Sabtu, 10 April 2021

Fungsi Address Excel

Salah satu fungsi dalam Microsoft Excel yang cukup sering digunakan adalah fungsi address. Secara singkat, fungsi address digunakan guna membuat sebuah teks referensi ataupun alamat sel yang terdapat pada Microsoft Excel berdasarkan posisi nomor kolom dan nomor baris. Juga, fungsi address merepresentasikan sebuah alamat sel, baik dalam style A1 ataupun R1C1.

Perlu diketahui, fungsi address ini umumnya digunakan untuk mengisi argumen teks referensi yang ada pada fungsi indirect. Kemudian, fungsi ini akan digunakan untuk membuat rumus Excel yang tertentu.

Cara Menggunakan Fungsi Address di Excel

Berbincang tentang fungsi address, tentu salah satu hal yang paling penting untuk diketahui adalah cara untuk menggunakan fungsi ini. Pengetahuan tentang cara untuk menggunakan fungsi ini tentu akan membantu Anda untuk mengaplikasikan fungsi address pada data yang Anda olah.

Nah, cara penulisan atau sintaksis dari fungsi address ini adalah sebagai berikut:

ADDRESS(PosisiBaris; PosisiKolom; [TipeRef]; [GayaRef]; [NamaSheet])

Dari sintaksis di atas, ada beberapa keterangan fungsi yang harus dipahami. Adapun keterangan dari sintaksis tersebut adalah sebagai berikut:

  • PosisiBaris : sintaksis untuk menunjukkan nomor baris yang diambil dari teks alamat sel yang ingin dihasilkan
  • PosisiKolom : sintaksis yang menunjukkan nomor kolom yang berasal dari teks alamat sel yang ingin dihasilkan 
  • [TipeRef] : sintaksis ini bisa dikosongkan. Jika ingin mengisi, maka Anda bisa menggunakan angka 1, 2, 3, ataupun 4 di mana akan menentukan tipe alamat sel yang akan dihasilkan. 

Jika kolom ini dibiarkan kosong, maka akan dianggap berisi 1 yang nantinya akan menunjukkan bahwa teks alamat sel tersebut bertipe absolut. Keterangan tambahan terkait poin ini adalah:

o 1 untuk tipe alamat sel absolut kolom dan baris, misalnya $A$1

o 2 untuk tipe alamat sel relatif di mana digunakan untuk kolom dan baris absolut, misalnya A$1

o 3 untuk tipe alamat sel absolut yang terdapat pada kolom dan relatif pada baris, misalnya $A1

o Untuk tipe alamat sel relatif kolom dan baris, misalnya A1

[GayaRef] : opsional dan bisa dikosongkan. Poin ini bisa diisi angka 0 ataupun 1, ataupun dengan isian TRUE dan FALSE yang akan menunjukkan gaya penulisan alamat sel. Jika dibiarkan kosong, maka akan dianggap TRUE atau 1 dan menggunakan gaya penulisan A1

[NamaSheet] : opsional dan bisa dikosongkan. Poin ini merupakan sebuah argumen dari fungsi address yang akan menunjukkan nama sheet yang berasal dari alamat sel yang akan dihasilkan. Jika poin ini dibiarkan kosong, maka alamat sel yang akan dihasilkan dalam penggunaan fungsi address tidak akan menunjukkan detail alamat sheet. 

Contoh Argumen Tipe Sel pada Fungsi Address

Untuk memudahkan Anda memahami bagaimana fungsi address dan penggunaannya, ada beberapa contoh argumen dari tipe sel pada fungsi address yang bisa dijadikan referensi. Beberapa contoh di atas diantaranya adalah sebagai berikut:

• Rumus Excel : =ADDRESS(2;3;1)

Pada rumus di atas, tipe diisi dengan angka 1 yang digunakan untuk membuat teks alamat sel absolut. Hasil dari rumus di atas adalah teks $C$2

• Rumus Excel : =ADDRESS(2;3;2)

Pada rumus di atas, argumen tipe diisi angka 2 di mana menunjukkan teks alamat sel ditulis relatif untuk kolom serta absolut untuk bagian baris. Hasil dari rumus ini adalah C$2.

Demikian beberapa ulasan mengenai fungsi address Excel yang perlu diketahui. Perbanyak contoh dari fungsi tersebut untuk memahami fungsi ini dengan lebih baik. Semoga bermanfaat.

Previous Post
Next Post

0 komentar: