fixed width

Setelah muncul Convert Text to Coloumns Wizard maka Anda bisa memilih fixed width untuk melakukan pemisahan isi sel. Kemudian klik tombol next utnuk berlanjut ke tahap berikutnya. 

3. Mengatur posisi isi sel yang akan dipisah

Kemudian pada bagian data preview Anda perlu mengatur posisi isi sel yang akan dipisah ataupun dibagi. Klik posisi yang diinginkan dan tambahkan garis pemisah tambahan pada posisi lain yang sekiranya memang diperlukan. Untuk melakukan perubahan posisi maka klik dan tahan garis tersebut kemudian geserkan ke kanan atau ke kiri sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan untuk menghapusnya bisa dilakukan klik ganda. 

4. Mengakhiri proses pemisahan

Setelah proses selesai maka klik tombol Finish untuk mengakhiri proses ini. Namun jika Anda masih ingin mengatur format dan posisi letak dari hasil pemisahan data maka bisa klik tombol Next. Dengan demikian Anda masih dapat melakukan pemisahan yang dibutuhkan selanjutnya.

Fungsi text to coloumns cara memisahkan isi sel excel seperti di atas tentunya bisa menjadi suatu pengetahuan yang baru. Hal tersebut terutama bagi Anda yang membutuhkannya untuk menyelesaikan berbagai macam pekerjaan penting. 

Dengan adanya kedua cara di atas untuk memisahkan isi sel, maka diharapkan agar pemanfaatan fitur text to coloumns bisa dilakukan dengan tepat. Bukan hanya itu saja, namun langkah tersebut membantu pekerjaan menjadi lebih efektif serta lebih efisien dan menghindari resiko terjadinya kesalahan. 

Previous Post
Next Post

0 komentar: