Sabtu, 10 April 2021

Cara Memberi Nama Range Pada Excel

Memberi nama range pada Excel adalah hal yang cukup penting untuk dilakukan. Dengan pemberian nama tersebut, tentu saja nantinya Anda akan mendapatkan kemudahan dalam menggunakan data Excel tersebut.

Perlu diketahui, nama range merupakan sebuah nama yang digunakan untuk melakukan identifikasi pada sebuah alamat range atau sebuah sel dalam data Microsoft Excel. Selain itu, nama range juga bisa digunakan untuk memudahkan Anda dalam membuat sebuah formula pada data Excel yang digunakan.

Misalnya saja, Anda memiliki range A1:A7 dalam suatu data Excel yang menunjukkan data tentang gaji. Dalam hal ini, Anda bisa membuat nama range “gaji” untuk memudahkan Anda melakukan perhitungan pada data tersebut. 

Pemahaman terkait pemberian nama range pada Excel ini umumnya digunakan dalam sebuah formula lookup function. Nah, terkait pemberian nama range tersebut, setidaknya ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk memberikan nama tersebut, seperti name box, create from selection dan define name. 

Fundamental Dalam Pemberian Nama Range Excel

Sebelum membahas tentang bagaimana cara untuk memberikan nama pada Excel, ada beberapa fundamental atau aturan yang harus diketahui sebelumnya. Pemahaman mengenai fundamental ini tentu saja sangat penting agar Anda semakin mudah untuk memberikan nama tersebut. Selain itu, pada dasarnya pemberian nama range juga harus mengikuti aturan.

Adapun beberapa aturan atau fundamental terkait pemberian nama range Excel tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Nama range yang digunakan harus diawali dengan karakter yang valid, seperti abjad dari a-z, underscore (_), atau backlash (\). Selain itu, nama range Excel tidak bole diawali dengan angka (0 – 9)
  2. Nama yang tertera pada range Excel tidak boleh mengandung spasi
  3. Maksimal karakter untuk membuat nama range Excel adalah 255
  4. Nama range tidak boleh mengandung atau menggunakan referensi sel Excel
  5. Nama range Excel tidak boleh ditulis dengan kombinasi huruf kecil dan besar

Nah, beberapa poin di atas adalah aturan yang harus digunakan ketika Anda ingin membuat nama range Excel pada data yang Anda miliki. Gunakan aturan tersebut dan buat nama range yang tepat untuk membantu Anda mengolah data Excel.

Ragam Cara Memberi Nama Range Excel

Sebagaimana disinggung di awal, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat nama range Excel. Adanya beberapa cara tersebut tentu saja akan memberikan kemudahan dan keleluasaan bagi Anda untuk memberi nama range Excel sesuai kebutuhan.

Adapun beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat nama range Excel adalah sebagai berikut:

1) Menggunakan Name Box

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk membuat nama range Excel adalah dengan menggunakan name box. Bisa dikatakan jika cara ini adalah yang paling mudah untuk diaplikasikan dan cenderung banyak dipakai oleh pengguna Excel.

Untuk memberi nama range dengan menggunakan name box ini, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan yaitu:

  • Sorot range atau sel pada data sheet Excel yang akan diberi nama
  • Selanjutnya, klik atau pilih name box. Opsi ini berada di sebelah kiri dari formula bar di aplikasi Microsoft Excel Anda
  • Tulis nama range Excel yang Anda inginkan dan tetap memperhatikan kaidah atau fundamental yang tertera
  • Tekan enter untuk menambahkan nama range
  • Selesai

Sekilas, cara untuk memberi nama range Excel dengan name box tampak sangat mudah. Anda hanya perlu memperhatikan fundamental pemberian nama agar nama yang dimasukkan bisa ditambahkan.

2) Menggunakan new name box dialog

Cara lain yang bisa digunakan untuk membuat nama range Excel adalah menggunakan new name box dialog. Menggunakan new name box dialog juga merupakan langkah yang cukup sederhana dan cukup mudah.

Untuk memberikan nama range Excel dengan new name box dialog, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, yaitu:

  • Sorot range data Excel yang akan diberi nama
  • Selanjutnya, pada menu tab formulas, pilih group define name dan pilih define name
  • Selain langkah di atas, untuk membuka new name dialog box, Anda juga bisa menggunakan tab formulas, lalu memilih group define name, memilih name manager dan memilih opsi new
  • Pada opsi name, tulis nama range yang Anda inginkan menurut fundamental yang ditetapkan
  • Pada bagian scope, pilih workbook agar nama range Excel yang ditambahkan bisa digunakan untuk semua sheet pada workbook 
  • Pada bagian comment, tulis deskripsi dari range yang dimaksud. Bagian ini bisa dibiarkan kosong jika tidak dikehendaki
  • Pada bagian refers to, pastikan Anda merujuk pada referensi sel atau range yang diawali dengan tanda “=” atau sama dengan
  • Klik OK untuk menyelesaikan pemberian nama range tersebut
  • Selesai 

Penggunaan new name box dialog ini bisa digunakan sebagai opsi untuk memberikan nama range dengan mudah. Memang, cara ini sedikit lebih panjang, hanya saja dengan langkah di atas, Anda bisa memberikan nama tanpa kesulitan.

3) Menggunakan create name from selection dialog box

Untuk memberikan nama range Excel, Anda juga bisa menggunakan opsi create name from selection dialog box. Cara ketiga ini cukup menarik untuk diaplikasikan karena nantinya nama range akan dibuat secara otomatis pada setiap kolom yang digunakan dan juga baris yang mengikuti label.

Jika Anda ingin memberikan nama range Excel dengan cara ini, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Beberapa langkah tersebut adalah sebagai berikut:

  • Sorot range data yang akan digunakan, termasuk kolom dan baris yang akan dijadikan acuan
  • Selanjutnya, klik opsi tab formulas, lalu pilih group define name dan pilih opsi create from selection
  • Selanjutnya, akan muncul kotak dialog box create name from selection. Nah, pada bagian ini tentukan bagian mana saja yang akan dijadikan acuan penamaan range
  • Klik OK dan lihat pada opsi menu manager untuk memastikan jika nama range yang ditambahkan tersebut sudah sesuai dan benar
  • Selesai 

Tentu saja, cara ini cukup mudah untuk diterapkan. Anda hanya tinggal mengikuti beberapa langkah di atas.

Nah, demikian beberapa ulasan terkait cara pemberian nama range Excel dengan beberapa opsi cara yang berbeda. Anda tentu bisa memilih mana cara yang sesuai dan paling mudah. Semoga bermanfaat.

Previous Post
Next Post

0 komentar: