Sabtu, 10 April 2021

Cara Membuat Grafik Pivot Table dan Fungsi Pivot Chart di Excel

Graphic pivot table atau yang disebut juga pivot chart merupakan salah satu fitur grafik dari menu tabel pivot yang cukup sering digunakan. Detail chart ini digunakan untuk melakukan representasi data tertentu dengan jelas. Tidak hanya itu, fitur ini juga bisa diandalkan guna mempercepat pembuatan grafik untuk menunjukkan detail dari suatu data yang hendak ditampilkan.

Memahami tentang grafik pivot tentu menjadi hal yang cukup penting. Dengan pemahaman ini, nantinya Anda bisa mendapatkan ide lain untuk menampilkan data tertentu dengan lebih baik sesuai dengan kebutuhan. 

Letak Tombol Perintah Pivot Chart

Meskipun sepele, mengetahui letak tombol perintah pivot chart merupakan hal penting agar Anda tidak bingung untuk menggunakannya. Letak pivot chart ada di salah satu bagian ribbon insert, tepatnya di bagian grup chart.

Untuk memudahkan Anda mencari di mana perintah pivot chart tersebut, lihat ilustrasi di bawah ini.

Untuk membuka tombol perintah pivot chart, Anda hanya perlu mengklik ribbon insert. Kemudian, arahkan cursor ke kanan pada menu chart dan pilih menu pivot chart. Sangat praktis, bukan?

Cara Membuat Pivot Chart Menggunakan Microsoft Excel

Beberapa dari Anda mungkin belum familiar dengan pivot chart. Oleh karenanya, pembahasan mengenai cara untuk membuat pivot chart menjadi relevan dan penting untuk Anda. Hanya saja, perlu diketahui bahwa sebelum Anda membuat pivot chart, maka Anda perlu membuat pivot tabel terlebih dahulu. Pivot tabel ini adalah detail yang dituliskan berdasarkan dari data yang nantinya akan dibuat menjadi sebuah grafik.

Untuk memudahkan Anda memahami bagaimana cara untuk membuat pivot chart tersebut, maka akan diilustrasikan dengan data sebagai berikut:

  

Data di atas adalah detail data yang nantinya akan dibuat menjadi grafik pivot. Sebagai tambahan, nomor nota tersebut merupakan nomor unik yang didapatkan dari pemesan dalam sehari.

Nah, data di atas akan dibuat menjadi grafik yang menjelaskan tentang banyaknya produk dari 7 pesanan dalam data tersebut. Untuk membuat grafik pivot, ada beberapa langah yang harus Anda lakukan. Adapun langkah pembuatan grafik pivot tersebut adalah sebagai berikut:

1. Membuat pivot table yang bersumber dari data

Sebagaimana disinggung di awal, pivot table menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Nah, susun data yang dimiliki menjadi sebuah data sebagaimana ilustrasi di atas.

2. Mengatur pivot table field

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengatur pivot table field. Untuk mengatur detail pivot table field, maka Anda perlu menyesuaikan rows dan column yang terdapat pada drag fields.

Misalnya, untuk data yang tersaji di atas, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam mengatur pivot table field. Beberapa hal tersebut adalah:

  • Mencentang nomor nota terlebih dahulu dengan tujuan untuk membuat grup data pada grafik yang akan tersaji.
  • Mencentang produk guna membuat grup data pada grafik.
  • Mencentang jumlah untuk memberikan nilai data pada grafik yang akan dibuat.
  • Untuk memudahkan Anda, lihat ilustrasi langkah di atas pada gambar di bawah ini.

3. Membuat pivot chart

Jika table pivot sudah selesai dibuat, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuat pivot chart. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu untuk menyorot table yang sudah disediakan tersebut. Kemudian, klik pivot chart yang terdapat pada ribbon insert seperti langkah yang telah dijelaskan sebelumnya.

4. Memindahkan table pivot ke sheet baru

Hal lain yang berkaitan dengan table pivot adalah memindahkan table tersebut ke sheet yang baru. Sebenarnya, poin ini merupakan opsional saja. Artinya, Anda tidak harus melakukannya. Hanya saja, jika Anda merasa perlu, maka Anda bisa memindahkan table pivot ke sheet yang baru.

Untuk memindahkan table pivot tersebut, ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu:

  • Sorot keseluruhan table pivot yang telah dibuat sebelumnya.
  • Klik pada ribbon analyze, setelah itu pilih move pivot table sehingga ada jendela move pivot table yang terbuka.
  • Lalu, pilih new worksheet di mana nantinya akan menjadi lokasi memindahkan table pivot tersebut.
  • Klik OK untuk memindahkan.
  • Selesai.

Jika dilihat sekilas, maka memindahkan table pivot ke sheet yang baru cukup mudah. Selain memindahkan table pivot tersebut, Anda juga bisa melakukan custom pada data pivot. Proses ini umumnya dilakukan guna menambah detail agenda ataupun data.

Untuk melakukan custom table tersebut, Anda bisa menggunakan drag fields area. Adapun langkah lengkap untuk dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Kembali ke sheet awal dan sorot pivot chart yang sudah dibuat. Langkah ini akan memunculkan field list yang terdapat pada selection pane.
  • Klik kanan pada grafik dan pilih show field list.
  • Lakukan custom pada data pivot yang tersedia sesuai dengan kebutuhan.
  • Selesai.

Dengan beberapa langkah di atas, Anda sudah berhasil membuat grafik pivot sesuai kebutuhan. Siapkan data Anda dan coba langkah di atas!

Previous Post
Next Post

0 komentar: