Sabtu, 10 April 2021

Fungsi Indirect Excel

Apakah Anda pernah menggunakan rumus indirect untuk mengolah data menggunakan Microsoft Excel? Bisa dikatakan mungkin sebagian dari Anda sangat jarang menggunakan fungsi yang satu ini. Memang, secara umum, fungsi indirect cenderung tidak terlalu populer jika dibandingkan dengan rumus lain dalam pengolahan data.

Namun, tetap saja fungsi indirect Excel adalah salah satu jenis fungsi yang perlu diketahui dan dipelajari. Terlebih, untuk Anda yang ingin membuat sebuah referensi yang berasal dari suatu teks tertentu. Nah, dalam konteks demikian, maka fungsi indirect Excel bisa dikatakan cukup penting.

Perlu diketahui, fungsi indirect Excel adakah suatu fungsi yang bisa digunakan untuk menghasilkan beberapa referensi, baik referensi sel, worksheet, workbook atau range yang didasarkan pada isian teks tertentu. Secara simple agar lebih mudah dipahami, fungsi ini akan mengevaluasi sebuah teks tertentu atau bisa juga gabungan teks yang diberikan guna menjadi referensi Excel.

Cara Menggunakan Rumus Indirect Excel

Lalu, bagaimana cara untuk menggunakan fungsi indirect Excel ini?

Tentu, pertanyaan tersebut seringkali muncul, terlebih untuk seseorang yang memang belum familiar dengan fungsi indirect Excel. Untuk menggunakan rumus ini, maka Anda harus menggunakan sintaksis tertentu.

Adapun sintaksis atau penulisan rumus dalam fungsi indirect Excel untuk mengolah data adalah sebagai berikut:

INDIRECT(TeksReferensi; JenisReferensi)

Dari sintaksis di atas, ada beberapa keterangan yang harus dipahami lebih lanjut, yaitu:

  • TeksReferensi, merupakan argumen yang wajib diisi. Poin ini bisa diisi beberapa detail, baik itu teks, referensi sel, ataupun nama range yang nantinya akan mencerminkan sebuah referensi sel Excel. Dalam hal ini, jika referensi sel tidak valid, maka sistem Excel akan menampilkan pesan kesalahan dengan kode #REF!
  • JenisReferensi, yaitu argumen atau bagan yang bisa dikosongkan dalam fungsi indirect Excel. Untuk poin ini, ada dua pilihan yang tersedia, yaitu TRUE atau FALSE. Untuk lebih jelasnya, simak poin di bawah ini:
  • Jika diisi TRUE atau dikosongkan, maka argumen dalam TeksReferensi yang ada pada fungsi indirect Excel tersebut harus menggunakan style A1
  • Jika diisi FALSE, maka TeksReferensi yang digunakan harus memakai style R1C1

Dalam praktik yang dilakukan untuk pengolahan data Excel, gaya penulisan atau style A1 ini cenderung lebih umum dan lazim untuk diaplikasikan pada fungsi indirect Excel daripada style R1C1. Oleh karenanya, jenis argumen ini bisa diabaikan saja ketika Anda menggunakan rumus fungsi indirect Excel, kecuali pada dasarnya Anda memang ingin menggunakan indirect dengan style R1C1.

Contoh Penggunaan Fungsi Indirect Excel

Untuk memudahkan Anda memahami dan menggunakan fungsi indirect Excel dalam pengolahan data, ada beberapa contoh penggunaan fungsi yang bisa Anda tiru. Contoh penggunaan fungsi indirect Excel ini didasarkan pada data sebagai berikut:

Dari data di atas, bisa dilihat bahwa fungsi indirect Excel bisa ditulis secara langsung atau mengacu pada bagian sel lain yang berisi fungsi. Setidaknya, ada tiga contoh penggunaan fungsi indirect Excel yang bisa dilihat dari data di atas.

Pada contoh pertama, fungsi indirect Excel yang digunakan adalah =INDIRECT (“A3”). Dengan rumus tersebut, maka akan dihasilkan nilai dari sel A3, yaitu 30.

Pada contoh kedua, fungsi indirect Excel yang digunakan adalah = INDIRECT (“A5”;TRUE). Dengan rumus tersebut, maka akan dihasilkan nilai dari A5, yaitu 50. Dalam contoh ini, penggunaan argumen JenisReferensi antara dikosongkan atau diisi tidak menimbulkan masalah, pun dalam contoh sebelumnya. Oleh karenanya, untuk jenis referensi A1, argumen JenisReferensi bisa diabaikan.

Pada contoh ketiga, fungsi indirect Excel yang digunakan adalah =INDIRECT(C7). Dengan rumus ini, maka akan dihasilkan nilai dari sel A4, yaitu 40.

Beberapa contoh di atas adalah rumus penggunaan indirect dengan referensi sel. Rumus dengan referensi sel termasuk yang paling sering digunakan dalam aplikasi fungsi indirect Excel. Selain itu, meskipun lebih jarang, fungsi ini juga diaplikasikan dengan gabungan referensi sel, worksheet lain dan workbook lain. 

Demikian beberapa bahasan singkat tentang fungsi indirect Excel. Anda bisa melengkapi contoh penggunaan rumus dan fungsi indirect Excel untuk penerapan yang berbeda. Semoga bermanfaat. 

Previous Post
Next Post

0 komentar: