Sabtu, 10 April 2021

Fungsi Rand Randbetween Excel Untuk Angka Acak

Fungsi Rand Randbetween Excel untuk angka acak yaitu pada Matlab. Sedangkan Matlab atau Matrix Laboratory sendiri umumnya banyak digunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang berhubungan dengan numerik atau angka dan matematika. Termasuk di dalamnya adalah bilangan acak atau random. Jadi untuk membangkitkan bilangan acak atau bilangan random pada Matlab bisa digunakan rumus Rand Randbetween. 

Bilangan acak atau bilangan random sendiri merupakan suatu bilangan yang dibangkitkan secara acak. Misalnya seperti proses penentuan random sampling untuk kebutuhan survey yang tentunya berhubungan dengan angka acak. 

Namun pada dasarnya Matlab menggunakan algoritma untuk dapat menampilkan hasil yang tetap bersifat independen ataupun bersifat acak. Untuk itu bagi Anda yang perlu mengetahui penggunaan fungsi Rand Randbetween ini maka Anda bisa mengikuti berbagai tahap dalam membangkitkan bilangan atau angka  acak.

Fungsi Rand Randbetween Excel

  1. Fungsi Rand ini pada dasarnya tidak memiliki argumen ataupun parameter tertentu. Sehingga dapat digunakan untuk banyak hal, termasuk untuk angka acak.
  2. Sintaks rand biasa digunakan untuk membangkitkan bilangan random yang tersebar dengan rentang 0 hingga 1. Sedangkan variabel random bisa saja berupa vektor ataupun juga bisa berupa matriks. 
  3. Rumus Excel dalam hal ini hanya perlu dituliskan dengan bentuk atau dengan sintaks rumus yang sederhana berupa “=Rand()” saja sehingga nantinya akan dihasilkan angka acak. Tentunya angka acak yang dihasilkan tidak disertai dengan adanya tambahan informasi parameter tertentu. 
  4. Penggunaan fungsi Rand Excel juga bisa diterapkan untuk membuat angka desimal acak. Termasuk untuk angka desimal acak di antara 2 angka bulat. Untuk hal ini bisa digunakan rumus Excel “=Rand()*(Maks-Min)+Min”. Dalam hal ini Min menunjukkan angka terkecil sedangkan Maks menunjukkan angka terbesar yang ingin dihasilkan.

Fungsi Randbetween Excel 

Sebenarnya secara umum fungsi Rand Randbetween Excel ini meliputi beberapa fungsi yang tercantum pada beberapa point berikut ini.

  1. Rumus ini diterapkan untuk mendapatkan angka pecahan desimal yaitu di antara 0 dan 1. 
  2. Fungsi rumus ini pada Excel juga diguankan untuk menghasilkan angka acak bulat tepatnya di antara 2 angka tertentu yang memang ingin ditentukan. 
  3. Sintaks rumus yang digunakan adalah “RANDBETWEEN(AngkaTerkecil;AngkaTerbesar)”.
  4. Fungsi rumus ini akan menghasilkan angka acak berdasar pada informasi atau parameter nilai angka terkecil dan juga angka terbesar yang ingin dihasilkan. 
  5. Penggunaan sintaks rumus akan menghasilkan variasi angka acak atau random. Variasi angka yang muncul nanti tepatnya di antara angka terkecil dan angka terbesar. 

Ketentuan Penggunaan Fungsi Rand Randbetween Excel

Untuk bisa menggunakan fungsi Rand Randbetween Excel terutama pada angka acak secara optimal, maka dibutuhkan beberapa langkah penting secara tepat. Secara garis besar, berikut ini beberapa langkah yang bisa diterapkan untuk mewujukan hal tersebut.

  1. Penggunaan kedua fungsi ini pada dasarnya digunakan untuk melakukan pengacakan ulang angka. Hingga mungkin saja pada Microsoft Excel juga terdapat beberapa fungsi yang mungkin saja hampir sama dengan fungsi Rand dan fungsi Randbetween. 
  2. Fungsi Rand dan Randbetween akan menghasilkan bilangan acak yang akan berubah secara terus-menerus. Hal ini tepatnya akan terjadi secara tidak langsung setiap kali Excel melakukan kalkulasi.
  3. Copy paste as value bisa dilakukan setelah Excel menghasilkan angka acak atau angka random dengan menggunakan fungsi Rand atau randbetween. Copy paste as value ini bisa menjadi langkah mudah bagi Anda yang membutuhkan angka acak dan tidak menginginkan adanya perubahan angka. Misalnya saja penggunaan data untuk satu kali saja. 
  4. Sistem pengaturan calculation option bisa dilakukan dengan cara manual. Maka nantinya Excel hanya akan melakukan pengacakan lebih tepatnya saat Anda memilih menu calculate now. Atau bisa pula hal ini dilakukan dengan menekan tombol F9. 

Fungsi Rand Randbetween Excel untuk angka acak bisa diterapkan seperti langkah di atas. Dimana tentunya hal ini merupakan salah satu manfaat yang terkadang bisa jadi Anda butuhkan saat mengoperasikan Microsoft Excel. Maka dari itu ada baiknya mencoba memahami fungsi di atas beserta langkah menerapkannya.

Previous Post
Next Post

0 komentar: