Jumat, 09 April 2021

Circle Invalid Data Menggunakan Data Validation pada Excel

Pernahkah Anda mendengar istilah circle invalid data? Ternyata, hal ini memiliki kaitan yang sangat penting dengan validasi data. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenal circle invalid data, yuk kenali dulu apa itu circle invalid data menggunakan data validation pada Excel. 

Pengertian Circle Invalid Data 

Apa itu Circle Invalid data? Ini adalah sebuah fitur data validasi di Excel yang digunakan untuk memunculkan lingkaran merah pada sebuah sel yang tidak masuk dalam kriteria validasi. Biasanya, fitur ini banyak digunakan untuk mengetahui atau memilih angka yang memenuhi kriteria atau tidak. 

Misalnya dalam bidang pendidikan, fitur ini akan memudahkan guru dalam menentukan anak mana yang nilainya sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal atau belum. Fitur ini juga sering digunakan untuk kebutuhan penelitian, terlebih lagi jika data yang digunakan banyak. 

Dengan fitur Circle invalid data, tentunya akan lebih memudahkan pengguna dalam melakukan validasi sehingga data yang dimasukkan bisa sesuai dengan kebutuhan. Lantas, bagaimana cara membuat circle invalid data menggunakan data validation pada Excel? 

Cara Membuat Circle Invalid Data Menggunakan Data Validation pada Excel

Untuk membuat circle invalid data sangat mudah. Anda bisa menggunakan bantuan Microsoft Excel. Selain itu, Anda juga membutuhkan data ayang akan di validasi. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak contoh selengkapnya di bawah ini. 

Contoh: 

Disajikan sebuah data berupa nilai praktikum IPA dari 10 siswa. Namun, karena terjadi perubahan kurikulum menjadikan batas kriteria ketuntasan minimal siswa diubah menjadi 76. Bagaimana cara menyelesaikan permasalahan ini? Berikut ini adalah data siswanya. 

No

nama

nilai

1

Andin

78

2

Aldebaran

67

3

Rena

78

4

Kiki

97

5

Rendi

45

6

Elsa

89

7

Nino

77

8

Rosa

43

9

Mateo

88

10

Roy

78


Dari data di atas ditemukan nilai dari 10 anak yang berbeda-beda. Untuk memudahkan dalam menentukan manakah yang sudah memasuki kriteria, maka Anda bisa menggunakan data validation dan membuat lingkaran pada data yang salah melalui circle invalid data. 

1. Membuat Data validation

Dari permasalahan di atas sudah bisa diketahui bahwa ini merupakan jenis validasi data whole number dengan nilai minimal 76. Silahkan Anda membuat data tersebut ke dalam Excel terlebih dahulu. 

2. Memunculkan Circle Invalid Data

Jika data sudah jadi, langkah selanjutnya adalah dengan memunculkan Circle Invalid Data dengan cara blok range data kemudian klik circle invalid data pada reborn data. 

3. Cek Data Tidak Valid

Terakhir, data yang tidak valid akan secara otomatis terlihat dengan tanda lingkaran merah. 

Menghapus Circle Invalid Data 

Selain membuat Circle Invalid Data, Anda juga biasanya akan memerlukan cara menghapus circle ini. Caranya juga sangat mudah, di mana Anda hanya perlu menggunakan tombol clear validation circle agar lingkaran merah tidak muncul lagi. 

Pada dasarnya, fitur ini bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah validasi data di berbagai bidang. Anda hanya perlu menyiapkan data-data yang ingin divalidasi. Selanjutnya manfaatkan fungsi validasi data tersebut untuk menyelesaikannya.

Dengan demikian, penentuan data mana yang tidak masuk kriteria validasi bisa dilakukan lebih cepat dan mudah. Selanjutnya Anda bisa segera melakukan perbaikan. 

Bagaimana? Mau mencoba menggunakan Circle Invalid Data pada Excel? Semoga dengan memahami fitur Circle invalid data menggunakan data validation pada Excel di atas, pekerjaan Anda akan lebih cepat selesai. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan menambah referensi terutama dalam hal menggunakan Microsoft Excel. 


Previous Post
Next Post

0 komentar: