Rabu, 07 April 2021

Cara Cepat Rumus Penjumlahan Excel Otomatis

Dalam Microsoft Excel, salah satu fungsi yang paling sering digunakan oleh para user adalah rumus penjumlahan otomatis. Menariknya, disini Anda bukan hanya bisa menggunakan satu perintah saja. Melainkan beberapa model perintah, seperti menggunakan tanda plus “+” sebagai operator penjumlahan, rumus SUM, dan juga menggunakan autofill.

Rumus Penjumlahan Ms. Excel ke Bawah Antar Excel

Rumus penjumlahan yang paling sering digunakan adalah penjumlahan ke bawah. Rumus penjumalahan Excel ke bawah ini termasuk penerapan autofill dalam  melakukan perhitungan otomatis. Dimana user hanya perlu memasukkan rumus pada satu sel saja, kemudian langsung lakukan autofill dan total penjumlahan yang diinginkan akan muncul otomatis.

Contohnya: 

Di bawah ini adalah contoh tabel penjualan produk di Provinsi Bali dan Jawa Timur selama satu minggu. Jika Anda ingin menghitung total penjualan di setiap Provinsi. berikut langkah-langkahnya.


Fitur Referensi Pada Microsoft Excel

Dari tabel di atas, tertulis data penjualan di dua provinsi setiap hari. Nah, untuk menjumlahkan Excel ke bawah, Anda bisa mencoba cara berikut:

1. Mereferensikan alamat sel pada formula penjumlahan teratas

Untuk menemukan jumlah penjualan pada sel D3, Anda bisa menuliskan rumus berikut

=B3+C3

2. Lakukan autofill dari sel D3 ke bawah

Selanjutnya lakukan autofill dari sel D3 ke bawah sampai dengan sel D9.

3. Perhitungan Excel otomatis ke bawah pun jadi.


Rumus Jumlah Otomatis (SUM)

Jika Anda membutuhkan peerhitungan dari beberapa range atau sel, maka bisa menggunakan rumus jumlah otomatis atau SUM. Format penulisan rumus SUM adalah sebagai berikut:

=SUM(sel1, sel2, range1, range2, …)

Contoh : Untuk menghitung total penjualan di Provinsi Bali setiap minggu

Dari tabel di atas, untuk mengetahui total penjualan mingguan di Provinsi Bali, Anda bisa menjumlahkan penjualan dari hari Senin sampai hari Minggu. Karena data-data penjualan tersebut berada pada sel B3 sampai dengan B9, maka bisa ditulis B3:B9.

Jadi formula yang bisa Anda gunakan pada sel B10 adalah:

=SUM(B3:B9)

Selanjutnya tekan Enter dan akan muncul total penjualan mingguan di Provinsi Bali yakni sebanyak 258 pcs.

Rumus Penjumlahan Excel ke Samping

Sama seperti rumus penjumlahan ke bawah, Excel juga menawarkan formula penjumlahan ke samping menggunakan autofill. 

Contoh: Untuk menghitung jumlah penjualan di Provinsi Jawa Timur dan juga total keseluruhan.

Anda bisa langsung lakukan autofill ke samping pada sel yang sudah memuat rumus SUM tadi. Untuk contoh menggunakan tabel di atas, maka Anda bisa drag sel B10 sampai sel D10.

Setelah itu lepas mouse, dan hasil penjumlahan ke samping akan muncul, yakni penjualan di Bali sejumlah 258 pcs, di Jawa Timur 538 pcs dan total penjualan keseluruhan 796 pcs.

Rumus Penjumlahan Excel Otomatis dengan Tabel Pivot

Ketika Anda bekerja dengan data terbatas, beberapa cara di atas mungkin akan sangat membantu. Namun jika data yang Anda olah banyak, maka cara-cara di atas terasa kurang efektif.

Sehingga untuk memangkas pekerjaan, Anda bisa menggunakan tabel pivor. Tabel Pivot ini dapat melakukan perhitungan secara cepat dan melakukan filter data yang dijumlahkan secara otomatis.

 

Fitur Filter pada Microsoft Excel

Bagaimana, ada kesulitan untuk dengan rumus-rumus penjumlahan Exel otomatis?

Dengan menerapkan rumus-rumus di atas, Anda bisa mempersingkat waktu kerja dan meminimalisir pekerjaan seefisien mungkin. Bahkan untuk pekerjaan dengan jumlah data yang cukup banyak pun bisa diatasi menggunakan tabel Pivot.

Previous Post
Next Post

0 komentar: