Sabtu, 10 April 2021

Cara Mengaktifkan Tab Developer Excel

Cara mengaktifkan tab developer Excel yang menjadi bagian dari ribbon mungkin saja diperlukan untuk memaksimalkan fungsi dari fitur itu sendiri. Mungkin saja bagian tab developer ini tidak banyak diketahui dan dipahami, sebab menu ini perlu diinstal. Artinya menu ini tidak langsung bisa tampil pada saat Anda menginstal paket Microsoft Excel. Oleh karena itu untuk dapat menggunakannya maka menu ini haruslah diaktifkan secara manual. 

Tab developer ini sendiri memuat berbagai perintah yang berkaitan dengan tindakan pengembangan berbagai dokumen. Maka sudah tentu di dalamnya terdapat beberapa perintah. Dengan adanya berbagai perintah tersebut maka beragam kegunaan atau fungsi dari Microsoft Excel bisa semakin dimaksimalkan sehingga akan mempermudah segala pekerjaan Anda yang melibatkan peran dari fungsi Excel. 

Fungsi Tab Developer

Pertama-tama ketahui dulu fungsi dari tab developer ini, secara umum berikut ini fungsi-fungsinya.

  1. Membuat suatu program yang tentunya fungsi ini hampir sama dengan visual basic. 
  2. Mengembangkan dokumen yang dibuat dengan menggunakan fungsi Excel. Tentu saja untuk menggunakan fitur ini terlebih dahulu perlu dijalankan menu ribbon pada bagian Excel. 
  3. Mendefinisikan fungsi masing-masing yang ada pada bagian developer dari ribbon Excel.
  4. Menyisipkan form yang kemudian dapat diisi dan kemudian dapat dicetak. Untuk bisa menggunakannya maka klik menu File terlebih dahulu yang ada pada Microsoft Excel.
  5. Mendefinisikan beberapa script sekaligus untuk mempermudah perhitungan yang perlu dilakukan secara berkala. Tab developer akan membantu Anda dalam melakukan perhitungan tersebut tanpa harus menghitung dari awal. 

Mengaktifkan Tab Developer Excel 2007

Untuk mengaktifkan tab developer pada Microsoft Excel keluaran tahun 2007, berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan.

  1. Bukalah aplikasi Microsoft Excel 2007 untuk bisa melakukan klik pada Microsoft Excel Button. Menu ini terletak di bagian pojok kiri tepatnya di atas worksheet.
  2. Kemudian pilihlah Excel Options yang akan dijumpai di layar
  3. Jika kotak dialog Excel Options muncul maka pilihlah bagian Popular
  4. Centang Show Developer tab in the Ribbon yang akan muncul setelahnya
  5. Untuk menyimpan pengaturan tersebut bisa dilakukan klik pada tombol OK.

Mengaktifkan Tab Developer Excel 2010, 2013, 2016 Cara Pertama

Lain halnya menggunakan Microsoft Excel tahun 2010, 2013, dan 2016. Untuk dapat mengaktifkan tab developer, cara yang pertama bisa melalui langkah-langkah berikut ini.

  1. Aktifkan program Microsoft Office Excel terlebih dahulu
  2. Setelah itu klik kanan pada bagian ribbon dimana saja untuk kemudian memilih menu Customize the Ribbon hingga nantinya akan munculkotak dialog
  3. Perhatikan di bagian sebelah kanan dan pastikan Main Tabs aktif
  4. Kemudian centang bagian Developer Check Box.

Mengaktifkan Tab Developer Excel 2010, 2013, 2016 Cara Kedua

Adapun langkah lainnya untuk dapat mengaktifkan tab developer pada Microsoft Excel keluaran 2010, 2013 dan 2016 adalah sebagai berikut.

  1. Untuk cara kedua bisa tetap menjalankan program Microsoft Excel lalu memilih menu File
  2. Selanjutnya pilih atau klik menu Options hingga muncul kotak dialog Excel Option
  3. Setelah itu pilih Customize Ribbon
  4. Namun jika opsi Developer belum ditampilkan maka perhatikan lebih lanjut di bagian Choose Commands form
  5. Kemudian pilih Main Tabs
  6. Pada Main Tabs klik bagian Developer dan dilanjutkan dengan klik Add 
  7. Maka nantinya akan muncul menu Developerlagi dan Anda bisa mencentangnya 
  8. Kemudian klik OK untuk menyelesaikan proses mengaktifkan Tab Developer Excel.

Cara mengaktifkan tab developer tentunya harus diawali dengan pemahaman terhadap fungsi ribbon terlebih dahulu. Termasuk pemahaman terhadap menu file dan menu home sekaligus menu insert dan juga menu page layout atapun berbagai menu lainnya yang bia dijumpai pada ribbon Excel. 

Tab developer sendiri merupakan bagian dari ribbon Excel dengan tingkat lanjut yang umumnya digunakan untuk memenuhi berbagai keperluan yang bersifat lebih kompleks. Oleh karena itu proses penerapannya dan berbagai langkah untuk mengaktifkannya perlu dilakukan dengan cara yang tepat agar tab developer dalam ribbon Excel ini bisa difungsikan dengan tepat.  

Previous Post
Next Post

0 komentar: