Jumat, 09 April 2021

Auditing: Melacak, Melihat, dan Memastikan Formula Excel

Auditing adalah sebuah formula yang berupa tombol perintah pada suatu ribbon formulas untuk melacak formula, menampilkan formula, serta memastikan formula. Formula auditing ini berfungi untuk memudahkan pekerjaan dalam hal mengecek data pada saat bekerja dengan menggunakan banyak sel. Yuk kenali formula auditing: melacak, melihat dan memastikan formula Excel di bawah ini. 

Trace Precedentc 

Apa itu trace precedentc? Ini adalah tombol perintah yang bisa digunakan untuk melacak dengan cara menampilkan tanda panas dari sel yang akan mempengaruhi hasil akhir dari formula yang akan diuji. 

Untuk menggunakan fitur ini, Anda hanya perlu memilih sel mana yang akan dilacak. Setelah itu langsung saja klik Trace Precedents pada ribbon Formulas di Microsoft Excel. 

Tombol Perintah Trace Dependents 

Tombol trace dependentc yaitu sebuah tombol yang digunakan untuk melacak serta menampilkan tanda panah yang berasal dari formula bar menuju ke sel yang nilainya akan diuji. Bagi Anda yang ingin menggunakan fitur ini mudah saja. Anda hanya perlu memilih sel yang akan dilacak kemudian dilanjutkan dengan klik Trace Dependents. 

Contoh:

 


Seseorang akan melakukan Trace dependents pada sel D5. Di sini natinya akan muncul tanda panah dari sel D5 menuju ke sel lain yang nilainya dipengaruhi oleh sel D5. Beberapa sel ini antara lain adalah A2, A7 dan F5. Jika tombol ini digunakan, maka ketiga sel yang berhubungan dengan sel D5 juga nilainya akan berubah. 

Tombol Perintah Remove Arrows 

Remove Arrows merupakan sebuah tombol yang digunakan untuk menghapus symbol/tanda panah pada perintah Trace Precedents serta Trace Dependents. Nah, dalam tombol ini terdapat 3 buah sub perintah diantaranya sebagai berikut:

  • Remove Arrows, digunakan sebagai salah satu cara untuk menghapus semua arrows. 
  • Remove precedent, digunakan sebagai salah satu cara untuk menghapus semua arrows yang berasal dari Trace Precedents.
  • Remove Dependent, digunakan sebagai salah satu cara untuk menghapus semua arrows yang telah dihasilkan oleh Trace Depentents. 

Tombol Perintah Show Formulas 

Apa itu tombol perintah Show Formulas? Ini merupakan tombol yang digunakan untuk memunculkan formula yang ada pada sel. Lebih mudahnya, Microsoft Excel akan menampilkan sebuah angka dari hasil eksekusi suatu formula.

Dengan menggunakan perintah ini, maka Anda akan lebih mudah melihat semua tampilan file untuk mengoreksi data pada sel. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan shortcut keyboard Ctrl+ guna memudahkan proses eksekusi dari perintah ini. 

Tombol Perintah Error Checking 

Tombol perintah Error Checking ini memiliki fungsi untuk mendeteksi error atau kesalahan pada sel yang masih aktif. Penggunaan formula Error Checking bertujuan untuk memudahkan pengguna memastikan apakah formula yang dibuat sudah benar atau tidak terlebih, ketika digunakan untuk mengerjakan data dalam jumlah yang banyak. 

Tombol Perintah Evaluate Formula 

Perintah Evaluate Formula adalah sebuah tombol yang memiliki fungsi untuk melakukan evaluasi pada formula melalui sel dan range yang ada di Microsoft Excel. Perintah ini bisa berguna apabila Microsoft Excel sudah disetting untuk melakukan evaluasi formula secara otomatis. 

Selain itu, tombol ini juga bisa digunakan untuk memerintah formula dalam melakukan eksekusi secara bertahap ada suatu formula yang menggunakan fungsi bertingkat. 

Tombol Perintah Watch Window 

Tombol yang satu ini digunakan untuk melacak serta melihat adanya perubahan dari suatu sel berdasarkan dari nilai sel lainnya. Fungsi tombol ini sangat penting untuk melihat perubahan nilai data sel pada saat bekerja, terutama Ketika Anda bekerja dengan jumlah data yang banyak. 

Dengan menggunakan tombol di atas, Anda bisa dengan mudah melakukan auditing: melacak, melihat dan memastikan formula Excel. Jadi, pekerjaan Anda akan menjadi lebih mudah. 

Previous Post
Next Post

0 komentar: