Sabtu, 10 April 2021

Cara Menemukan & Menghapus Data Ganda Duplikat Excel

Dalam pembuatan data Excel, salah satu masalah yang kerap terjadi dan tentu saja sangat mengganggu adalah data yang ganda. Masalah ini terjadi umumnya karena tidak teliti saat memasukkan data yang digunakan. 

Nah, sebenarnya, Microsoft Excel memiliki mekanisme yang bisa digunakan untuk menemukan serta menghapus data ganda yang ada pada lembar kerja tersebut. Hanya saja, beberapa pengguna belum mengetahui bagaimana cara untuk menemukan serta menghapus data ganda dan duplikat pada file Excel tersebut.

Pada kesempatan ini akan dibahas tentang bagaimana cara menemukan dan menghapus data ganda file Excel. Penasaran dengan cara yang bisa digunakan untuk mengatasi data ganda tersebut? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Cara Mudah Menemukan dan Menghapus Data Ganda di File Excel

Berbincang tentang cara untuk menemukan dan menghapus data ganda yang ada di file Excel, ada beberapa langkah yang bisa Anda gunakan. Adanya beberapa cara tersebut tentu akan memudahkan Anda untuk mengatasi masalah data ganda yang mengganggu.

Adapun beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah data ganda file Excel ini adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan fitur remove duplicate

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk menemukan dan menghapus data ganda pada file Excel adalah dengan menggunakan fitur remove duplicate. Ini adalah cara yang cukup mudah untuk diterapkan dan tidak memerlukan tambahan aplikasi. Hal ini dikarenakan remove duplicate adalah fitur bawaan dari Microsoft Excel.

Untuk mengatasi masalah data dengan cara ini, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan. Langkah yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Sorot range data yang akan dicari data ganda untuk ditemukan atau dihapus
  • Jika sudah, klik tab data dan pilih group data tools
  • Selanjutnya, klik menu remove duplicates
  • Ketika muncul kotak dialog lalu centang bagian my data has header 
  • Kemudian, pilih beberapa kolom yang tertera sesuai dengan kebutuhan 
  • Klik OK
  • Jika langkah yang dilakukan di atas benar, nantinya data duplikat atau ganda pada range Excel yang dibuat sudah dihapus

Bisa dilihat jika cara ini termasuk cukup mudah untuk dilakukan. Hanya saja, Anda perlu berhati-hati terutama saat memilih kolom agar tidak salah pilih terkait data yang akan dihapus. 

2. Menggunakan fitur advanced filter

Cara lain yang juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah data ganda atau duplikat pada file Excel yang Anda kelola adalah dengan menggunakan fitur advanced filter. Ini adalah cara yang cukup efektif dan mudah digunakan.

Untuk mengatasi masalah data ganda dengan cara ini, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan, yaitu:

  • Sorot data yang akan dihilangkan data ganda atau duplikatnya 
  • Klik tab data kemudian pilih group sort and filter
  • Pilih menu advanced
  • Akan ada kotak dialog yang muncul. Isikan beberapa kolom yang muncul sesuai dengan perintah yang diinginkan. Dalam hal ini, pastikan Anda mengisi data yang ingin dihapus dengan benar pada opsi list range
  • Centang pada opsi unique records only
  • Klik OK
  • Selesai.

Dengan cara kedua ini, Anda bisa menghapus data ganda dengan mudah. Tentu, nantinya data Excel Anda akan bisa diperbaiki sesuai keinginan.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang bagaimana cara untuk menemukan serta menghapus data ganda pada file Excel yang Anda kelola. Dengan cara di atas, Anda bisa menyajikan data Excel yang lebih bagus lagi. Semoga bermanfaat. 

Previous Post
Next Post

0 komentar: