Selasa, 06 April 2021

Cara Menambah Quick Access Toolbar pada Excel

Microsoft memiliki beragam software yang sangat membantu dalam mengolah data (Ms Word) dan mengolah angka (Ms Excel).  Karena pekerjaan yang menumpuk, Anda sering membutuhkan cara cepat dalam  mengolah angka atau data pada Excel, bukan? Salah satu hal bisa dilakukan adalah ialah dengan menambah Quick Access Toolbar pada Excel.

Apa sebenarnya Quick Access Toolbar itu? Quick Access Toolbar merupakan toolbar yang membantu Anda dalam mengakses perintah dengan cepat serta dapat disesuaikan dengan perintah yang sering digunakan.    

Beberapa hal yang bisa Anda tambahkan pada Quick Access Toolbar antara lain adalah tools yang tak terlihat di Ribbon serta macros yang telah dibuat dan Command Button. Secara umum, Quick Access Toolbar memiliki beberapa perintah, diantaranya:

  • Icon Disket berfungsi untuk menyimpan dokumen.
  • Icon kiri berfungsi untuk Undo.
  • Icon kanan berfungsi untuk Redo.
  • Kemudian Drop Down merupakan tombol costumasi Quick Access Tollbar

Lantas bagaimana cara menambahkan quick access toolbar? Yuk simak panduan lengkapnya di bawah ini ya:

Cara Menambahkan Quick Access Toolbar Via Drop Down

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan tombol drop down. Cara ini merupakan cara paling umum, adapun langkahnya yaitu:

  1. Klik icon Drop Down pada Quick Access Toolbar
  2. Apabila perintah yang Anda inginkan berada pada list, silahkan klik perintah tersebut hingga muncul tanda √ (centang).
  3. Namun jika tidak ada,  Anda bisa klik “More Commands” .
  4. Setelah itu, tentukan pilihan apa yang ingin Anda tambahkan, misalnya Anda ingin menambahkan “Insert Symbols” maka klik “Choose commands from” lalu pilih “Insert Tab” 
  5. Kemudian, pilih “Insert Symbols” lalu klik “Add” dan klik “OK”
  6. Selesai, kini icon “Insert Symbols” sudah muncul pada deretan Quick Access Toolbar.

Cara Menambahkan Quick Access Toolbar Via Ribbon

Cara yang kedua ini adalah cara termudah dan bisa jauh lebih cepat dari cara sebelumnya. Berikut ini cara menambahkan Quick Acces Toolbar  pada Excel melalui Ribbon:

  1. Pertama, tentukan terlebih dahulu apa yang ingin Anda tambahkan ke Quick Access Toolbar, misalnya “Copy”.
  2. Langkah yang perlu dilakukan yaitu hanya perlu mengklik kanan icon “Paste” kemudian pilih “Add tp Quick Access Toolbar”.
  3. Selesai! Icon Paste telah berhasil ditambahkan ke Quick Access Toolbar.

Cara Menghapus Icon pada Quick Access Toolbar Termudah

Selain menambahkan perintah pada Quick Access Toolbar, Anda juga dapat menghapusnya. Caranya juga sangat mudah, yaitu hanya perlu klik kanan pada perintah yang ingin dihapus. Kemudian pilih “Remove from Quick Access Toolbar”. Sekarang perintah telah berhasil dihapus dan hilang pada Quick Acces Toolbar.

Cara Menghapus Icon Quick Access Toolbar melalui More Command

Anda juga dapat menghapus icon perintah melalui dialog more command. Cara ini memang bisa dikatakan sedikit ribet jika dibandingkan dengan cara yang pertama. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan yaitu:

  1. Pertama, klik icon “Drop Down” pada Quick Access Toolbar
  2. Selanjutnya pilih “More Commands”
  3. Pilih icon yang ingin Anda hapus pada kotak dialog sebelah kanan, yaitu merupakan icon yang telah terpasang pada Quick Access Toolbar.
  4. Misalnya Anda ingin menghapus icon “Copy”, maka pilih “Copy” dan klik “Remove”
  5. Terakhir klik “OK”. Kini icon Copy telah menghilang dari Quick Access Toolbar.

Jadi, itu dia bagaimaca cara menambah Quick Access Toolbar pada Excel yang paling mudah dan cepat. Jika Anda ingin menghapusnya, di atas juga sudah disampiakan bagaimana tutorialnya ya! Semoga bermanfaat. 

Previous Post
Next Post

0 komentar: