Sabtu, 10 April 2021

Cara Menggunakan Vlookup Dengan 2 Tabel

Cara menggunakan Vlookup dengan 2 tabel sudah tentu diperlukan, terutama oleh Anda yang mungkin saat ini harus berhadapan dengan berbagai sheet pada Excel. Terlebih lagi jika tiap sheet pada Excel memerlukan adanya formula. Maka diperlukan fungsi Vlookup untuk mempermudah pengerjaan Anda terutama untuk melakukan pencarian data. 

Penggunaan rumus Vlookup juga bisa diterapkan pada 2 tabel data array yang mungkin saja mirip. Maka berbagai langkah untuk memilih tabel data secara tepat mungkin harus diketahui dan dipahami secara lebih lanjut. Sehingga nantinya perhitungan bisa dilakukan dengan menimbulkan hasil yang benar dan sesuai dengan keperluan ataupun kebutuhan pekerjaan Anda. 

Fungsi Vlookup

Sebenarnya Vlookup ini memiliki beberapa fungsi menarik, di antaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Fungsi Nilai yang Dicari. Menemukan nilai yang dicari tepatnya di bagian kolompertama dialam suatu tabel. Atau nilai yang dicari ini bisa saja dilakukan di bagian kolom paling kanan dari tabel referensi. Argumen ini bisa saja dalam bentuk angka dan teks ataupun dalam bentuk tanggal serta nilai tertentu yang ditulis secara langsung di referensi sel.
  2. Fungsi Tabel Referensi. Tabel referensi data ini terdiri dari 2 kolom atau bahkan bisa lebih. Maka Nilai yang Dicari dalam hal ini berada di dalam kolom pertama lebih tepatnya pada tabel data ini. 
  3. Fungsi Nomor Kolom. Umumnya suatu Nomor Kolom dari argumen Tabel Referensi yang mengandung nilai data bisa Anda ambil. Jika memang ingin mengambil nilai yang sebaris maka bisa digunakan posisi Nilai yang Dicari tepatnya pada bagian kolom pertama. 
  4. Fungsi Range Lookup. Umumnya bagian ini diisi dengan menggunakan nilai Boolean True atau False. Jadi nilai logika baik True ataupun False ini lebih bersifat mencari. Nilai logika yang digunakan dalam rumus Vlookup ini nantinya akan dipakai sebagai sebuah acuan untuk menetapkan apakah nantinya penggunaan Vlookup ini akan menemukan hasil yang sama persis tauakah hanya menemukan nilai yang mendekati. 

Rumus Vlookup dengan 2 Tabel

Adapun untuk dapat menghitung dan menggunakan rumus Vlookup dengan 2 tabel, sebaiknya lakukan langkah berikut ini.

  1. Untuk menjalankan fungsi ini maka pastikan bahwa Anda memiliki data dengan 2 tabel. Kedua tabel ini bisa saja terletak pada 1 sheet.
  2. Vlookup dengan 2 tabel data array umumnya argument fungsi Vlookup perlu dibuat secara otomatis dengan menyesuaikan kriteria argument Tabel Referensi. 
  3. Jika menginginkan data pada tabel 1 maka Vlookup menggunakan tabel data dengan referensi A1 atau sel awal hingga sel terakhir. Begitu pula jika Anda menginginkan jumlah pada tabel 2 maka fungsi Vlookup menggunakan tabel referensi dari sel awal hingga akhir. 
  4. Untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan 2 kriteria maka bisa pula digunakan 2 rumus Excel yang berbeda. 

Perhitungan Vlookup Antar Sheet

Sementara jika ingin menggunakan perhitungan Vlookup antar sheet, maka dapat melakukan hal berikut ini.

  1. Berikan nama range pada tabel Lookup yaitu pada sheet 1. Nama tabel ini bisa disesuaikan dengan keperluan. 
  2. Lakukan penyimpanan workbook yang dibuat dengan menekan tombol CTRL+S. Kemudian Anda bisa klik tombol Save dengan nama tertentu.
  3. Buatlah formula Vlookup dengan adanya nama range pada sheet. Hal ini perlu dilakukan dengan tujuan agar table array dapat digunakan. Lebih tepatnya table array dari formula Vlookup yang merupakan referensi dari range yang telah dibuat pada sheet 1. 
  4. Lakukan autofill yaitu pada sheet 2 yang telah diberi nama sama dengan saat Anda melakukan save terhadap file tersebut. Maka saat formula dimasukkan nantinya akan keluar sebuah notifikasi lebih tepatnya untuk memilih file. Pilihlah nama file yang telah disimpan pada langkah ke-2 termasuk pada saat melakukan autofill. 
  5. Formula akan berubah secara otomatis. Dengan adanya formula maka nilai yang dicari bisa ditemukan secara lebih mudah. 

Cara menggunakan Vlookup dengan 2 tabel di atas bisa diterapkan untuk dua data berbeda pada dua tabel. Maka nilai yang dicari nantinya bisa ditemukan secara lebih tepat. Dengan demikian perhitungan yang membutuhkan fitur seperti ini pada Excel tentu dapat berjalan lebih optimal. 

Previous Post
Next Post

0 komentar: