Selasa, 06 April 2021

AutoCorrect: Menggunakan dan Menonaktifkan Spelling pada Microsoft Excel

AutoCorrect pada Excel adalah fitur yang dapat membantu Anda dalam melakukan input data baik berupa string atau teks dengan cepat, dan untuk melakukan koreksi secara otomatis pada data worksheet ketika terjadi kesalahan spelling.

Kosa kata yang salah akan diubah ketika Anda menekan spasi atau berpindah sel setelah menginput kata yang salah tersebut. Jika Anda kurang nyaman dengan adanya fitur tersebut, maka AutoCorrect dapat dinonaktifkan. Lantas bagaimana cara menggunakan dan menonaktifkan spelling pada Excel? 

Menggunakan AutoCorrect pada Excel

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, AutoCorrect memiliki fungsi atau kegunaan yang berkaitan dengan koreksi ketika terjadi kesalahan spelling data. Penjelasan lain mengenai kegunaan dari AutoCorrect pada Excel dapat Anda lihat di bawah ini:

  1. Membuat shortcut otomatis perihal keyword yang sering Anda gunakan. Ms Excel akan memberikan Anda rekomendasi ketika awal mengetikkan kata.
  2. Mengoreksi kata atau string ketika terjadi kesalahan ketik. Contohnya : “bahyaa” menjadi “bahaya” pada sel.
  3. Mengoreksi kesalahan dalam menggunakan huruf kapital. Contohnya “minggu” menjadi “Minggu”.
  4. Membantu Anda memasukkan symbol khusus yang tidak dapat diakses secara langsung oleh keyboard. Contohnya ketika Anda mengtik “:)” maka menjadi “😊”.

Selain kegunaan di atas, fitur AutoCorrect juga dapat mempercepat proses pengetikan, misalnya ketika Anda ingin menulis bulan Januari, maka Anda hanya perlu mengetik “Janu” saja dan Ms Excel akan menyarakan Januari dengan hanya menekan spasi atau enter. 

Selain itu, Anda juga dapat menambah atau menghapus kosa kata pada spelling Excel, lho. Lalu bagaimana caranya?

Cara Menambah Kosakata Spelling pada Microsoft Excel

Adapun cara menambah kosakata pada spelling Ms Excel yaitu:

  1. Pilih Tab File pada Ribbon Ms Excel.
  2. Kedua, pilih Options hingga dialog Excel Options terbuka.
  3. Selanjutnya klik Proofing → AutoCorrect Options → AutoCorrect
  4. Klik Add.
  5. Kemudian, masukkan kosakata yang ingin Anda tambahkan pada kolom Replace dan kata pengganti pada kolom With. Cotohnya “resiko” pada Replace dan “risiko” pada With.
  6. Klik Ok pada jendela Auto Correct dan klik OK lagi pada jendela Excel Options.

Cara Menambah Exceptions atau Pengecualian Kosakata Spelling pada Microsoft Excel

Jika ada kata yang ingin Anda kecualikan untuk dikoreksi, maka Anda dapat menambahkan exceptions atau pengecualian kosakata. Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan langkah seperti di atas hingga jendela AutoCorrect terbuka. Selanjutnya pilih Exceptions. Langkah selanjutnya yaitu:

  • Setelah dialog AutoCorrect Exceptions terbuka, klik Add pada First Letter untuk menambahkan pengecualian koreksi kosakata. Contohnya, faktor agar tidak menjadi factor.
  • Dan klik Add pada Intial Caps untuk menambahkan pengecualian koreksi huruf kapital. Contohnya IDs.
  • Terakhir klik OK untuk menyimpan perubahan.

Cara Menonaktifkan Spelling pada Excel

Jika Anda merasa kurang nyaman atau tidak suka dengan fitur AutoCorrect, maka Anda dapat menonaktifkannya. Caranya juga sangat mudah yaitu:

  1. Klik Tab File pada Ribbon Microsoft Word.
  2. Selanjutnya pilih Options.
  3. Klik Proofing lalu AutoCorrect Options dan pilih AutoCorrect.
  4. Setelah jendela AutoCorrect terbuka, selanjutnya unlist atau hilangkan tanda centang pada fitur yang ingin dinonaktifkan dan klik OK.

Fitur yang telah Anda unlist tadi antara lain berisi:

  • Show AutoCorrect Options buttons Berguna untuk menampilkan tombol AutoCorrect pada Ms Excel. Lebih disarankan untuk tetap mengaktifkan fitur tersebut.
  • Correct TWo Initial Capitals. Berguna untuk mengoreksi huruf kedua, jika huruf pertama dan kedua pada kata yang diinput berupa huruf kapital. Contohnya MErupakan kemudian menjadi Merupakan.
  • Capitalize first letter of sentences Berguna untuk mengubah huruf pertama pada kalimat dengan huruf kapital.
  • Capitalize names of day Mengoreksi penulisan pada nama hari.
  • Correct accidental use of cAPS LOCK key Mengoreksi kata atau kalimat ketika tombol Caps Lock tidak sengaja aktif.
  • Replace text as you type Memperbaiki spelling berdasarkan library atau history kata yang sering Anda gunakan.

Informasi mengenai  AutoCorrect: menggunakan dan menonaktifkan spelling pada Excel di atas dapat membantu Anda menentukan, apakah Anda membutuhkannya atau tidak. Anda juga akan lebih mudah menyesuaikan penggunaan AutoCorrect pada Excel.

Previous Post
Next Post

0 komentar: