Sabtu, 10 April 2021

Cara Membuat Dropdown List di Excel

Pernahkah Anda mendengar istilah Dropdown list pada penggunaan Microsoft Excel? Ini adalah sebuah fitur yang berguna untuk menginput data dari daftar yang sudah ada dengan cepat. Lantas, bagaimana cara membuat dropdown list di Excel? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Cara Membuat Dropdown List dengan Comna-Separated Values

Cara membuat dropdown list di Excel pertama yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan Comna-Separated Values. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Bukalah data yang akan di dropdown list. Kemudian klik sel yang akan di drop down list sesuai dengan kebutuhan. Di sini, Anda bisa memilih lebih dari satu sel, termasuk untuk jenis sel yang terpisah dengan cara menekan tombol CTRL dan klik sel yang diinginkan. 
  2. Setelah itu, lanjutkan dengan klik pada tab Data, kemudian pilih Data Tools, dan klik Data Validation. 
  3. Nantinya akan muncul tab setting. Nah, di sini ada bagian Allow, silahkan pilih list, dan ada bagian Source silahkan ketikkan isi dropdown list yang dipisahkan dengan menggunakan koma atau titik koma tergantung komputer Anda. Jangan lupa untuk kota In-cell dropdown diberi tanda centang. 
  4. Langkah terakhir silahkan klik Ok maka dropdown list sudah selesai dibuat. 

Cara Menghapus Dropdown List di Excel

Setelah mempelajari cara membuat dropdown list di Excel, maka Anda juga perlu tahu bagaimana cara menghapus dropdown list ini. Adapun langkah-langkahnya antara lain sebagai berikut: 

  1. Langkah pertama, silahkan klik dari salah satu dropdown list yang akan dihapus. 
  2. Jika sudah, lanjutkan dengan Ta Data, kemudian pilih Data Tools, dan klik Data validation.
  3. Jangan lupa untuk memberikan tanda centang pada kota Apply these changes to all other cells with the same settings. Tujuannya adalah untuk menghapus semua dropdown list yang mana isinya sama pada lembar kerja Anda. 
  4. Jangan lupa untuk klik tombol Clear All untuk menghapus dropdown list. 
  5. Langkah terakhir klik Ok dan dropdown list sudah berhasil dihapus. 

Cara Edit Dropdown List di Excel 

Nah, bagi Anda yang ingin mengedit dropdown list yang sudah dibuat misalnya dengan menambah atau menguranginya. Yuk ikuti langkah-langkah mengedit dropdown list di bawah ini. 

  1. Silahkan klik salah satu dropdown list pada lembar kerja Anda.
  2. Kemudian tab Data dan pilih grup Data Tools lalu klik Data Validation. 
  3. Nantinya akan muncul Tab Setting  yang akan menampilkan dropdown list milik Anda. Hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuat perubahan sesuai dengan yang diinginkan. Jika sudah, jangan lupa untuk memberikan tanda centang pada Apply these changes to all other cells with the same settings. Tujuannya adalah agar perubahan yang Anda lakukan ini berlaku sama pada semua dropdown list. 
  4. Langkah terakhir, langsung saja klik Ok, dan secara otomatis dropdown list sudah berhasil di edit sesuai dengan yang Anda inginkan. 

Perlu diketahui bahwa dropdown list sebenarnya bisa di Copy paste langsung ke lembar kerja Anda yang baru. Namun, untuk menambah dan menghapus dropdown list hanya bisa dilakukan pada lembar kerja yang sama saja.

Bagaimana? Bukankah mudah cara membuat dropdown list di Excel? Untuk Anda yang masih penasaran, langsung saja coba cara di atas dan buktikan saja bahwa dengan dropdown list input data menjadi lebih mudah. 

Previous Post
Next Post

0 komentar: