Sabtu, 10 April 2021

Cara Grouping Rentang Angka Tanggal Teks Pada Pivot Table

Cara grouping rentang angka tanggal teks pada pivot table sebenarnya bisa dilakukan dengan lebih mudah. Terutama jika Anda familiar dengan program Microsoft Excel dan telah mengetahui berbagai langkah tepat untuk melakukannya. 

Namun ada kalanya beberapa orang mengalami kesulitan di dalam hal ini. Maka dari itu untuk yang belum paham, Anda bisa menerapkannya melalui berbagai tahap seperti di bawah in.  Baik untuk melakukan pengelompokan terhadap angka dan tanggal maupun untuk mengelompokkan data teks pada pivot table. 

Pengelompokan Angka pada Pivot Table

Hal pertama yang akan kita bahas yaitu cara pengelompokan angka pada pivot table. Untuk dapat melakukan hal tersebut, berikut ini langkah-langkah penting yang harus dilaksanakan.

1. Klik kanan

Mengelompokkan data berupa angka pada pivot table bisa dilakukan dengan langkah awal klik pada sebalah kanan mouse. Klik kanan ini dilakukan pada salah satu bagian field row atau coloumn pivot table. Lakukan hal ini pada area row yang dapat dikelompokkan dengan jelas.

2. Pilih opsi Group

Sesudah klik kanan pada bagian field row atau coloumn pivot table, maka selanjutnya pilihlah opsi Group yang ada pada menu popup. Setelah melakukan hal tersebut, maka Anda harus beralih ke tahapan selanjutnya.

3. Sesuaikan rentang pengelompokan

Nantinya setelah anda melakukan klik pada opsi Group maka selanjutnya akan muncul Grouping Dialog Box. Pada bagian ini sudah terisi secara otomatis tepatnya mengenai saran rentang pengelompokan angka. Sebaiknya isi sesuai dengan keperluan sehingga dapat dilakukan pengelompokkan sesuai tujuan.

4. Klik tombol OK

Jika seluruh tahapan di atas telah dilakukan, maka selanjutnya Anda bisa menyesuaikan rentang pengelompokan sesuai dengan kebutuhan. Dalam hal ini bisa digunakan range grouping atau rentang pengelompokan. Selanjutnya jangan lupa untuk klik tombol OK untuk menerapkan pengelompokan tersebut. 

Pengelompokan Tanggal Pivot Table

Cara berikut yang tidak kalah penting untuk diperhatikan yaitu mengelompokkan tanggal pivot table. Bagi yang ingin tahu detailnya, ikuti saja beberapa langkah yang tertulis berikut ini. 

1. Klik kanan dan pilih opsi Group

Untuk melakukan pengelompokan pada data yang berupa tanggal juga bsia dilakukan dengan cara yang hampir sama dengan pengelompokan angka di atas. Jadi langkah awal yang bisa dilakukan adalah degan melakukan klik kanan pada salah satu bagian field row atau pada coloumn pivot table yang memang akan dikelompokkan. Selanjutnya pilihlah Group pada menu popup yang akan diikuti dengan munculnya Grouping Dialog Box secara otomatis. 

2. Sesuaikan tipe dan rentang pengelompokan

Setelah melalui tahapan awal maka Anda bisa menyesuaikan tipe dan rentang pengelompokan yang memang dikehendaki. Umumnya untuk tipe data tanggal ini bisa dikelompokkan ke beberapa tipe sekaligus. Contoh seperti misalnya dengan melakukan pengelompokan grouping by months atau melakukan pengelompokan grouping by years. Tentukan sesuai dengan kebutuhan yang nantinya akan diperlukan. 

3. Klik tombol OK

Jika tahapan di atas telah dilakukan maka Anda bisa langsung beralih ke tahapan selanjutnya yaitu klik tombol OK. Dengan mengklik tombol OK maka hal ini berarti bahwa penerapan pengelompokan atau grouping telah dilakukan. 

4. Jika terjadi error

Mungkin saja saat melakukan proses grouping data ternyata terjadi error dan muncul kolom Cannot Group Selection di layar. Bila hal ini terjadi maka Anda bisa menghapus atau menyesuaikan ulang data teks tersebut. Setelah itu lakukan refresh data. 

Pengelompokan Data Teks Pivot Table Secara Manual

Terakhir yaitu cara untuk mengelompokkan data teks pivot table secara manual. Untuk mempermudah, berikut ini langkah-langkahnya.

1. Dilakukan secara manual

Pengelompokan data yang hadir dalambentuk teks sebenarnya tidak bisa dilakukan dengan cara yang terkesan otomatis. Maka hal ini haruslah dilakukan secara manual. Jadi pengelompokan teks data dapat dilakukan secara manual sesuai dengan kebutuhan. 

2. Pilih 2 item atau lebih

Grouping data teks pada pivot table bisa dilakukan dengan langkah awal memilih 2 item atau lebih. Nantinya 2 item atau lebih yang dipilih ini akan dibuat hingga menjadi 1 kelompok atau group. 

3. Klik kanan dan pilih menu Group

Jika tahap di atas telah dilalui maka Anda bisa berlanjut ke tahap berikutnya yaitu klik kanan dan pilih menu Group. Menu Group bisa ditemukan di bagian popup yang muncul. 

4. Lakukan pada item lain

Berbagai langkah di atas bisa diterapkan pada beberapa item lainnya. Maka seluruh item nantinya bisa dikelompokkan sesuai dengan keinginan Anda. Sedangkan nama sel atau group juga bisa diganti sesuai keinginan. 

Cara grouping rentang angka tanggal teks pada pivot table seperti di atas tentu akan membantu Anda dalam melakukan pengelompokan pada pivot table. Maka fungsi dari Excel sendiri bisa semakin dimaksimalkan dengan adanya cara tersebut. Pekerjaan jauh lebih mudah sehingga cepat selesai dan dapat digunakan dengan optimal.

Previous Post
Next Post

0 komentar: