Jumat, 09 April 2021

Cara Mengurutkan Data Di Excel Secara Otomatis Dengan Tabel

Pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam mengurutkan data secara manual? Terlebih jika data tersebut dalam jumlah banyak. Tentunya, hal ini hanya akan memakan waktu menjadi semakin lama dan berdampak ada pekerjaan yang tak kunjung selesai. Nah, untuk memudahkan pekerjaan tersebut, Anda bisa menggunakan cara mengurutkan data di Excel secara otomatis dengan tabel di bawah ini. 

Untuk mengurutkan data secara otomatis pada Excel, maka Anda membutuhkan bantuan dari fitur Filter Button. Yuk, cari tahu apa saja si cara mengurutkan data di Excel secara otomatis dengan tabel berikut. 

Cara Mengurutkan Data Berdasarkan Abjad

Perlu diketahui bahwa cara mengurutkan data berdasarkan abjad ini dibagi menjadi dua jenis yaitu short Z-A dan Short A-Z. Untuk short Z-A artinya data akan diurutkan dari Z ke A. Misalkan BC, B, B, B, A dan seterusnya. Sedangkan Short A-Z artinya data diurutkan dari huruf A ke Z. Misalkan, dari A, AAB, AB, dan seterusnya. 

Misalkan, Anda aka mengurutkan nama barang berdasarkan abjad. Berikut ini adalah nama barangnya, buku, pensil, pulpen, busur, penghapus, jangkar. Untuk mengurutkan data ini, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Klik Filter Button pada judul kolom yang akan diurutkan datanya. Caranya dengan klik kana pada judul kolom kemudian pilih Filter Button. 
  2. Jika sudah, langsung saja pilih metode mengurutkan datanya dari sort A-Z atau short Z-A. 
  3. Jadi deh, secara otomatis data akan diurutkan berdasarkan abjad. 

Cara Mengurutkan Data Berdasarkan Angka 

Selain berdasarkan abjad cara mengurutkan data di Excel secara otomatis dengan tabel juga bisa dikategorikan berdasarkan angka. Ada dua kategori yang bisa Anda pilih yakni sort smallest to largest dan sort largest to smallest. 

Sort smallest to largest adalah cara mengurutkan data berdasarkan angka dari yang terkecil menuju ke yang terbesar. Misalnya, 1,2,3,4,5,6,7,8 dan seterusnya. Sedangkan sort largest to smallest adalah cara mengurutkan data berdasarkan data terbesar ke terkecil. Misalnya 10,9,8,7,6,5, dan seterusnya. Berikut ini adalah langkah-langkahnya. 

Misalnya, Anda akan mengurutkan angka dari kolom umur siswa. Adapun datanya adalah sebagai berikut, 12,10,11,9,12,13,14,10,13,10,12. Untuk mengurutkan data tersebut, ikuti langkah-langkah di bawah ini. 

  1. Langsung saja klik Filter Button pada subjudul Umur. 
  2. Kemudian, pilihlah kategori mengurutkan data yang dibutuhkan yakni sort largest to smallest atau sort smallest to largest. 
  3. Selesai, secara otomatis data akan diurutkan berdasarkan angkanya. 

Cara Mengurutkan Data Berdasarkan tanggal dan Waktu 

Jika Anda ingin mengurutkan data berdasarkan tanggal dan waktu, aka ikuti langkah-langkahnya di bawah ini. 

  1. Pilihlah kolom yang memuat tanggal ataupun waktu. 
  2. Setelah itu, pilih menu Data
  3. Pilih submenu sort Olders to Newest jika Anda ingin mengurutkan tanggal paling lama menuju tanggal terbaru. Serta, pilih Sort Newest to Oldest jika Anda ingin mengurutkan dari tanggal terbaru menuju ke tanggal terlama.
  4. Selesai deh, secara otomatis data akan diurutkan berdasarkan tanggal. 

Bagaimana? Bukankah dengan menggunakan Microsoft Excel pekerjaan menjadi lebih mudah, cepat da juga efisien? Cara mengurutkan data di Excel secara otomatis dengan tabel di atas bisa Anda coba untuk mengurutkan data Anda sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian, pekerjaan akan menjadi lebih cepat dan Anda tidak harus mengurutkan data secara manual yang memakan banyak waktu dan kadang terjadi kesalahan. 

Previous Post
Next Post

0 komentar: