Jumat, 09 April 2021

Cara Menggunakan Freeze Di Excel Beberapa Kolom Dan Baris

Pernahkah Anda menggunakan Freeze pada Excel atau setidaknya mendengar istilah Freeze? Jika belum, Freeze adalah sebuah tombol yang digunakan untuk memerintahkan Excel agar tetap menampilkan kolom dan baris pada worksheet meskipun scrollbar bergeser. 

Biasanya, tombol ini digunakan pada saat Anda mengelola data dalam jumlah yang banyak. Lantas, bagaimana cara menggunakan Freeze di Excel beberapa kolom dan baris? Cari tahu jawabannya di sini. 

Tombol Perintah Freeze Panes 

Perlu Anda tahu, tombol Freeze Panes ini letaknya berada di ribbon View. Lebih tepatnya berada pada grup perintah Window. Dalam tombol perintah Freeze Panes ini terdiri dari tiga sub perintah. 

  • Freeze Panes: perintah ini digunakan untuk menampilkan beberapa kolom dan baris yang akan disorot pada sebuah sheet. 
  • Freeze Top Row: perintah ini digunakan untuk menampilkan baris pertama pada sheet yang sedang aktif. 
  • Freeze First Column: perintah ini digunakan untuk menampilkan kolom pertama pada sheet yang sedang terbuka (aktif). 

Cara Menggunakan Freeze Panes guna Membekukan Kolom dan Baris

Tombol perintah Freeze memiliki fungsi untuk membekukan kolom dan baris pada suatu sel. Cara menggunakan Freeze di Excel beberapa kolom dan baris pun cukup mudah. Berikut ini adalah ilustrasinya. 

Terdapat sebuah kolom dan baris yang berisi data. Nah, area kolom dan baris ini dibekukan yakni absolut freeze, vertikal Freeze, dan Horizontal Freeze. Absolut Freeze adalah sebuah range yang telah dibatasi oleh sel terpilih dan letaknya di bagian kiri atas. Range ini akan tetap ditampilkan pada saat vertical scrollbar dan horizontal scroll ball digeser. 

Sedangkan vertikal Freeze adalah sebuah range yang telah dibatasi oleh sel di bagian atas. Range ini juga akan tetap bisa ditampilkan pada saat vertical scrollbar bergeser. Sementara Horizontal Freeze adalah sebuah range yang dibatasi oleh range di sebelah kiri. Range ini akan tetap ditampilkan pada saat horizontal scrollbar digeser. 

Contoh

Terdapat tabel penjualan buku yang akan dilakukan freeze pada kolom hari dan jenis produk. Ikuti Langkah-langkah berikut untuk membekukan kolom. 

  1. Sorot bagian atas sel yang tidak akan di freeze. 
  2. Setelah itu klik Freeze Panes yang berada di menu ribbon View. 
  3. Dengan demikian sheet sudah bisa dibekukan dan Anda bisa melihat sendiri bagaimana perubahannya. 

Cara Non Aktifkan Freeze di Excel 

Jika Anda ingin menonaktifkan Freeze yang sudah dibekukan tadi. Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu memilih Unfreeze Panes yang berada pada menu ribbon View. Dengan demikian sheet akan kembali seperti semula sebelum dilakukan Freeze. 

Cara Menggunakan Freeze Top Row

Adapun cara yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan freeze Top Row sangat praktis. Caranya juga jauh lebih sederhana, berikut panduannya:

Contoh:

Terdapat sebuah tabel yang berisikan data. Dari tabel tersebut akan dilakukan freeze top row pada tabel penjualan. Berikut ini adalah langkahnya:

Silahkan pilih saja sembarang sel yang Anda inginkan pada sheet yang aktif. Jika sudah, langsung saja klik Freeze Row Top yang berada pada ribbon View. Dengan demikian baris pertama pada tabel ini telah dibekukan. 

Cara Menggunakan Freeze First Column 

Untuk Anda yang ingin membekukan baris pertama, Anda bisa mengikuti langkah ini. Pertama, silahkan klik sembarang sel di sheet yang masih aktif. Kemudian pilih Freeze Frist Column pada menu ribbon View. Secara otomatis, sheet baris pertama akan dibekukan. 

Bagaimana? Bukankah cara menggunakan Freeze di Excel beberapa kolom dan baris ini cukup mudah untuk dilakukan. Dengan menggunakan cara ini, Anda bisa membekukan kolom dan baris dengan lebih mudah. 

Previous Post
Next Post

0 komentar: