Sabtu, 10 April 2021

Cara Memproteksi File Excel

Memberikan proteksi pada file Excel seringkali menjadi hal yang perlu untuk dilakukan. Secara umum, tujuan dari proteksi dari file Excel tersebut adalah untuk membatasi akses pengguna terkait isi file Excel tersebut. Dengan pembatasan ini nantinya file Excel cenderung lebih aman dari beberapa gangguan yang bisa menyebabkan corrupt ataupun disalin.

Perlu diketahui, secara default, Microsoft Excel memberikan fitur untuk memberikan proteksi file tersebut. Hanya saja, beberapa pengguna masih belum mengetahui bagaimana cara memproteksi file Excel tersebut.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa hal terkait cara untuk memproteksi file Excel yang Anda miliki. Bagaimana cara yang bisa dilakukan? Simak beberapa ulasan selengkapnya!

Langkah Untuk Memproteksi File Excel

Berbincang tentang memberikan proteksi pada file Excel, perlu diketahui bahwa file yang diproteksi nantinya hanya akan bisa dibuka oleh pengguna atau seseorang yang memiliki password. Atau, pengguna lain nantinya hanya bisa membuka file tersebut dalam opsi read only tanpa bisa mengambil isi dari file tersebut.

Sebagaimana disinggung di awal, proteksi ini diperlukan untuk mengamankan file dari kemungkinan penyalinan yang tidak bertanggung jawab. Juga, proteksi akan menghindarkan file dari perubahan atau penghapusan yang disengaja ataupun tidak.

Nah, terkait proteksi pada file Excel, secara default, Microsoft Excel memiliki 3 level proteksi yang bisa digunakan. Adapun level proteksi yang dimaksud diantaranya adalah level proteksi file, level proteksi workbook, dan juga level proteksi sheet atau worksheet.

Lalu, bagaimana cara untuk memberikan proteksi pada file Excel tersebut? 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memberikan proteksi pada file Excel tersebut. Beberapa cara yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Melakukan enkripsi file dengan password

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memberikan proteksi pada file Excel adalah melakukan enkripsi menggunakan password. Cara ini bisa dikatakan cukup sederhana dan simple.

Dengan cara ini nantinya file Excel tidak akan dibuka kecuali pengguna tersebut mengetahui password yang diberikan. Adapun langkah untuk melakukan enkripsi file dengan menggunakan password tersebut adalah sebagai berikut:

  • Klik file
  • Pilih opsi info dan pilih protect workbook
  • Selanjutnya, pilih encrypt with password
  • Masukkan password yang akan digunakan untuk memproteksi file Excel tersebut
  • Masukkan kembali password atau kata sandi yang telah dimasukkan sebelumnya 
  • Ketik OK
  • Selesai 

Sekilas, cara di atas sangat mudah untuk dilakukan. Nah, jika Anda ingin menghapus password tersebut, ulangi cara di atas dan matikan password untuk file yang diinginkan.

2. Mengatur password untuk membuka dan mengubah file

Cara kedua ini juga bisa digunakan untuk memproteksi file Excel. Dengan cara ini. Anda bisa menggunakan dua password sekaligus untuk tingkat proteksi yang lebih aman.

Adapun langkah untuk memberikan proteksi file Excel dengan cara ini adalah sebagai berikut:

  • Klik menu file, lalu pilih save as dan tentukan folder untuk menyimpan file Excel tersebut
  • Pada kotak dialog save as, pilih menu tool dan pilih opsi general options
  • Selanjutnya, tentukan password yang digunakan untuk membuka serta mengubah isi file Excel yang digunakan. Pada poin ini, Anda bisa mengisi keduanya atau salah satu saja sesuai kebutuhan. Jika ingin menggunakan dua macam, maka Anda harus membedakan password satu dengan lainnya 
  • Langkah selanjutnya, centang opsi read-only recommended 
  • Selesai 

Cara kedua ini juga cukup efektif untuk memberikan perlindungan pada file Excel sebagaimana yang diinginkan. Dengan cara ini, pengguna lain tidak bisa mengubah isi file Excel melainkan hanya mengubah nama file tersebut. 

Nah, beberapa cara di atas bisa digunakan untuk memberikan proteksi file Excel yang dikehendaki. Tentu saja, dengan memberikan proteksi pada file tersebut, file Excel yang Anda miliki akan cenderung lebih aman dari kemungkinan kerusakan ataupun lainnya. 

Selain dua cara di atas, sebenarnya Anda juga bisa memberikan proteksi file Excel lainnya. Adapun cara yang bisa digunakan adalah dengan menandai file Excel sebagai file final serta membatasi file dengan cara restrict access.

Demikian beberapa ulasan tentang cara memproteksi file Excel yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat. 

Previous Post
Next Post

0 komentar: