Selasa, 06 April 2021

3 Data Type atau Tipe Data pada Microsoft Excel

Bagi beberapa kalangan, Microsoft Excel merupakan software yang sudah tidak asing lagi. Akan tetapi, tidak semuanya memahami apa yang ada di dalam software tersebut. Misalnya saja data pada Excel, data adalah komponen terbesar dalam Excel, namun lagi-lagi tidak semua orang paham betul apa itu data, jenis data dan seterusnya.

Mengetahui data type atau tipe pada Microsoft Excel sangatlah penting, agar Anda dapat merencanakan, menyusun kemudian mengolah data dengan benar dan tepat. Salah satunya adalah agar dapat menyusun rumus dengan tepat. 

Kerap kali ada yang gagal dalam membuat suatu formula pada Excel dikarenakan tidak memahami jenis data pada Excel dengan benar. Lantas apa saja jenis dari data Excel? Di bawah ini adalah penjelas lengkapnya.

Tipe Data Teks atau Label

Tipe data teks atau label merupakan jenis data yang terdiri atas karakter huruf dari A hingga Z atau karakter symbol seperti (., >, <, !, @, # dan seterusnya). Ciri utama dari data teks adalah tidak bisa dioperasikan oleh operator matematika di dalam Excel. Dengan kata lain tidak dapat dijumlah, dikurangi, dibagi atau bahkan dikali.

Ciri lain dari tipe data text yaitu jika Anda memasukkannya pada sel, maka secara default akan ditampilkan rata kiri atau align left. Secara umum, tipe data text digunakan untuk membuat name range, nama, table, header atau footer serta deskripsi teks lainnya.

Tipe Data Value atau Angka

Apakah yang disebut dengan tipe data value? Data value merupakan data angka atau numerik yang terdiri atas angka 0 hingga 9. Kebalikan dari tipe data label, tipe data value dapat dioperasikan dengan operator matematika, seperti dijumlah, dikali, dibagi dan lain sebagainya.

Selain itu, secara default data value akan ditampilkan rata kanan atau align right ketika Anda memasukkannya ke dalam sel. Data value sendiri dapat dibagikan lagi ke dalam beberapa jenis, diantaranya yaitu:

  • Bilangan Bulat atau Integer Contoh: 250, 1, 10.
  • Bilangan Desimal atau Decimal Contoh:0,01, 0,003, 1,25.
  • Bilangan Pecahan atau Fraction Contoh: 1/2, : 2/5.
  • Tipe Data Notasi Ilmiah atau Scientific Notation Contoh: 1,E+03 atau 1000.
  • Tipe Data Persen atau Percent Contoh: 20%, 50%, 100%.
  • Tipe Data Mata Uang atau Currency Contoh: Rp.20.000,-
  • Nilai Logika TRUE dan FALSE atau Logical
  • Tipe Data Tanggal dan Waktu atau Date and Time Contoh: 01-06-2020, 05-Jan-2021.

Tipe Data Formula

Data type atau tipe pada Microsoft Excel yang terakhir adalah tipe data formula atau rumus. Ciri-ciri dari tipe data formula yaitu adanya karakter = (sama dengan) di awal susunannya. Contohnya seperti =7+8 atau =10*8 dan lain sebagainya.

Yang istimewa dari tipe data ini adalah tipe data formula pada akhirnya dapat menghasilkan 2 jenis data yaitu value ataupun tipe data. Type data formula pada Excel biasa digunakan untuk melakukan perintah tertentu atau melakukan kalkulasi sesuai dengan fungsi serta susunan yang dibuatnya. 

Tipe data formula akan memudahkan Anda dalam mengolah data terutama operasi data numeric. Untuk lebih jelasnya perhatikan beberapa jenis formula di bawah ini:

  • Penjumlahan  =10+10+3
  • Pengurangan =10-7
  • Perkalian  =7*7
  • Pembagian  =10/5

Penjumlahan Beberapa Sel

  • =SUM(A1:A8) yaitu penjumlahan dari sel A1 hingga ke A8.
  • =A3+A8+B10 yaitu penjumlahan data numeric pada sel A3, A8 dan A10. Dan masih banyak sekali dari data formula.

Bagaimana, sudah paham dengan pengertian tipe data Excel dan jenis-jenisnya? 

Previous Post
Next Post

0 komentar: