Minggu, 11 April 2021

Cara Mengacak Urutan Angka di Excel

Mengacak urutan angka terkadang menjadi hal yang perlu dilakukan. Misalnya saja, seorang guru akan membuat kelompok untuk mata pelajaran tertentu. Nah, untuk memudahkan ia membuat kelompok tanpa adanya diskriminasi, maka mengacak nomor absensi adalah hal yang tepat untuk dilakukan. 

Selain itu, mengacak nomor juga bisa dilakukan guna keperluan penelitian, utamanya adalah mengacak sample yang hendak digunakan. Dengan pengacakan tersebut nantinya akan didapatkan hasil penelitian yang cenderung lebih objektif.

Lantas, bagaimana cara mengacak urutan angka tersebut agar lebih praktis?

Nah, untuk mengacak urutan, Anda bisa menggunakan Microsoft Excel. Software ini bisa diandalkan untuk mengacak urutan dengan mudah dan simple. Tidak hanya itu, urutan pun akan akurat dan bisa diaplikasikan untuk beberapa keperluan yang berbeda.

Menggunakan Fungsi RAND Excel Untuk Mengacak Urutan Angka

Untuk mengacak urutan angka dengan menggunakan Excel, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan fungsi RAND. Fungsi ini akan membantu Anda untuk mengacak urutan angka dengan lebih mudah dan cepat.

Tidak hanya itu, untuk mengacak angka dengan menggunakan rumus RAND, langkah yang perlu dilakukan pun cenderung cukup mudah. Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menggunakan rumus RAND ini adalah sebagai berikut:

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan angka terurut yang nantinya akan dijadikan angka acak. Tentu saja, Anda bisa menuliskan data tersebut dengan bebas sesuai dengan keperluan. Untuk memudahkan, Anda bisa menggunakan data di bawah ini.



2. Selanjutnya, tambahkan sebuah kolom dummy. Kolom ini nantinya akan digunakan untuk menempatkan rumus Excel sebagai sebuah kolom bantu untuk mengacak urutan angka yang nantinya akan dilakukan. Dalam hal ini, dengan menggunakan data di atas, Anda bisa mengatur kolom C.

3. Masukkan rumus Excel dengan menggunakan fungsi RAND guna membuat angka acak di setiap sel pada kolom C yang tadinya hendak digunakan.

4. Masukkan rumus RAND tersebut pada sel C2 kemudian copy paste atau tarik hingga sampai sel C11. Untuk memudahkan, Anda bisa melihat contoh data dan penerapan rumus di bawah ini. Rumus yang digunakan adalah =RAND ().



5. Jika sudah dimasukkan, maka setiap kali kalkulasi Excel, angka akan menghasilkan detail angka random antara 0 – 1 dalam angka desimal yang ditunjukkan pada range C2:C11 tersebut.

6.Langkah lanjutan yang perlu dilakukan adalah melakukan sortir data yang terdapat pada kolom C. Langkah ini untuk mengacak angka atau nomor pada kolom A. Untuk ilustrasi dari penggunaan data tersebut, Anda bisa melihat gambar di bawah ini.



7. Untuk mengurutkan data yang hendak disajikan, gunakan menu short atau menu filter yang tertera pada gambar. Dalam hal ini, Anda bisa mengecek di bagian tab data dan pilih group short and filter. Jika diperlukan, Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang fitur filter tersebut .

8. Jika sudah selesai, Anda bisa menghapus kolom dummy yang berisi rumus RAND tersebut dan Anda bisa melihat urutan dari data yang dimasukkan tadi.

9.Selesai.

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai bagaimana cara untuk mengacak urutan angka yang bisa dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel. Dengan cara ini, Anda bisa mengacak nomor dengan lebih mudah. Selain itu, hasil pengacakan dengan menggunakan cara ini cenderung lebih objektif dan bisa digunakan untuk beragam kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Latest
Next Post

0 komentar: