Sabtu, 10 April 2021

Fungsi CHOOSE Excel

Fungsi CHOOSE dalam Microsoft Excel termasuk ke dalam kategori Reference dan Lookup & Reference. Seperti arti dari namanya, fungsi ini digunakan untuk memilih salah satu nilai dari beberapa argumen nilai berdasarkan nomor urutan atau nomor indeks tertentu.

Sekilas Fungsi CHOOSE ini hampir sama dengan Fungsi INDEX yang juga terdapat pada Excel. Yakni sama-sama berfungsi untuk menghasilkan nilai dari index nomor tertentu. Lalu apa perbedaan keduanya?

Index number dalam Fungsi INDEX pada Excel adalah informasi nomor baris dan atau kolom. Sedangkan Fungsi CHOOSE index number adalah nomor indeks atau nomor urut dari daftar argumen nilai atau range tertentu. 

Agar lebih jelas lagi, mari kita simak penjelasan lebih lanjutnya. Mengenai cara kerja Rumus Fungsi CHOOSE beserta contoh penggunaannya dalam Microsoft Excel.

Cara Penggunaan Rumus Fungsi CHOOSE 

Setelah mengetahui penjelasan kegunaan dari Fungsi CHOOSE, maka saatnya untuk mengetahui sistematika penulisan rumus CHOOSE untuk menggunakannya dalam Microsoft Excel. Berikut sistematika penulisan dari Rumus Fungsi CHOOSE:

CHOOSE(IndexNumber; Nilai1; [Nilai2]; ...)

Keterangan:

  • CHOOSE adalah nama fungsi dari Microsoft Excel. 
  • IndexNumber adalah argumen yang wajib diisi, dapat berupa rumus, angka atau berupa referensi sel bernilai angka dari angka 1-154.
  • Nilai1; [Nilai2]; adalah argumen yang dapat diisi dengan rumus Excel, referensi sel, fungsi, nama terdefinisi, teks maupun berupa angka.

Minimal harus terdapat 1 nilai dalam argumen ini. Karena argumen-argumen inilah yang akan dipilih dan diproses sesuai dengan informasi pada IndexNumber.

Contoh Penggunaan Rumus Fungsi CHOOSE Excel

Berikut beberapa contoh dalam penggunaan Rumus Fungsi CHOOSE yang sudah dijelaskan sebelumnya. Contoh-contoh ini akan memudahkan untuk lebih memahami penggunaan Fungsi CHOOSE dalam Excel. 

Terdapat data sebagai berikut:

Contoh Rumus Fungsi CHOOSE 1

=CHOOSE(3;"Skor 1";"Skor 2";"Skor 3";"Skor 4")

Rumus di atas memiliki IndexNumber 3 dari 4 urutan argumen nilai, yakni "Skor 1";"Skor 2";"Skor 3";"Skor 4". 

Maka hasil yang didapatkan adalah Skor 3. Karena teks "Skor 3" adalah teks yang berada pada posisi urutan atau nomor urut 3 dari keempat nilai skor argumen yang diberikan.

Contoh Rumus Fungsi CHOOSE 2

=SUM(CHOOSE(1;A2:A6;B2:B6;C2:C6))

Rumus di atas menggunakan Fungsi SUM yakni penjumlahan. Dari rumus tersebut IndexNumber nya adalah 1. Dan terdapat tiga argumen dalam bentuk rumus Excel. 

Maka hasil yang didapatkan adalah 80. Angka ini didapatkan dari penjumlahan A2:A6. Dengan rumus CHOOSE IndexNumber yang dicari adalah urutan 1.

Contoh Rumus Fungsi CHOOSE 3

Contoh penggunaan CHOOSE pada excel 2

=SUM(A1:CHOOSE(2;A6;B6;C6))

Rumus di atas menggunakan Fungsi SUM yakni penjumlahan. Dari rumus tersebut IndexNumber nya adalah 2. Sehingga rumus penjumlahan dipilih dari range A1:B6. Hasil dari rumus tersebut adalah 170.

Catatan Dalam Penggungaan Rumus Fungsi CHOOSE 

Dalam penggunaan Rumus Fungsi CHOOSE, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni sebagai berikut:

1) Jika IndexNumber bernilai negatif, nol(0) atau lebih besar dari jumlah IndexNumber yang ditentukan, maka hasil yang muncul adalah pesan kesalahan atau Error #VALUE!

=SUM(CHOOSE(3;A2:A6;B2:B6))

Pada contoh Rumus CHOOSE diatas IndexNumber maksimalnya adalah 2, sebab hanya terdapat 2 nilai argumen yang ditentukan. Ketika argumen dari IndexNumber bernilai 3, maka hasil yang muncul dari rumus tersebut adalah pesan Error #VALUE!.

2) Jika IndexNumber bernilai pecahan, maka nilai akan dibulatkan ke bawah yakni mendekati nilai bulat terdekat.

=SUM(CHOOSE(B8;A2:A6;B2:B6;C2:C6))

Nilai pecahan yang terdapat pada sel B8 = 2,5 pada Rumus CHOOSE di atas akan dianggap sebagai bilangan bulat 2. Sehingga Fungsi SUM hanya akan bekerja pada range atau rentang B2:B6 saja, dengan hasil penjumlahan skor 2 yaitu 90.

3) Jika IndexNumber yang ditentukan berupa array, maka setiap nilai yang terdapat pada array tersebut akan dievaluasi dengan menggunakan Rumus Fungsi CHOOSE.

=SUM(CHOOSE({1/2};A2:A6;B2:B6;C2:C6))

Pada contoh Rumus Fungsi CHOOSE di atas IndexNumber yang berupa array yakni {1\2}. Pada kasus seperti di atas setiap IndexNumber yang dipilih akan dievaluasi. Maka Fungsi SUM bekerja dengan menjumlahkan dari range A2:A6 dan range B2:B6, yang hasilnya adalah 170.

Demikian penjelasan mengenai Fungsi CHOOSE beserta penggunaan rumus dan contoh dalam Excel. Semoga bermanfaat.

Previous Post
Next Post

0 komentar: