Sabtu, 10 April 2021

Cara Mengatur Regional Setting Komputer

Ketika menggunakan program pengolah angka Microsoft Excel, maka Anda perlu memperhatikan setting bahasa atau disebut setting regional komputer. Hal ini sangat berpengaruh terhadap rumus yang nantinya akan dituliskan maupun fungsi dari rumus tersebut. Lantas, bagaimana cara mengatur regional setting komputer? Simak di bawah ini. 

Cara Mengatur Regional Setting Windows 7 

Untuk Anda yang menggunakan Windows 7 dan ingin mengatur regional setting komputer, maka Anda bisa mengikuti langkah dari cara mengatur regional setting komputer di bawah ini.

  1. Silahkan cari menu Control Panel. Caranya adalah dengan klik Start kemudian pilih Control Panel.
  2. Pada jendela Control panel akan muncul beberapa pilihan. Silahkan pilih Clock language and Region dan Change display language untuk Anda yang menggunakan tampilan View by Category. 
  3. Namun, jika tampilan menu Anda view by small icon atau bahkan view large icon, silahkan pilih Region and Language. 
  4. Nah, pada tab format, cari saja Indonesian (Indonesia) dan klik. 
  5. Langkah terakhir langsung saja klik OK. 

Catatan: jika Anda menggunakan Windows selain 7, maka Anda bisa mengikuti langkah dan sesuaikan saja untuk pengaturan regionalnya. 

Perbedaan Regional Setting English (US) dengan Bahasa Indonesia

Sebenarnya, apa perbedaan jika Anda mengatur regional setting dengan English (US) dengan Bahasa Indonesia? Perlu Ada ketahui bahwa terdapat 7 perbedaan yang bisa Anda rasakan jika mengatur regional setting ini. Apa saja perbedaannya? Simak selengkapnya di bawah ini. 

1. Tanda pemisah ribuan 

Ketika Anda menggunakan English (US) maka untuk tanda pemisah ribuannya menggunakan tanda koma (,)contohnya : 1,000. Sedangkan jika Anda menggunakan bahasa Indonesia, maka tanda pemisah ribuannya menggunakan tanda titik (.) contohnya: 1.000. 

2. Tanda pemisah angka desimal 

Ketika Anda menggunakan English (US) maka tanda pemisah angka desimal menggunakan titik (.) contoh: 0.25. Sedangkan jika Anda menggunakan bahasa Indonesia, maka pemisah angka desimal menggunakan koma (,) contohnya: 0,25. 

3. Penamaan Hari 

Ketika Anda menggunakan English (US) maka penamaan hari menggunakan bahasa Inggris, contohnya: Sunday. Sedangkan jika Anda menggunakan bahasa Indonesia, maka penamaan hari menggunakan bahasa Indonesia, contohnya: minggu. 

4. Penamaan Bulan 

Ketika Anda menggunakan English (US) maka penamaan bulan menggunakan bahasa Inggris, contohnya: January-December. Sedangkan jika Anda menggunakan bahasa Indonesia, maka penamaan bulan menggunakan bahasa Indonesia, contohnya: Januari-Desember. 

5. Format default tanggal 

Ketika Anda menggunakan English (US) maka untuk format default tanggalnya adalah Bulan/tanggal/tahun. Sedangkan jika Anda menggunakan bahasa Indonesia, maka format default tanggalnya adalah Tanggal/Bulan Tahun. 

6. Tanda Mata uang 

Ketika Anda menggunakan English (US) maka untuk tanda mata uangnya adalah menggunakan Dollar ($). Sedangkan jika Anda menggunakan Bahasa Indonesia, maka tanda mata uangnya adalah rupiah (Rp). 

7. Pemisah Argumen 

Ketika Anda menggunakan English (US) maka dalam penulisan rumus Excel menggunakan tanda koma (,). Sedangkan jika Anda menggunakan bahasa Indonesia, maka untuk penulisan rumus menggunakan tanda pemisah titik koma (;). 

Oleh sebab itu, kadang pada saat menggunakan rumus salah menggunakan tanda karena tidak tahu regional setting komputernya menggunakan English (US) atau bahasa Indonesia. Untuk itu, bagi Anda yang akan menggunakan Microsoft Excel, ada baiknya atur terlebih dahulu regional setingnya. Anda bisa mencoba menggunakan cara mengatur regional setting komputer di atas agar lebih mudah dalam mengoperasikan Microsoft Excel.

Previous Post
Next Post

0 komentar: