Sabtu, 10 April 2021

Cara Membuat Diagram Lingkaran Excel atau Pie Chart

Diantara beberapa jenis diagram yang ada dalam Microsoft Excel, pie chart atau diagram lingkaran menjadi salah satu jenis diagram yang cukup sering digunakan untuk menyajikan data. Diagram ini adalah bentuk visualisasi data yang dimasukkan dalam sebuah lingkaran dan kemudian dibagi menjadi irisan sebagai wakil nilai numerik dari sebuah data tertentu.

Umumnya, diagram lingkaran digunakan untuk menampilkan data dengan sebuah variable numerik tunggal. Hanya saja, diagram ini nantinya juga bisa digunakan untuk menampilkan jenis data lainnya. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beragam hal terkait diagram lingkaran untuk menjadi referensi serta tambahan pengetahuan.

Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!

Jenis Pie Chart

Ada beberapa jenis diagram lingkaran yang bisa digunakan. Secara umum, tentu saja, masing-masing jenis diagram lingkaran tersebut memiliki kesamaan, terutama dalam bentuk. Hanya saja, jika dilihat dari detail, maka ada beberapa perbedaan diantara masing-masing jenis pie chart tersebut.

Adapun beberapa jenis pie chart yang ada di Microsoft Excel adalah sebagai berikut:

  • Pie
  • 3D pie
  • Pie of pie
  • Bar of pie
  • Doughnut

Adanya beberapa jenis diagram lingkaran tersebut tentu akan membuat Anda lebih leluasa untuk menggunakan detail diagram lingkaran sesuai dengan kebutuhan. Tentu, ada baiknya jika Anda memahami detail dari setiap jenis diagram lingkaran tersebut.

Cara Membuat Diagram Lingkaran atau Pie Chart di Microsoft Excel

Sebenarnya, cara membuat diagram lingkaran menggunakan Microsoft Excel tidak jauh berbeda dengan membuat jenis diagram lainnya. Untuk memudahkan Anda memahami cara pembuatan diagram ini, ada ilustrasi tentang jumlah penduduk Asia Tenggara yang akan disajikan dengan pie chart.

Data untuk contoh dan ilustrasi tersebut adalah sebagai berikut:

Cara Membuat Diagram Lingkaran Excel atau Pie Chart

Data di atas merupakan rincian tentang jumlah penduduk di negara kawasan Asia Tenggara. Data tersebut akan ditampilkan dengan bentuk presentasi diagram lingkaran. Untuk mengubah data di atas menjadi diagram lingkaran, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan.

Detail langkah yang dimaksud untuk membuat diagram lingkaran menggunakan data di atas adalah sebagai berikut:

  1. Sorot tabel atau range data yang akan dijadikan diagram lingkaran. Sesuai data di atas, maka sorot mulai dari nama negara hingga populasi ke bawah kecuali total.
  2. Klik ribbon insert lalu pilih ikon diagram lingkaran yang tersaji di sebelah kanan. 
  3. Jika sudah, pilih jenis diagram lingkaran atau pie chart yang akan digunakan. Dalam hal ini, Anda bisa memilih beberapa jenis diagram lingkaran sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya .
  4. Secara otomatis, data yang tadinya berbentuk tabel akan diubah menjadi bentuk diagram lingkaran sesuai detail pie chart yang sudah dipilih.
  5. Selanjutnya, atur tata letak dari pie chart dengan cara menggeser letak diagram ataupun mengubah ukuran dari pie chart tersebut. Pengaturan ini cukup penting untuk meningkatkan readability dari data yang akan disajikan.
  6. Jika diperlukan, Anda bisa memilih data yang akan ditampilkan melalui fitur select. Misalnya, dari data di atas, Anda hanya ingin menampilkan negara dengan populasi terbanyak. Dengan cara ini, Anda bisa menghapus data lain, terutama negara dengan populasi yang sedikit. 
  7. Mengubah judul diagram lingkaran yang dibuat dengan cara klik dua kali di posisi judul.
  8. Selesai.

Demikian ulasan tentang cara membuat pie chart atau diagram lingkaran dengan menggunakan Microsoft Excel. Caranya cukup mudah bukan? Anda bisa mencobanya dengan data yang Anda miliki!

Previous Post
Next Post

0 komentar: