Rabu, 28 Oktober 2020

Benarkah Asus menyembunyikan Fitur Refresh Rate 160Hz ?

Akhir-akhir ini muncul berita Heboh di situs XDA Developer yang menyatakan bahwa salah satu user berhasil mengoprek Asus ROG Phone 3. Menurut pengakuan user yang menulis tulisan tersebut, ia tidak sengaja menemukan fitur ini saat ingin mengetahui bagaiamana pola perubahan refresh rate di Asus ROG Phone 3. Refresh rate sangat mempengaruhi seberapa lancar gerakan yang ditampilkan, khususnya pada game First person Shooter (FPS) yang mengandalkan akurasi grafik.


Menu Refresh Rate Asus ROG Phone 3 Menunjukkan Pilihan 160Hz
Menu Refresh Rate Asus ROG Phone 3 Menunjukkan Pilihan 160Hz



Secara Mekanisme, ia menghubungkan Smartphone ROG Phone 3 ke dalam PC melalui ADB. Kemudian mengetikkan perintah / command tertentu untuk merubah refresh rate. Tak sangka, ia setelah di cek melalui menu Settings > Display > Refresh Rate muncul Pilihan 160Hz.


Sampai saat ini, belum ada konfirmasi dari Pihak Asus mengenai fitur tersebut. Hanya saja, dari Pihak Qualcomm mengakui bahwa Chipset yang terpasang pada Asus ROG Phone 3 yaitu Snapdragon 865 Plus memang mendukung Refresh Rate 160Hz. Walaupun begitu, belum tentu fitur ini mempengharuhi performa.


Untuk itu, karena bersifat unofficial, maka penulis menyarankan untuk tidak melakukan tindakan ini. Karena sangat beresiko menganggu stabilitas dari smartphone. Disisi lain, dikarenakan bersifat official maka jika terjadi kerusakan tidak menjadi tanggung jawab dari Pihak perusahaan Asus.

Previous Post
Next Post

0 komentar: