Jumat, 09 April 2021

Cara Menghapus Menambah Baris dan Kolom pada Excel

Kolom dan baris pada Microsoft Excel sudah menjadi hal yang tidak dapat terpisahkan. Oleh sebab itu, dalam menggunakan Excel, Anda bisa menambah dan menghapus kolom dan baris tersebut sesuai dengan kebutuhan. Lantas, bagaimana cara menghapus menambah baris dan kolom pada Excel? Simak selengkapnya di bawah ini. 

Cara Menambah Kolom pada Microsoft Excel

Misalnya di sini Anda sudah memiliki daya dan sudah membentuk kolom dan baris di dalamnya. Kemudian Ada ingin menambahkan kolom tambahan di dalamnya. Perlu Anda tahu, kolom yang akan ditambahkan ini berada di bagian kiri header (table Columns to the Left) yang sedang Anda sorot. Adapun untuk menambahkan kolom, berikut ini adalah langkah-langkahnya. 

  1. Silahkan sorot header yang ingin Anda tambahkan kolom baru di dalamnya. 
  2. Jika sudah, langsung saja klik kanan 
  3. Kemudian pilih menu insert
  4. Pilih sub menu table columns to the left 
  5. Berilah nama kolom sesuai dengan kebutuhan. 

Dengan melakukan langkah di atas, aka kolom baru yang Ada butuhkan sudah jadi dan dapat digunakan tanpa merusak kolom sebelumnya. 

Cara Menambah Baris pada Microsoft Excel 

Selain menambahkan kolom, di Excel Anda juga bisa menambahkan baris di dalamnya. Sebagai contoh, Anda akan menambahkan baris yang berada di sisi atas dari sel yang sedang Anda sorot. Untuk menabahkan baris, langsung saja ikuti langkah-langkahnya di bawah ini. 

  1. Sorotlah salah satu sel pada baris yang ingin Anda tambahkan. 
  2. Jika sudah, langsung saja klik kanan 
  3. Kemudian klik menu insert. 
  4. Pilih sub menu Table Row Above 
  5. Maka baris secara otomatis akan ditambahkan. 

Dengan melakukan langkah di atas, maka baris baru yang Anda butuhkan sudah jadi dan dapat digunakan tanpa merusak baris sebelumnya. 

Cara Menghapus Baris dan Kolom pada Excel

Selain belajar cara menambah kolom dan baris, Ada juga perlu tahu bagaimana cara menghapus kolom dan baris tersebut. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam mengatur tabel yang akan digunakan. Terlebih menghapus kolom dan baris yang baru saja ditambahkan. 

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan ketika Anda menggunakan Microsoft Excel. Tidak hanya mengolah tabel dan data menjadi lebih mudah saja. Namun, Anda bisa menghapus kolom dan baris tanpa harus berpengaruh atau merusak data sel yang ada di luat tabel. 

Misalnya, terdapat sebuah tabel yang berisikan penjualan barang. Di dalam tabel tersebut Anda ingin menghapus baris yang berisikan penghapus jangkar serta kolom dengan judul total. Nah, untuk menghapus kolom dan baris tersebut, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini. 

  1. Sorotlah judul header (kolom) atau salah satu dari sel baris yang akan dihapus.
  2. Jika sudah, langsung saja klik kanan.
  3. Kemudian, pilihlah menu delete. 
  4. Nanti akan muncul perintah untuk menghapus kolom dan baris. Pada Table Columns digunakan untuk menghapus kolom. Sedangkan table Rows digunakan untuk menghapus baris. 
  5. Dengan demikian secara otomatis kolom dan baris sudah terhapus tanpa mengganggu data lainnya. 

Bagaimana? Bukankah sangat mudah cara menghapus menambah kolom dan baris pada Excel di atas? Anda bisa menerapkannya pada data yang da miliki tanpa harus merubah data yang sebelumnya. Cara ini tentunya akan memudahkan Anda dalam mengolah data di Excel dan menjadikan pekerjaan menjadi lebih cepat. 

Previous Post
Next Post

0 komentar: