Sabtu, 10 April 2021

Cara Mengacak Nama Di Excel

Dalam kondisi tertentu, terkadang Anda diharuskan untuk mengacak atau merandom nama dalam susunan tertentu. Namun Anda tidak perlu khawatir, Microsoft Excel memiliki sederet fungsi yang siap membantu user dalam menuntaskan pekerjaannya.

Salah satunya yaitu fungsi RANDBETWEEN, di mana fungsi tersebut digunakan untuk mengacak angka di Excel. Meskipun secara default berfungsi untuk mengacak angka, namun pengguna juga dapat memanfaatkan fungsi tersebut untuk mengacak nama dengan cara menambahkan fungsi lain. 

Cara mengacak nama di Excel dapat Anda lakukan dengan kombinasi fungsi RANDBETWEEN dengan fungsi VLOOKUP dan juga INDEX. Berikut penjelasan lengkapnya:

Cara Mengacak Nama di Excel

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa mengacak nama pada Ms Excel dapat dilakukan dengan menggunakan kombinasi fungsi RANDBETWEEN + INDEX juga VLOOKUP. 

Cara Mengacak Nama di Excel dengan Rumus VLOOKUP

Rumus VLOOKUP pada Excel berfungsi untuk mengambil isi data dalam suatu sel dengan argumen atau syart tertentu. Untuk dapat mengacak nama dengan rumus VLOOKUP, pertama Anda akan membutuhkan nomor urut yang telah terpasang berderet bersamaan nama yang akan diacak.

Melalui nomor urut tersebutlah yang nantinya akan diacak oleh RANDBETWEEN dan selanjutnya dari nomor itu akan diambil nama yang sesuai dengan nomor urutnya. Untuk lebih jelasnya, simak contoh di bawah ini:

 

A

B

C

D

1

No

Nama

Hasil Acak

 

2

1

Ahmad

Ahmad

 

3

2

Basuki

Basuki

 

4

3

 

Ahmad Basuki

 

5

4

 

 

 

6

5

 

 

 

7

6

 

 

 

Rumus yang digunakan pada contoh diatas adalah:

=VLOOKUP(RANDBETWEEN(1;2);$A$2:$B$3;2;0))

Di mana argumen 1 dan 2 merupakan jumlah nama yang ingin Anda acak. Apabila namanya 5 maka Anda dapat mengganti angka 2 dengan angka 5. 

Cara Mengacak Nama di Excel dengan Rumus INDEX

Untuk mengacak nama atau random nama pada worksheet Excel, Anda dapat menggunakan kombinais rumus antara INDEX, RANDBETWEEN serta tambahan 1 lagi rumus COUNTA. 

Perhatikan contoh di bawah ini.

 

A

B

C

D

1

List Nama

 

 

 

2

Ani 1

 

 

 

3

Ani 2

 

 

 

4

Ani 3

 

 

 

5

Ani 4

 

 

 

6

Ani 5

 

 

 

7

Ani 6

 

 

 

8

Ani 7

 

 

 

9

Ani 8

 

 

 

10

Ani 9

 

 

 

11

Ani 10

 

 

 

12

 

 

 

 

13

 

 

 

 

Secara umum, rumus INDEX mempunyai sistematika seperti berikut ini:

=INDEX(reference; row_num; [column_num]; [area_num])

Untuk mengacak nama pada Excel, argumen [column_num] serta [area_num] boleh diabaikan karena memang tidak diperlukan dan bersifat opsional. Berdasarkan contoh sheet di atas, maka reference yang digunakan adalah A2:A1, di mana reference tersebut adalah range data dengan nama yang akan diacak. 

Sementara argumen row_num akan diisi dengan rumus Excel berikut:

RANDBETWEEN(1;COUNTA(A2:A11))

Rumus RANDBETWEEN tersebutlah yang nantinya akan menentukan hasil acak nama yang Anda buat. Pada umumnya, rumus RANDBETWEEN pada Excel memiliki sintaksis seperti di bawah ini:

=RANDBETWEEN(AngkaTerkecil; AngkaTerbesar)

Angka terkecil diisi dengan angka 1, sementara angka terbesar akan diisi dengan rumus Excel yang lain yaitu:

COUNT(A2:A11)

Dalam hal ini, rumus COUNTA berfungsi untuk mengitung jumlah list atau data nama yang akan Anda random. Karena contoh yang digunakan cukup sederhana, maka rumus COUNTA tersebut dapat Anda ubah dengan angka 10, yakni jumlah list nama. Sehingga akan menjadi:

=INDEX(A2:A11;RANDBETWEEN(1;10))

Kombinasi rumus Excel yang digunakan untuk mengacak nama tentu saja mempunyai fungsi masing-masing. Di mana rumus RRANDBETWEEN berfungsi untuk menghasilkan angka acak pada list 1 hingga 10, dan dari aka acak tersebut digunakan oleh fungsi INDEX agar menentukan data yang akan dihasilkan.

Setelah rumus di atas berhasil Anda input, maka langkah selanjutnya adalah dengan menekan tombol F9 pada keyboard. Selain itu, Anda juga dapat melakukannya dengan memilih Tab Formulas kemudian pada Grup Calculation pilihlah Calculate Now dan pengacakan secara berulang dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Previous Post
Next Post

0 komentar: