Rabu, 28 Oktober 2020

Menilik X-Mode Pada Asus ROG Phone 3 Bikin Kamu Los Dol main Game

Sebagai Gamer, Kita pasti menginginkan performa device yang paling maksimal untuk kita gunakan. Apapun spek dari device kita, selama masih bisa dimaksimalkan, maka akan terus dioptimalkan hingga mencapai performa maksimal. Maka dari itulah, tren overclocking terus meningkat. Akibat, dari banyaknya gamer yang ingin menggunakan device dengan kemampuan paling tinggi.


Beruntunglah, buat kamu yang sudah memilih Asus ROG Phone 3. Kamu gaperlu susah payah belajar overclocking, karena dengan Asus ROG Phone 3 ini kamu bisa melakukan boost performance dengan fitur yang sudah disediakan oleh pihak Asus sendiri. Yap, sudah tidak asing lagi nama fiturnya adalah Asus X-Mode.


Apa itu X-Mode ?

Asus ROG Phoen 3 X Mode
X Mode pada Asus ROG Phone 3

X-Mode adalah Mode Performa Terbaik dari Asus ROG Phone 3 dengan parameter performa yang dibuat oleh Asus. Ketika X-Mode diaktifkan, maka secara kinerja CPU / GPU akan meningkat dana kan mengoptimalkan pengalaman kamu dalam bermain game. Sebenarnya Mode ini juga bisa dibuat profil sendiri, Misalnya bisa digunakan untuk menaikkan dari parameter default ataupun menurunkan parameter tertentu untuk mengirit baterai.


Ada 3 Level X-Mode pada Asus ROG Phone 3, antara lain X-Mode Level 1, X-Mode Level 2, X-Mode Level 3. Mengutip dari Website Jagat Review, Mereka telah melakukan pengujian performa pada X Mode Level 1 ternyata menghasilkan Throttling CPU 88%, Kemudian X Mode Level 2 menghasilkan Throttling CPU 94% dan X Mode Level 3 menghasilkan Throttling CPU 95%.


X-Mode sendiri adalah bagian dari fitur yang termasuk dalam Armoury Crate, Armoury Crate adalah sebuah Hub atau Jembatan Gaming dari Asus ROG. Pada aplikasi ini kamu bisa melakukan memonitoring dan kontrol performa ROG Phone 3 kamu. Misalnya untuk mengatur performa, Display Lighting Effect, Button Mapping serta Library Game. 


Library Game di Armoury Crate ini akan menampilkan Game apa saja yang support dengan Fitur-Fitur keren dari ROG Phone 3. Bahkan Saking niatnya, Asus sudah membuat katalog library game mana saja yang support dengan Refresh Rate 144, Refresh Rate 120, Game yang Support dengan Kunai Game Pad 3, Game yang Support Twinview dan Game yang Support Air Triggers.


Foto Katalog Game yang dikategorikan berdasarkan supporting system dari Asus ROG Phone 3.

Foto Katalog Game yang dikategorikan berdasarkan supporting system dari Asus ROG Phone 3.


Custom Profile


Salah satu keunggulan Asus ROG Phone 3 yang lainnya adalah kita bisa memilih profil setting secara custom untuk game-game tertentu. Bayangkan apabila, kita bermain game Mobile Legends dengan menggunakan X Mode Level 2. Kemudian kita ingin berpindah main game Among Us, Apakah masih worth it pakai X Mode Level 2 ? Tentu saja tidak.


Untuk itu lah, Custom Profile dibutuhkan untuk meng-customisasi game-game tertentu ingin menggunakan mode yang bagaimana. Untuk bisa menggunakan fitur ini, kamu harus masuk ke Aplikasi Armoury Crate, Pilih game yang ingin kamu setting, kemudian pilih menu Scenerio Profiles lalu pilih pada Tab Performance.


Pada menu Performance Kamu akan dihadapkan dengan 3 pilihan  Performance Mode yaitu Same as System Setting, Gaming Tuning dan Hardcore tuning.


1. Same as System Setting


Profile jenis ini memungkinkan kamu bermain game dengan settingan sistem terakhir yang kamu atur. Misalnya, kamu mengaktifkan X-Mode Level 2, kemudian bermain game Mobile Legends yang memiliki profile same as system maka, akan game ini akan berjalan pada X-Mode Level 2. Secara default, Profil Game akan terpilih same as systems.



Fitur Same As System
Same As System Setting  


 

2. Gaming Tuning


Pada Gaming Tuning, kamu akan memilih level X-Mode. Kamu bisa memilih Level 1, 2 dan 3. Harap diingat, semakin tinggi levelnya, maka konsumsi daya juga semakin tinggi. Disisi lain, juga meningkatkan throttle CPU yang semakin tinggi. Bahkan untuk Level 3 tidak akan bisa kamu gunakan tanpa adanya Air Cooler. Tenang, Air Cooler 2 bisa dipasang pada Asus ROG Phone 3, akan tetapi tetap saja disarankan menggunakan Air Cooler 3 yang memiliki kemampuan RPM Kipas 40% lebih kencang dari Air Cooler 2.


Memilih Level X-Mode pada Scenario Profile merupakan pilihan yang terbaik, mengingat setiap game membutuhkan performance device yang berbeda-beda. Ada game yang membutuhkan tingkat GPU tinggi misalkan PUBG Mobile, ada yang membutuhkan tingkat GPU rendah seperti game-game 2D.


Same As System Setting ROG Phone 3
Setting Gaming Tuning yang memiliki Level 1-3 



3. Hardcore Tuning

Seperti namanya, hardcore. Profil ini memang mempersilahkan kamu untuk menyetting (tuning) secara ekstrem. Misalnya mengatur Temperature, CPU dan GPU, bahkan mengatur hardware value satu per satu sesuai yang kamu inginkan. Akan tetapi, perlu diingat do with your own risk, Lakukan ini dengan resiko kamu sendiri. Usahakan kamu sudah belajar terlebih dahulu sebelum menggunakan fitur ini.


Hardcore Tuning
Setting CPU, Temperature dan GPU pada Hardcore Tuning 
Fitur Hardcore Tuning
Setting Parameter Hardware secara Custom


Hasil Pengujian


Seberapa pentingkan fitur X Mode, dan apa bedanya ketika Fitur X-Mode di nyalakan ? Mengutip dari hasil pengujian oleh digit.in menunjukkan beberapa perbedaan performa ketika fitur X Mode On VS X Mode Off. Testing ini menggunakan beberapa aplikasi benchmark yang ternama seperti PCMark, 3DMark Slingshot Vulkan, 3Dmark Slingshot Open GL, Geekbench Multi Core, Geekbenc Single Core dan Antutu Benchmark.


Hasil pengujian Asus ROG Phone 3 X Mode On dan OFF pada Beberapa Benchmark ternama
Hasil pengujian Asus ROG Phone 3 X Mode On dan OFF pada Beberapa Benchmark ternama 



Hasil pengujian Asus ROG Phone 3 X Mode On dan OFF pada Antutu Benchmark
Hasil pengujian Asus ROG Phone 3 X Mode On dan OFF pada Antutu Benchmark 



Pada Tes yang dilakukan pada Asus ROG Phone 3 menggunakan PCMark Work 2.0 Asus ROG Phone 3 dalam kondisi X Mode On memperoleh skor 15346 Jauh lebih tinggi dibandingkan ketika posisi X Mode OFF pada skor 10850. Sedangkan ketika menggunakan AnTuTU Benchmark Asus ROG Phone X Mode ON memperoleh skor 610629 hanya berbeda 5081 poin dari X Mode OFF.


Baca Review Artikel Lain mengenai Asus ROG Phone 3 : 5 Hal yang Gak Bisa Kamu Rasakan Ketika Punya Asus ROG Phone 3

Previous Post
Next Post

0 komentar: