Sabtu, 10 April 2021

Cara Membuat Grafik di Excel dan Contohnya

Grafik adalah salah satu cara presentasi data yang bisa dibuat dengan menggunakan Excel. Hanya saja, Anda harus membuat grafik yang menarik untuk menunjukkan data dengan jelas agar bisa dipahami dengan mudah. 

Nah, berkenaan dengan grafik tersebut, sebenarnya secara default, Microsoft Excel telah menyediakan grup perintah chart. Grup ini merupakan kumpulan dari beragam jenis grafik yang bisa dibuat menggunakan software Microsoft Excel. Tentu, dengan adanya grup ini Anda akan cenderung lebih mudah untuk memilih mana grafik Excel yang paling tepat untuk menyajikan data.

Mengenal Jenis Grafik Microsoft Excel

Sebagaimana disinggung di awal, Microsoft Excel menyediakan cukup banyak opsi grafik yang bisa digunakan untuk menyajikan data dengan lengkap, jelas dan sesuai dengan kebutuhan. Adanya beberapa grafik nantinya akan memudahkan Anda memilih mana grafik yang paling tepat.

Adapun jenis-jenis grafik yang tersedia di Microsoft Excel untuk dipertimbangkan adalah sebagai berikut:

  • Column
  • Line
  • Pie
  • Bar
  • Area
  • Scatter
  • Stock
  • Surface
  • Radar
  • Tree map
  • Sunburst 
  • Histogram 
  • Box and whisker
  • Waterfall
  • Combo

Jika dijumlah, maka ada 15 jenis grafik yang tersedia di Microsoft Excel. Dalam hal ini, ada baiknya jika Anda melihat detail dari masing-masing grafik tersebut guna mengetahui seperti apa tampilan grafik tersebut sehingga data yang Anda miliki bisa disajikan dengan tepat dan jelas. 

Grup Perintah Chart atau Grafik

Pada ulasan di atas telah disebutkan, Microsoft Excel menyediakan cukup banyak jenis grafik yang bisa digunakan untuk menyajikan data tertentu. Nah, untuk melihat opsi dari grafik tersebut, Anda bisa mengklik ribbon insert kemudian melihat recommended charts yang tersedia.

Di sini Anda bisa membuat grafik dengan cara melakukan drag range pada data yang akan dijadikan tabel. Selain itu, Anda juga bisa membuatnya dengan cara membuat tabel Excel sehingga nantinya Anda tidak perlu melakukan drag namun, hanya sorot pada salah satu sel Excel tertentu untuk membuat sebuah grafik yang sesuai.

Cara Membuat Grafik pada Microsoft Excel

Lantas, bagaimana cara untuk membuat grafik pada Microsoft Excel?

Nah, pertanyaan ini cukup sering ditanyakan. Dalam kesempatan ini akan ditunjukkan bagaimana cara untuk membuat grafik, terutama grafik kolom atau column yang cukup sering digunakan untuk menyajikan atau merepresentasikan data. Perlu diketahui, grafik column sendiri juga dikenal dengan istilah grafik batang.

Untuk memudahkan pemahaman saat melihat contoh, ada beberapa kasus yang akan dijadikan ilustrasi contoh grafik yang akan dibuat, yaitu:

  • Grafik penjualan barang berdasarkan dari jenis suatu barang yang ada di sebuah perusahaan selama satu bulan
  • Grafik tinggi badan rata-rata yang didasarkan dari jenis kelamin siswa di sebuah taman kanak-kanak
  • Grafik detail dari hasil voting suatu acara pemilihan pemilu.

Contoh kasus di atas bisa disajikan dalam bentuk grafik yang berbeda, mulai dari grafik batang, grafik garis ataupun jenis grafik lainnya. Keterbacaan menjadi salah satu pertimbangan penting saat hendak memilih jenis grafik yang akan digunakan. Selain itu, jenis grafik juga tergantung dari kasus yang terjadi.

Nah, di bawah ini ada ilustrasi contoh grafik kolom yang menampilkan data barang dari sebuah toko alat tulis. Adapun data tersebut adalah sebagai berikut:

Untuk membuat grafik dengan menggunakan data di atas, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Langkah tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Blok detail dari data range yang akan dijadikan grafik kolom
  2. Jika sudah, klik opsi atau ribbon insert di bagian atas jendela Excel dan pilih recommended chart. Nantinya, jendela insert chart akan terbuka dan Anda bisa memilih chart atau grafik kolom yang akan digunakan
  3. Selanjutnya, tab all chart kemudian klik column untuk memilih grafik kolom
  4. Pilih jenis kolom yang akan digunakan untuk menyajikan data tersebut, kemudian tekan opsi OK
  5. Geser grafik kolom yang hendak dibuat
  6. Selanjutnya, tambahkan grafik dengan mengedit chart title. Tentu saja, judul chart harus sesuai dengan detail data yang akan disajikan
  7. Jika diperlukan, Anda bisa melakukan formatting chart secara manual. Proses ini digunakan untuk mengubah detail grafik yang dibuat mulai dari mengubah warna, mengubah ketebalan, dan lainnya. Anda bisa memunculkan opsi format ini dengan cara melakukan double klik pada area tabel grafik. Adapun beberapa poin editing yang bisa diterapkan adalah:
  8. Fill and line : opsi untuk mengubah warna serta jenis garis elemen yang dipilih pada grafik yang dibuat
  9. Effect : opsi untuk memberikan detail efek visual pada elemen yang dipilih
  10. Size properties : opsi yang digunakan untuk mengubah ukuran dari elemen yang dipilih agar keterbacaan grafik menjadi lebih maksimal .
  11. Anda sudah berhasil membuat grafik sesuai kebutuhan
  12. Demikian cara membuat grafik di Excel yang simple. Semoga bermanfaat.

Previous Post
Next Post

0 komentar: